Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa Milenial

Nilai saja nyatanya tidak cukup untuk menjadikan kamu seorang mahasiswa yang mumpuni. Dalam dunia perkuliahan kamu harus memiliki skill yang dapat menunjukkan bahwa dirimu adalah mahasiswa yang cerdas. Dengan skill yang kamu miliki, kamu akan lebih mudah dalam menjalani proses kegiatan selama perkuliahan dan bahkan berguna sampai dunia kerja nantinya. Berikut kemampuan yang harus dimiliki oleh kamu selama menjadi seorang mahasiswa.

5 Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa Milenial

1. Menguasai Pengelolaan Teknologi

Sc : unsplash
Di zaman yang serba modern ini, tentunya generasi milenial tidak lepas akan pengaruh teknologi dalam kehidupannya. Bagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa tentunya segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi dapat dikatakan sebagai makanan sehari-hari. Adanya teknologi ini dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan kuliah agar lebih efektif dan efisien. Berikut kemampun teknologi yang harus dikuasai oleh kamu sebagai mahasiswa.

A. Kemampuan mengoperasikan komputer

Keberadaan komputer atau laptop dapat dikatakan sebagai teman yang selalu ada bagi mahasiswa ketika mereka membutuhkannya. Ya, dengan bantuan komputer, mahasiswa akan lebih mudah dalam mengerjakan urusan perkuliahannya seperti untuk mengerjakan tugas tertulis, membuat slide presentasi hingga tempat edit video tugas kuliah. Maka dari itu, kemampuan kamu dalam mengeksplorasi fungsi yang ada dalam komputer perlu kamu miliki.

Kemampuan ini sangatlah penting bagi kamu karena dengan kamu mahir mengoperasikan komputer, tak hanya mempermudah dalam urusan perkuliahan namun akan mempermudah urusan di dunia pekerjaan setelah lulus nanti. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia pekerjaan yang serba modern tidak akan lepas dari teknologi. Sehingga kemampuan mengoperasikan komputer atau laptop dapat dikatakan sebagai salah satu syarat penerimaan kerja nantinya. 

B. Paham penggunaan berbagai aplikasi

Selain kamu harus mahir mengoperasikan perangkat komputer, kamu juga harus paham akan penggunaan aplikasi-aplikasi sebagai penunjang dalam membantu perkuliahanmu. Berbagai aplikasi dari miscrosoft seperti microsoft word, power point, dan excel adalah contoh kecil aplikasi yang harus kamu kuasai. Kamu harus paham mengenai penggunaan tools-tools di setiap aplikasinya agar nantinya mempermudah tugas perkuliahan kamu.

Selain itu, paham akan berbagai aplikasi edit video, edit foto, maupun aplikasi pembantu tugas kuliah lainnya adalah kemampuan yang harus kamu miliki pula. Sehingga ketika ada tugas kuliah yang sifatnya individu kamu bisa menyelesaikannya secara mandiri. Jadi, jangan hanya sosial media saja yang kamu kuasai, kamu harus bisa mengekplorasi berbagai aplikasi yang bermanfaat agar kamu tidak dikatakan sebagai mahasiswa yang kudet atau gaptek.

2. Kemampuan Berbahasa Asing

Sc : unsplash
Di zaman milenial seperti sekarang ini, kemampuan dalam berbahasa asing dapat dikatakan kemampuan yang harus dimiliki oleh para mahasiswa. Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing, kamu sebagai  mahasiswa akan lebih mudah dalam mendapatkan berbagai ilmu yang dari berbagai sumber bacaan khususnya yang bersumber dari luar negeri. Terlebih lagi era globalisasi yang menjadikan dunia bagaikan tanpa sekat ini mau tidak mau setiap orang bisa dengan bebasnya berkomunikasi dengan orang yang berasal dari berbagai negara.

Selain itu, memiliki kemampuan berbahasa asing akan membuatmu memiliki peluang mendapatkan beasiswa dan berkesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri. Jika ingin bekerja di perusahaan luar negeri pun kemampuan bahasa asing akan sangat membantu dirimu nantinya. Jadi, memiliki kemampuan bahasa asing akan sangat bermanfaat bagi dirimu ketika masih menjadi mahasiswa dan masa depanmu kelak.

3. Kemampuan public speaking

Sc : unsplash
Kemampuan public speaking penting kamu miliki yang merupakan seorang mahasiswa. Terlebih lagi tuntutan perkembangan zaman yang mengharuskan mahasiswa kritis menyampaikan pendapatnya dihadapan khalayak umum. Kemampuan seperti ini memang tak semua orang bisa melakukannya, sehingga jika kamu memiliki kemampuan public speaking yang baik biasanya akan dipercaya oleh orang di sekitarmu hingga di dunia pekerjaan nantinya akan dipertimbangkan untuk menempati jabatan tertentu yang menguntungakan bagi dirimu.

Bagi kamu yang merasa memang belum menguasai public speaking, kamu bisa mencoba berlatih seperti berlatih di depan cermin atau mengasahnya melalui sesi presentasi di dalam kelas. Dengan itu sedikit demi sedikit kepercayaan diri kamu akan meningkat ketika berbicara di depan umum.

4. Manajamen waktu

Sc : unsplash
Masa perkuliahan sangatlah berbeda dengan masa-masa SMA, dimana kamu harus pintar membagi waktu antara kegiatan perkuliahan, organisasi, dan keseharian kamu di rumah/kosan. Di umur yang tentunya sudah dewasa kamu harus paham apa yang menjadi prioritas masa depan dan apa saja yang hanya membuang-buang waktumu. Cobalah untuk membuat jadwal harian agar waktumu dapat dimanfaatkan dengan baik selama berkuliah.

Seperti yang banyak orang tahu bahwa menjadi mahasiswa akan banyak tugas setiap harinya dan tentunya itu sangat menyita waktumu. Jadi lebih bijak dalam menghargai waktu akan membuatmu memiliki karakter yang disiplin dan tentunya banyak disukai banyak orang dalam dunia kerja nantinya.

5. Kreatif dan Inovatif

Sc : unsplash
Seorang mahasiswa yang merupakan agen perubahan harus dituntut memiliki kreativitas dan inovasi dalam menyikapi perkembangan zaman yang serba modern. Mahasiswa harus mampu menciptakan suatu penemuan baru yang bermanfaat bagi semua orang. Adanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diharapkan menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka. 

Selain itu, terciptanya mahasiswa yang kreatif dan inovatif akan memunculkan generasi cerdas dan berjiwa wirausaha. Jadi, kemampuan ini perlu dimiliki oleh kamu yang merupakan seorang mahasiswa.

Itulah 5 kemampuan atau skill penting yang harus dimiliki dan dikuasai oleh mahasiswa zaman sekarang. Dapat disimpulkan bahwa menjadi mahasiswa tidak hanya soal mendapatkan IPK yang tinggi tetapi skill apa yang saja yang dimiliki selama perkuliahan, sehingga ketika setelah lulus nantinya mahasiswa memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan.