Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Hal yang Menjadikan Kemampuan Bahasa Inggris Penting dalam Perkuliahan

Unsplash
Di era globalisasi seperti sekarang ini, kondisi dunia semakin hari semakin maju dan berkembang . Bahkan, kehidupan dalam masyarakat di seluruh dunia bagaikan hidup tanpa sekat yang membuat munculnya kebebasan dalam bertindak.

Sehingga dari kebebasan ini muncul berbagai kegiatan-kegiatan yang melibatkan antar masyarakat di satu negara dengan negara yang lainnya. Mulai dari kegiatan ekonomi yang erat kaitannya dengab kegiatan perdagangan, pendidikan, wisata, dan lain sebagainya.

Adanya kegiatan secara global tersebut juga tidak lepas dari adanya proses komunikasi di dalamnya. Ya, proses komunikasi ini sangatlah penting agar maksud dan tujuan kegiatan dapat tersampaikan dengan baik.

Sehingga penggunaan bahasa Inggris dalam  hal ini sangatlah penting untuk digunakan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang sudah digunakan secara luas sebagai bahasa sehari-hari masyarakat dunia.

Nah, bagi kamu yang seorang mahasiswa pastinya tidak asing dengan bahasa Inggris bukan. Bahasa yang sudah dipelajari sejak masih di bangku Sekolah Dasar (SD) ini nyatanya sangat berguna bagi kamu di bangku perkuliahan juga lho. Pengin tahu apa saja pentingnya bahasa Inggris dalam perkuliahan? Yuk, cermati bersama penjelasan dibawah ini.

Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris dalam Perkuliahan

1. Memudahkan dalam membaca referensi materi berbahasa Inggris

Unsplash
Apakah diantara kamu ada dosen yang mengajar dengan buku referensi dari luar negeri? Kalau iya, tentunya kamu tahu bukan kalau materi yang disampaikan menggunakan bahasa Inggris. 

Meskipun terkadang ada buku yang versi terjemahannya, dosen bisa saja lebih memilih buku referensi yang asli berbahasa Inggris. Coba bayangkan, kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki masih kurang dan dosen yang mengajar sulit dimengerti dalam menjelaskan, tentunya kamu akan frustasi sendiri bukan. 

Nah, inilah salah satu  pentingnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Sehingga memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik sangat disarankan selama masa perkuliahan.

2. Peluang mendapat beasiswa kuliah di luar negeri

Unsplash
Siapa sih yang enggak mengingkan kuliah di luar negeri? Pastinya banyak mahasiswa yang menginginkannya bukan, apalagi kalau bisa melanjutkannya melalui jalur beasiswa. 

Sungguhlah beruntung bagi yang bisa mendapatkan keduanya, di satu sisi senang bisa kuliah diluar negeri dan di satu sisi pula bisa mendapatkan biaya untuk menjalani perkuliahan. 
Tentunya banyak syarat juga yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri lho, salah satunya kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. 

Nah, apabila kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus, tentunya ini bisa menjadi modal bagus buat kamu yang ingin mendapatkan beasiswa lanjut kuliah di luar negeri. Sehingga peluang kamu bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri akan terbuka lebar.

3. Peluang bekerja di perusahaan luar negeri

Unsplash
Selain bisa memberikan peluang untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, kemampuan berbahasa Inggris ini juga bisa memudahkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan luar negeri. Hal ini karena dalam proses komunikasi, bahasa yang digunakan adalah bahasa asing, terutama bahasa Inggris. 

Sehingga jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, maka peluang kamu bekerja di perusahaan luar negeri akan semakin terbuka. Tentunya bekerja di perusahaan luar negeri menjadi keinginan banyak mahasiswa, terutama yang menyandang fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan.

Gaji yang besar dan penawaran fasilitas yang lengkap membuat bekerja di perusahaan luar negeri sangatlah menjanjikan dan dambaan oleh banyak orang. Jadi, manfaatkanlah bangku kuliah untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu ya!

4. Memperluas relasi pertemanan dengan orang luar negeri

Unsplash
Kemampuan berbahasa Inggris yang baik nyatanya bisa menambah relasi pertemanan kamu lho. Kamu bisa mendapatkan teman dari luar negeri yang tentunya bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi dirimu. 

Kemudahan berkomunikasi dengan bahasa Inggris akan membuat kamu bisa bertukar informasi dengan mereka dan kamu bisa tahu bagaimana kehidupan mereka dan bagaimana kultur budaya disana. 
Apalagi kamu yang merupakan mahasiswa, tentunya hal ini akan menambah wawasan kamu menjadi semakin luas. Kamu juga akan menjadi lebih percaya diri ketika bertemu orang-orang yang berasal dari luar negeri baik itu secara langsung ataupun melalui media sosial.

5. Tidak kudet informasi

Unsplash
Apakah kamu pernah mendapati berita yang sedang viral di internet tapi kamu tidak paham akan kejadian tersebut hanya karena beritanya menggunakan bahasa Inggris? Kalau iya, pastinya kamu merasa bahwa kemampuan berbahasa Inggris itu penting bukan. 

Apalagi kamu yang notabene seorang mahasiswa, yang mana mahasiswa dikatakan sebagai kaum intelektual yang tanggap akan permasalahan yang sedang terjadi. Untuk itu, belajar bahasa Inggris sangatlah penting agar kamu tidak kudet informasi atau berita yang sedang terjadi di luar negeri sana.

6. Mudah paham teknologi

Unsplash
Seperti yang kita tahu bahwa alat-alat yang teknologi yang kita miliki sekarang tak luput dari penggunaan bahasa Inggris untuk menjelaskan kegunaan dari alat tersebut. Nah, bagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa juga pastinya smartphone maupun laptop yang kamu pegang menggunakan bahasa Inggris dalam penggunaanya. 

Oleh karena itu, kenapa bahasa Inggris sangatlah penting kamu miliki adalah agar kamu lebih paham akan teknologi yang kamu gunakan. Dengan kamu mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka kamu akan memahami teknologi dengan baik dan benar. 

7. Menambah wawasan dan pengetahuan

Unsplash
Pentingnya kemampuan bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan selanjutnya adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Kita tahu bahwa hidup di era globalisasi membuat akses informasi dapat dengan mudah kita dapatkan. 

Namun terkadang kita tak mampu menafsirkan informasi yang di dapat dari luar negeri sana karena bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Maka dari itu, dengan kamu menguasai bahasa Inggris, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan informasi yang tentunya bisa menambah wawasan dan pengetahuan pada diri kamu yang notabene sebagai seorang mahasiswa.

Nah, gimana sekarang? Apakah kamu sudah paham betapa pentingnya bahasa Inggris dalam perkuliahan? Kalau sudah, tentunya kamu akan lebih giat lagi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu bukan. Jadi, ayo mulai dari sekarang belajarlah bahasa Inggris dengan giat agar kelak di masa depan kamu bisa lebih mudah menjalani hidup yang serba bebas ini. Bukan tidak mungkin kamu akan bertemu dengan orang luar negeri tiap harinya yang mengharuskan kamu menggunakan bahasa Inggris. Mari persiapkan dari sekarang!