Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Situs Penyedia Icon Gratis dan Berbayar Terbaik

Kebutuhan akan icon di era sekarang untuk keperluan desain sangatlah dibutuhkan. Icon tak hanya sebagai penjelas dari sebuah desain yang telah dibuat, icon juga berfungsi untuk meningkatkan visualisasi dari sebuah desain agar lebih menarik minat para audience.

Sekarang mendapatkan icon untuk keperluan desain seperti desain web, konten instagram, ataupun poster sudah sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi beberapa situs di bawah ini untuk mendownload kumpulan icon keren dan terbaik gratis dan berbayar. Simak baik-baik, ya!

7 Situs Penyedia Icon Gratis dan Berbayar Terbaik

1. Flaticon

Situs yang bisa kamu kunjungi pertama adalah Flaticon. Flaticon ialah salah satu situs penyedia icon gratis dan berbayar yang merupakan anak perusahaan dari Freepik. 

Kamu bisa mencari icon yang kamu butuhkan melalui filter yang tersedia. Sehingga hasil pencarian lebih akurat. Kamu juga bisa mencari icon berdasarkan ilesensi, warna, dan lain sebagainya.

Untuk flaticon sendiri menyediakan berbagai format icon yang dapat kamu unduh, seperti PNG, SVG, EPS, dan PSD. Untuk penggunaannya kamu harus menyantumkan atribusi dari icon yang kamu pakai tersebut jika kamu mengunduh secara gratis.

2. Iconfinder

Situs penyedia icon selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah iconfinder. Di dalam iconfinder kamu akan disuguhi 320 ribu lebih ikon dengan kategori yang simpel hingga yang fullcolor.
Kamu juga dapat mencari icon yang gratis ataupun berbayar. Selain itu kamu juga bisa memfilter licensi yang ada seperti untuk komersial disertai atribusi sampai yang bebas kamu gunakan tanpa adanya atribusi apapun.

Untuk iconfinder sendiri menyediakan dua format yaitu format SVG dan PNG yang dapat kamu pilih, sehingga ada dua opsi yang sekiranya cocok untuk kebutuhan desain kamu.

3. Icojam

Situs ketiga ada Icojam. Dalam Icojam kamu dapat menemukan icon gratis dan berbayar dengan berbagai jenis dan warna. Icojam sendiri menyediakan icon dalam bentuk paket, sehingga kamu tak perlu mencari satu persatu icon yang kamu inginkan.

Untuk kamu yang tertarik dengan icon yang berbayar, kamu perlu merogoh kocek yang lumayan, dengan harga perpaketnya ada yang $17 sampai $75 tergantung jumlah icon yang tersedia dalam satu paket tersebut. Semakin mahal, semakin banyak kamu dapat dan semakin bagus pula kualitasnya.

Jika kamu merasa harga icon berbayar sangatlah mahal, kamu bisa mencoba untuk mencari paket yang gratis. Karena gratis, untuk icon yang tersedia tidak sebanyak dan beragam tipe dari yang berbayar.

4. Iconmnstr

Untuk kamu yang menyukai icon dengan gaya hitam putih, iconmnstr bisa menjadi situs rujukan dalam mendapatkan icon untuk desain kamu. Dalam iconmnstr, kamu akan mendapatkan 4 ribu lebih icon yang gratis kamu unduh.
Baca juga : situs penyedia template presentasi keren aesthetic
Mereka menyediakan icon dalam bentuk satuan bukan paket, sehingga kamu dapat dengan mudah mencari icon yang dibutuhkan. Iconmnstr juga menyediakan beberapa format icon, seperti SVG, PNG, EPS, dan PSD.

5.  Icomoon

Selanjutnya ada situs icomoon. Situs ini menyediakan beragam macam icon dari yang berbayar sampai yang gratisan. Untuk berbayar kamu akan mendapatkan 1000 jenis ikon dalam satu paketnya. Sedangkan untuk kamu yang memilih gratis, kamu akan mendapatkan 100 jenis ikon dalam satu paketnya.

Icon yang tersedia di icomoon dapat kamu unduh dengan berbagai format, seperti EPS, SVG, PNG, AI, PSD maupun PDF bagi kamu yang mengunduh versi premium. Untuk gratisan kamu hanya akan diberi file berkestensi SVG dan PDF. 

Untuk lisensi kamu tak perlu menyantumkan atribusi jika kamu mengambil paket premium, sedangkan untuk gratisan kamu harus mencantumkan atribusi baik itu untuk pribadi ataupun komersial.

6. Pixeden

Situs keenam ada pixeden. Pixeden menyuguhkan icon-icon dalam berbagai kategori yang bisa kamu pilih, seperti kategori sosial, media, e-commerce, konseptual, dan gratis.

Untuk pixeden sendiri menyediakan icon menjadi beragam paket, bukan satuan. Sehingga dalam satu paket kamu akan mendapatkan banyak jenis icon yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan desain kamu.

Lisensi di dalam pixeden baik untuk premium ataupun yang gratisan semua icon bebas digunakan untuk keperluan pribadi ataupun komersial dengan tidak wajib memberikan atribusi, tapi mereka akan mengapresiasi kepada yang telah memberikan atribusi.

7. Icons8

Situs penyedia icon terbaik selanjutnya adalah icons8. Icons8 menyediakan berbagai jenis icon dengan berbagai macam gaya. Kamu dapat menemukan icon bergaya hitam putih dan fullcolor dengan format SVG dan PNG.

Di icons8 ini kamu juga buaa mengganti warna icon sesuai keinginanmu, mulai dari warna merah, biru, hijau, hitam, dan putih .

Jadi, gimana? Dari ketujuh situs penyedia icon diatas apakah membuatmu tertarik untuk mengnjunginya? Sebenarnya situs-situs penyedia icon masih banyak yang tidak disebutkan, tapi ketujuh situs ini bisa dikatakan memiliki kualitas terbaik di antara yang lain. Semangat berkarya dan semoga bermanfaat, see you!