Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meski Gratis Tapi Bukan Kaleng-Kaleng! Inilah 6 Situs Penyedia Ilustrasi Gratis Terbaik Untuk Desain Konten

Keberadaan ilustrasi sangatlah penting sebagai penunjang terciptanya konten yang menarik. Tanpa ilustrasi, sebuah konten bagaikan semangkuk sayur tanpa garam. Hambar.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan ilustrasi dalam pemenuhan konten, kamu tak perlu repot-repot membuat ilustrasinya sendiri. Sekarang kamu hanya perlu mengunjungi beberapa situs di bawah ini yang pastinya terdapat berbagai jenis ilustrasi yang menarik dan gratis untuk kamu miliki.

Berikut situs penyedia ilustrasi gratis dan keren yang bisa kamu kunjungi untuk mempercantik konten kamu. Simak baik-baik, ya!

5 Situs Penyedia Ilustrasi Gratis Keren

1. Undraw

Situs pertama yang bisa kamu kunjungi adalah situs Undraw. Tampilan dari situs ini sangatlah simpel dan mudah untuk kamu eksplorasi.

Kamu bisa mencari berbagai jenis ilustrasi yang sesuai untuk kebutuhamu. Model ilustrasi seperti sedang selfie, travelling, ataupun ilustrasi sedang bersosial media bisa kamu temukan disini.

Kamu juga bisa memilih warna ilustrasi sesuai keinginan kamu. Untuk kamu yang ingin membuat konten yang minimalis dan simpel, situs ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. 

2. Manypixels

Situs selanjunya ada Manypixels. Situs ini menyediakan berbagai jenis ilustrasi dengan berbagai tipe dan berbagai warna.

Tampilan yang menarik dan elegan membuat situs ini terlihat menarik untuk dikunjungi. Selain menyediakan ilustrasi dengan tampilan beragam warna, disitus ini kamu juga bisa menyesuaiakan warna ilustrasi sesuai warna dasar konten kamu.

Kamu juga bisa memilih untuk mengunduh ilustrasi dengan dua tipe format, yaitu tipe SVG dan PNG. So, menarik untuk dikunjungi bukan.

3. Humaaans

Yang ketiga ada situs Humaaans. Situs ini memiliki ilustrasi yang berbeda dari yang lainnya. Kalau 2 situs sebelumnya kamu hanya bisa merubah tampilan warnanya saja, di situs ini kamu juga bisa merubah ekspresi wajah, rambut, sampai gaya dari ilustrasi yang akan kamu unduh.

Hal lain yang menjadikan situs ini terlihat menarik adalah ilustrasi yang disediakan memiliki banyak tipe. Sebab ilusustrator yang membuat ilustrasi ini tak hanya satu melainkan puluhan ikustrator dengan karakteristik dan gayanya masing-masing.

Sehingga ilustrasi yang disediaka pun beragam. Kamu bisa dengan mudah mencari tipe hasil karya para ilustrator pada menu "artists" yang tersedia dibagian atas. Disitu semua ilustrator memamerkan hasil karya mereka yang tentunya dapat mempermudah kamu untuk memilih tipe ilustrasi yang cocok untuk konten kamu.

Kamu bebas menggunakan ilustrasi ini secara gratis baik untuk keperluan pribadi ataupun komersial, asal kamu menyantumkan atribusi di dalam konten kamu.

4. Whoosh

Keempat ada Whoosh. Untuk kamu yang menyukai ilustrasi flat tapi tetap fullcolor, Whoosh bisa menjadi rujukan sebagai tempat yang dapat kamu kunjungi.

Di dalam situs ini, kamu tak perlu khawatir dengan harga ilustrasi yang ditawarkan. Kamu akan diberi dua pilihan yaitu dengan membelinya atau mengunduh secara gratis.

Apabila kamu ingin menghargai si pembuat karya, kamu bisa membeli satu paket ilustrasi dengan kisaran harga $20 sampai $30. Tentunya kamu tak hanya mendapatkan ilustrasinya saja, kamu juga mendapatkan fasilitas tambahan lainnya, seperti bisa dirubah tampilannya, tersedia berbagai format, dan tak perlu atribusi dalam pemakaiannya.

Apabila kamu ingin mengunduh secara gratis pun tidak masalah, kamu hanya disuruh untuk memasukkan email kamu dan memilih dari negara mana kamu berasal. Setelah itu satu paket ilustrasi yang kamu pilih akan dikirim lewat email dan kamu bisa mengunduhnya.

Untuk yang mengunduh secara gratis nantinya hanya akan diberi file berekstensi ZIP dan dalam pemakaiannya nanti kamu perlu memberikan atribusi di dalam konten yang telah dibuat.

5. DrawKit

Situs yang dibangun oleh James Daly ini bisa menjadi rujukan kamu selanjutnya dalam mencari ilustrasi. Ya, DrawKit ini menyediakan berbagai jenis ilustrasi flat yang fullcolor yang tak kalah bagusnya dengan situs lainnya.

Ilustrasi bertemakan musik, kesehatan, teknologi, dan klasik bisa kamu dapatkan disini dan tentunya gratis. Apabila kamu menyukai dari karya James Daly ini, kamu bisa berlangganan paket ilustrasi yang telah tersedia disana.

Kamu dapat mengunduhnya untuk keperluan pribadi ataupun komersial dan bisa diunduh dalam format SVG atau PNG yang sepenuhnya dapat diedit sesukamu.

6. Lukaszadam

Sebuah layanan ilustrasi gratis milik Lukas ini sangat rekomended buat kamu yang menyukai ilustrasi flat yang penuh warna dan ceria. 

Ilustrasi ini gratis untuk kamu unduh sebab ilustrasi karya dari Lukas ini berada dibawah MIT yang artinya kamu bebas memakainya untuk keperluan pribadi maupun komersil tanpa diperlukan atribusi.

So, gimana? Dari ke 6 yang sudah disebutkan diatas mana yang menarik buat kamu kunjungi? Sebenarnya masih banyak situs yang bisa kamu kunjungi, tapi ke-6 situs diatas sangatlah rekomended untuk kamu kunjungi dalam mencari ilustrasi buat konten kamu.