Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Sukses Public Speaking Bagi Pemula

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Apalagi bagi orang yang tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan berpikir cepat, berbicara di depan umum adalah sebuah hal yang sangat dihindari oleh mereka. 

Tapi tak ada yang tidak mungkin, jika kita mau berusaha pastinya bisa dilalui dengan mudah, tak terkecuali kemampuan public speaking ini. Tentunya semua itu juga tak instan dilakukan, harus ada proses dan latihan agar bisa menjadi seseorang yang jago public speaking

Nah, bagi kamu yang seorang pemula dalam hal public speaking, artikel ini akan memberikan beberapa tips kepada kamu agar lebih jago dan sukses dalam berbicara di depan umum atau yang lebih dikenal dengan public speaking.

7 Tips Sukses Public Speaking Bagi Pemula

1. Siapkan materi dengan baik

Unsplash
Tips pertama yang harus kamu lakukan sebagai seorang pemula dalam public speaking ini adalah dengan menyiapkan materi dengan baik. Dengan materi yang telah kamu susun dan siapkan dengan baik tentunya akan membuat kamu lebih menguasai dan mengerti alur dari setiap bagian materi yang hendak disampaikan kepada audience.

Sehingga nantinya audience akan mengerti apa yang kamu sampaikan kepada mereka dan tentunya ketika kamu membuat audience paham apa yang kamu sampaikan, kamu telah mendapat poin penting akan tujuan utama dari public speaking ini.

2. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami

Unsplash
Suatu informasi akan mudah ditangkap dan dimengerti oleh banyak orang adalah ketika penyampaiannya menggunakan bahasa yang simpel dan tidak mengandung multi tafsir. Sehingga dengan bahasa yang mudah dimengerti inilah jalannya penyampaian materi atau informasi kepada audince dapat berjalan dengan lancar. 

Selain itu, janganlah menyampaikan materi dengan bahasa yang terlalu baku. Hal ini akan mengakibatkan apa yang kamu sampaikan kepada orang lain menjadi terlihat kaku. Kamu bisa menggunakan kata serupa yang mana lebih ringan tapi sopan. Sering-seringlah membaca buku atau berita agar diksi atau pilihan kata yang kamu miliki semakin banyak.

3. Latihan pernafasan

Pixabay
Biasanya orang yang demam panggung atau grogi di depan umum, pernafasan berjalan tidak teratur. Cemas, khawatir, dan deg-degan bercampur menjadi satu kesatuan yang akhirnya apa yang ingin disampaikan ke orang banyak menjadi lupa alias blank.

Untuk itu, jika kamu seorang pemula dalam hal public speaking, latihan pernafasan sangatlah penting. Ketika kamu bisa mengatur irama pernafasan dengan baik, kamu akan terlihat tenang dan fokus terhadap tujuan kamu, yaitu menyampaikan apa yang akan disampaikan kepada orang lain. Latihlah sesering mungkin sampai kamu merasa enjoy ketika berbicara di depan mereka.

4. Berlatih di depan cermin

Unsplash
Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan berlatih di depan cermin. Dengan berlatih di depan cermin, kamu bisa menganggap bahwa seolah-olah diri kamu yang ada dalam cermin adalah audience atau si penerima pesan. 

Selain itu, dengan menggunakan cermin kamu bisa melihat bagaimana ekspresi wajah dan bahasa tubuh kamu dalam melakukan public speaking. Sehingga kamu bisa mengerti apakah ada kekurangan dan hal apa yang harus dirubah ketika sedang berbicara di depan umum.

5. Sering berkomunikasi dengan orang lain

Unsplash
Dengan kamu sering ngobrol dengan orang lain maka akan membuka kepercayaan diri kamu ketika berbicara di depan banyak orang. Usahakan komunikasi yang kamu lakukan adalah secara dua arah dan ada kontak mata diantara kamu dan lawan bicaramu. Hal ini bertujuan agar ketika kamu nantinya melakukan public speaking, kamu tidak merasa grogi diperhatikan oleh banyak orang.

6. Ikuti organisasi dan kepanitiaan jika kamu seorang mahasiswa

Unsplash
Organisasi dan kepanitiaan sangatlah penting bagi kamu yang seorang mahasiswa. Disana kamu bisa mengembangkan skill-skill yang kamu miliki, salah satunya public speaking ini. Ya, public speaking sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi dan kepanitiaan. 
Tak jarang kemampuan mengemukakan pendapat oleh setiap anggota dalam organisasi maupun kepanitiaan sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi. Sehingga dengan kamu sering berpendapat di dalam organisasi ataupun kepanitiaan akan membuatmu lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum.

7.  Berdoa

Unsplash
Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berdoa. Dengan kekuatan doa yang kamu minta, Tuhanmu akan memberikan ketenangan kepada dirimu. Mintalah kelancaran agar apa yang kamu sampaikan atau ucapkan di depan banyak orang dapat dipahami oleh audience dan tidak terjadi kendala selama kamu berbicara.

Itulah 7 tips sukses public speaking yang bisa di terapkan bagi kamu seorang pemula. Janganlah menganggap bahwa kemampuan berbicara di depan umum hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu saja. Asal kamu mau berusaha, seorang pemula pun akan bisa menjadi lebih jago dari yang dibayangkan. Jadi, berusahalah karena tanpa usaha, kamu tak akan bisa mendapatkannya.