Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat! Inilah Alasan Pentingnya Mahasiswa Harus Belajar Desain Grafis

Unsplash
Melihat berbagai konten di sosial media dengan visual yang menarik tentunya membuat semakin penasaran dan bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya bukan. Jawabannya adalah harus jago desain grafis.

Kemampuan desain grafis dapat dikatakan sebagai skill yang harus dimiliki di era milenial seperti sekarang, sebab kebutuhan akan konten di sosial media belakangan ini sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari kita.

Nah, mendengar kalimat desain grafis tentunya banyak yang berpikiran bahwa skill desain ini hanya dimiliki oleh mereka yang jago atau ahli dalam bidang seni. Padahal hal itu tidaklah benar dan jika kamu tertarik, hal yang terpenting adalah kamu konsisten untuk belajar dan memiliki kreativitas yang tinggi, kamu akan cepat jago dalam desain grafis ini. 

Maka dari itu, belajar desain grafis ini sangatlah penting di pelajari oleh kaum-kaum milenial yang melek akan teknologi, khususnya mahasiswa. Berikut alasan yang mengharuskan kamu belajar desain grafis dari sekarang!

Belajar Desain Grafis itu Penting Bagi Mahasiswa

Apa itu desain grafis?

Hal pertama yang harus kamu ketahui dahulu adalah apa itu desain grafis. Dikutip dari Wikipedia, desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan rancang visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan pesan yang disampaikan.

Jadi, dapat dikatakan desain grafis adalah kegiatan untuk menyampaikan suatu pesan yang dituangkan dalam sebuah visualisasi yang menarik. Contohnya seperti sebuah logo, merk, desain iklan, pamflet, desain web, dan sebagainya.

Nah, bagi kamu yang masih ragu untuk belajar desain grafis, coba simak penjelasan berikut ini mengenai alasan kamu harus belajar desain grafis. Simak baik-baik ya!

1. Kamu akan beruntung karena skill desain grafis sangatlah dibutuhkan di era digital

Di era digital seperti sekarang ini, pemenuhan akan konten-konten yang menarik sangatlah dibutuhkan. Bukan tanpa alasan, adanya konten yang menarik biasanya ditujukan sebagai upaya untuk menarik minat audience terhadap suatu hal yang ingin disampaikan.

Contohnya seperti jual beli barang, adanya event tertentu, maupun untuk menciptakan personal branding dari si pembuat konten. Tentunya melihat hal tersebut, skill untuk menciptakan konten yang menarik juga sangat dibutuhkan. 
Tapi, kenyataannya dibalik banyaknya konten yang dibutuhkan, tak banyak orang yang mampu membuat konten yang menarik. 

Hal ini tak terlepas dari tak banyak yang menguasai skill desain grafis, sehingga banyak konten yang dibuat seadanya tanpa memperhatikan tampilan yang menarik. Oleh karena itu, jika kamu mau belajar dan bisa menguasai kemampuan desain grafis dengan baik, kamu termasuk orang yang beruntung

2. Sebagai ajang untuk mencurahkan kreativitas

Dengan belajar desain grafis ini, kamu dapat dengan mudah mencurahkan ide-ide kamu yang mungkin sebelumnya terbengkalai. Kamu dapat menciptakan sebuah konten dari hasil kreativitas sesuai dengan keinginan kamu.

Apalagi kalau kamu yang memiliki niatan sebagai konten kreator, kamu akan lebih mudah berkembang dan dikenal oleh banyak orang. So, jangan malas untuk belajar desain grafis kalau kamu ingin menjadi seorang konten kreator sukses, ya!

3. Membuka peluang untuk menghasilkan uang

Tak mengherankan menjadi seorang desain grafis akan memberikan pundi-pundi uang yang tak bisa dianggap remeh. Pasalnya kebutuhan akan konten-konten yang menarik sangatlah dibutuhkan oleh banyak orang, namun tak banyak yang ahli membuat sebuah konten yang menarik.

Sehingga banyak para desain grafis yang berlomba-lomba untuk menjajakkan skill mereka kepada orang lain yang membutuhkan yang tentunya bisa menjadikan sebuah pendapatan.
Nah, bagi kamu yang memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni, kamu bisa membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari menjual skill desain grafis ini. Apalagi kamu yang merupakan mahasiswa, sudah menghasilkan uang semasa kuliah adalah kebanggaan tersendiri buat dirimu!

4. Jago desain grafis akan mengasah otakmu

Sebagai seorang desain grafis tentunya keorisinilan dan keunikan adalah hal utama yang harus dimiliki dalam karya atau konten yang mereka buat. Tentu tak mudah untuk menghadirikan kedua hal tersebut dalam pembuatannya.

Seorang desain harus memikirkan apakah yang mereka buat bisa menarik minat banyak orang atau malah sebaliknya. Untuk itu ide dan gagasan haruslah jalan dalam diri sang kreator.

Maka dari itu, belajar desain grafis sangatlah cocok bagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa. Daripada kamu rebahan yang tak ada manfaatnya, lebih baik kamu belajar desain bukan.

5. Jago desain akan membuatmu dipercaya oleh orang lain

Dalam perkuliahan kamu akan dihadapi dengan berbagai kegiatan atau event-event tertentu di kampusnu nantinya. Tak jarang dalam kegiatan ini nantinya dibutuhkan orang-orang yang jago desain di dalamnya.

Nah, hal ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi kamu. Kamu bisa saja menjadi bagian dari kepanitiaan event tersebut karena keahlianmu itu.  Sehingga membuat kamu dapat dipercayai untuk menjadi bagian tim desain event kepanitiaa di kampusmu

Selain itu, mahasiswa yang jago desain grafis ini juga sering di rekrut oleh para dosen untuk membantu tugas penelitian mereka. Tak tanggung-tanggung, para dosen akan memberikan uang tip kepada kamu yang telah membantu mereka. Menguntungkan bukan!

6. Selangkah lebih maju dari yang lain

Karena tak banyak orang yang menguasai kemampuan ini, membuat siapa saja yang jago desain dikatakan memiliki satu langkah lebih maju dari yang lain.

Bagi kamu yang seorang mahasiswa akan membuat kamu lebih siap dalam dunia kerja nantinya. IPK yang tinggi tak akan berarti jika kamu tak memiliki skill yang mumpuni yang akan membawa kamu ke dalam dunia kerja yang modern ini. So, mulai belajar desain dari sekarang ya!

Jadi gimana sekarang? Apakah setelah membaca artikel ini kamu menjadi tertarik untuk belajar desain grafis? Yuk, mulai dari sekarang belajar desain grafis agar waktu yang kamu miliki tak terbuang sia-sia. Siapa tau kalau kamu jago desain, kamu bisa menghasilkan uang dari sini. So, belajar desain itu penting buat kamu ya!