Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Situs untuk Membuat Desain Grafis Online Gratis

Kebutuhan akan konten digital sebagai media penyampaian informasi sangatlah dibutuhkan di era sekarang. Namun, dalam proses pembuatannya terkadang terkendala ketiadaan alat yang dibutuhkan, salah satunya software atau aplikasi.

Bukan tanpa alasan, ketiadaan ini disebabkan oleh harga lisensi yang mahal dan perangkat komputer atau smartphone yang tidak mendukung. Sehingga perlu adanya situs yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis secara online. 

Jangan khawatir, nyatanya situs pembuatan desain secara online ini beneran ada dan bisa digunakan dengan mudah. Bagaikan angin segar, situs-situs ini akan sangat membantu bagi para desain konten yang ingin tetap bisa berkarya meskipun tak memiliki software atau aplikasi desain.

Berikut situs-situs untuk membuat desain online yang bisa kamu kunjungi untuk membuat konten digital yang keren, menarik dan tentunya gratis. Simak baik-baik, ya!

5 Situs untuk Membuat Desain Grafis Online Gratis

1. Canva

Jika kamu mengira bahwa Canva hanya tersedia dalam aplikasi, kamu salah besar. Nyatanya kamu bisa mendesain kebutuhan konten kamu melalui situs Canva yang bisa kamu kunjungi melalui internet.
Fungsi dan tools yang tersedia pun tidak ada bedanya dengan yang ada di aplikasi Canva. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika tak bisa menginstal aplikasi Canva di perangkat kamu. 

Bahkan dapat dikatakan kalau Canva model seperti ini lebih menguntungkan dan fleksibel, sebab kamu bisa menggunakan di manapun dan diperangkat apapun asal kamu bisa terhubung dengan internet. 

So, tunggu apalagi. Jangan beralasan kamu tak memiliki perangkat yang memadai untuk membuat konten yang keren dan menarik, ya!

2. Crello

Situs selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat desain secara online adalah Crello. Situs ini dapat dikatakan memiliki kemiripan dengan situs desain Canva yang mana bisa digunakan sebagai pembuatan infografis, logo, brosur, feed Instagram dan Facebook yang kece, hingga thumbnails Youtube.

Seperti situs Canva, Crello juga menyediakan berbagai macam tools untuk menambahkan dan edit font, menambahkan gambar, mengganti background, menambahkan ikon, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin memperoleh stock template ataupun elemen yang lebih banyak, kamu bisa berlangganan ke premium. Tapi jangan khawatir jika kamu menggunakan Crello secara gratisan sebab foto, template, dan elemen-elemen lainnya juga cukup banyak kamu dapatkan secara gratis.

3. Designbold

Selanjutnya ada situs Designbold yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat desain grafis online. Dengan konsep tampilan yang sederhana namun bermakna, Designbold bertujuan memberikan kemudahan kepada siapa saja yang ingin menuangkan ide kreatifnya ke dalam suatu desain.

Jadi, Designbold ini ramah bagi kamu yang seorang pemula dalam mendesain karya. Karena konsep yang sederhana inilah membuat tools yang tersedia juga yang penting-penting saja seperti fitur ubah background, menambahkan elemen, dan menambahkan teks.
Situs ini menyediakan berbagai macam template seperti konten Instagram dan Facebook, logo, kartu nama, brosur, sertifikat kegiatan, dan lain sebagainya. Ada sekitar 1300+ template yang bisa kamu gunakan disana dan belum banyak digunakan oleh orang-orang, sehingga desain yang kamu buat terlihat tak "pasaran".

4. Snappa

Snappa memungkinkan penggunanya membuat desain grafis dengan mudah dan gratis. Agar kamu bisa membuat proyek desain disini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu sebagai syarat bisa menggunakan Snappa secara gratis.

Untuk tampilan halaman, Snappa harus dibuat dalam tampilan dekstop agar bisa digunakan. Sehingga mendesain  menggunakan laptop atau komputer sangat disarankan agar hasil yang didapat lebih maksimal. 

Di dalam Snappa ini kamu juga akan diberi fitur-fitur sebagai penunjang pembuatan karya kamu, seperti fitur menambahkan graphic (gambar, ikon, viector), menambahkan teks, mengganti background, menambahkan efek, dan menambahkan shapes.

5. Getstencil

Selanjutnya ada Getstencil. Getstencil dirancang dengan tujuan membantu penggunaanya mendesain gambar lebih cepat dari sebelumnya. Selain itu mereka mengklaim bahwa Getstencil ramah penggunaannya untuk pengguna pemula dan bahkan yang belum pernah mendesain sama sekali.
Karena situs ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi para penggunannya, fitur yang disediakan pun begitu lengkap. Kamu bisa menambahkan gambar, ikon, teks, background, dan lain sebagainya.

Untuk fitur teks, Getstencil menyediakan berbagai macam font yang bisa dirubah ukurannya, warna, tebal, tipis, miring, hingga transparasinya. Uniknya kamu juga bisa menambahkan quotes dengan fitur quotes yang tersedia dan Getstencil sendiri sudah menyediakan berbagai macam quotes sehingga kamu tak perlu repot-repot mencari.

So, gimana? Masih ketakutan enggak bisa mendesain gara-gara enggak punya aplikasinya? Tunggu apalagi, kunjungi situs di atas untuk merealisasikan ide-ide kreatif kamu ya! Semangat dan semoga bermanfaat. See you