Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung Menggunakan Canva

Cara membuat feed instagram nyambung dengan canva. Sebuah konten instagram yang menarik tentunya akan membuat siapa saja yang melihatnya akan tertarik pula. Bahkan hal ini akan memberikan dampak yang positif karena dapat meningkatkan jumlah like dan followers.

Salah satu cara membuat konten instagram yang menarik adalah dengan membuat feed yang saling nyambung satu lama lain. Dengan feed yang nyambung inilah akan memunculkan suatu kesinambungan antara postingan yang satu dengan yang lainnya.

Namun, diantara banyaknya pengguna instagram tak banyak dari mereka yang mampu membuat feed instagram nyambung ini. Salah satu kendalanya adalah mereka tidak mengerti bagaimana cara membuatnya. 

Padahal, membuat feed instagram nyambung ini tidaklah sesulit yang dibayangkan, lho! Dengan beberapa langkah singkat ini siapapun bisa membuat feed instagram yang menarik dan bisa mendatangkan followers tambahan. 

Bagi kamu yang belum tahu caranya, berikut tutorial atau langkah-langkah membuat feed instagram nyambung untuk kebutuhan feed instagram kamu yang wajib kamu praktikan. Simak baik-baik, ya!

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung Menggunakan Canva

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi Canva? Aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat poster, kartu ucapan, sertifikat webinar hingga feed instagram yang menarik ini sangatlah diminati oleh para desain grafis baik yang pro sampai pemula sekalipun.

Dari banyaknya kegunaan yang sebutkan diatas, yang mungkin bisa menarik diri kamu untuk mempelajarinya adalah membuat feed instagram yang menarik dengan menggunakan canva. Apalagi feed yang dibuat adalah nyambung satu sama lain. Penasaran, kan? Langsung aja yuk, lets go!!

1. Buka aplikasi atau situs canva

Sebelum kamu mempraktekannya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka aplikasinya atau jika belum ada, kamu bisa mengunduh melalui Playstore atau Appstore. Kalau kamu menggunakan laptop atau PC, kamu bisa membukanya melalui website canva yang sudah tersedia.

2. Pilih tanda tambah

Setelah masuk ke halaman depan, langkah selanjutnya adalah klik tanda tambah pada bagian kanan bawah dengan warna merah ungu sebagai penandanya. 

3. Kustom ukuran layout yang akan dipakai

Langkah selanjutnya adalah kustom layout yang nantinya akan dipakai untuk membuat feed instagram. Perlu diketahui untuk layout 1 slide feed instagram berukuran 1080 × 1080 pixel. Jadi jika kamu ingin membuat feed instagram nyambung usahakan. Berikut gambaran layout feed instagram nyambung yang di publikasikan di instagtam. 

Ada 2 jenis feed instagram yang bisa kamu buat saling tersambung. Pertama saling tersambung dalam satu feed yang nantinya di satu feed terdiri dari beberapa slide dan kedua saling tersambung antara satu feed dengan feed yang lainnya.

Nyambung antar feed
Jika kamu membuat feed nyambung dengan model yang pertama, kamu bisa mengkalikan ukuran pixel di setiap feednya. Jika ukuran 3 × 1 maka ukurannya menjadi 3240 × 1080, yang mana 1080 ini dikali 3 agar ketika nanti dipotong bisa sama. Jika kamu membuat ukuran 3 × 2 maka ukurannya adalah 3240 × 2160 dan seterusnya.

4. Isi layout dengan konten yang menarik

Setelah kustom layout sudah selesai, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengisinya dengan konten yang kamu inginkan. Isilah konten yang menarik dan gunakan fitur yang tersedia mulai dari pemilihan font, elemen, hingga efek harus bisa kamu manfaatkan dengan baik.

5. Simpan hasil desain konten

Arrow icon 
Simpan hasil desain karya kamu dengan mengklik tanda unduhan atau tanda centang di bagian kanan atas. Pilih simpan sebagai gambar dan pilihlah bentuk PNG agar nantinya feed yang kamu unggah terlihat lenih jernih.

6. Potong hasil desain konten

Tidak sampai disimpan kemudian di upload ke instagram, langkah selanjutnya adalah memotong hasil desainmu. Hal ini agar nantinya ketika di upload menjadi feed terlihat nyambung satu sama lain. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi situs pinetools atau split image online.

Caranya cukup mudah, yaitu sebagai berikut.
  • Pilih gambar yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan canva
  • Pilih opsi, jika kamu membuat desain untuk ukuran 3 × 1 maka opsi pemotongannya berupa horizontal. Jika kamu mendesain untuk ukuran 3 × 2 maka pilih opsi both atau keduanya. Untuk contoh berikut menggunakan gambar ukuran 3240 × 2160 (6 kotak feed)
  • Selanjutnya untuk bagian "split by" Jika ukuran 3 × 1 maka ada 3 blok dan jika 3 × 2 ada 6 blok. Untuk ukuran 3 × 2 maka untuk vertikal dipotong menjadi 2 dan horizontal dipotong menjadi 3.
  • Pada bagian output pilih PNG agar hasil potongannya tidak blur atau pecah.
  • Unduh hasil potongan tersebut.

7. Upload konten

Setelah desain konten instagram berhasil dipotong menjadi beberapa bagian, langkah selanjutnya adalah menguploadnya di instagram. Urutkan dengan baik agar hasil feednya terlihat nyambung satu sama lain. Setelah itu liat hasilnya.

Tips membuat konten nyambung dengan canva

1. Hindari daerah perpotongan untuk objek konten

Jika kamu membuat desain konten berupa kumpulan foto ataupun tipografi, maka hindarilah daerah perpotongan antara satu feed dengan feed lainnya. Solusi yang bisa kamu lakukan untuk hal semacam ini adalah dengan membuat feed instagram tipe yang kedua atau tipe yang saling nyambung dalam satu feed bukan antar feed.

2. Gunakan bantuan grid agar desain lebih mudah

Tidak seperti di power point yang memiliki bantuan grid dalam mendesain slide presentasi yang menarik, para pengguna canva ini dituntut untuk mengira-ira sendiri ukuran yang setara jika membuat feed instagram yang nyambung. Cukup susah memang, namun ada satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan bantuan grid.

Yap, grid ini bisa kamu cari di bagian menu elemen dan tuliskan saja grid. Maka nanti akan muncul beragam jenis grid dan pilihkan grid yang sekiranya bisa membantu kamu dalam membagi layout menjadi beberapa bidang yang seimbang.

3. Gunakan foto resolusi tinggi

Jika kamu ingin membuat feed instagram nyambung berupa foto yang dibagi menjadi beberapa bagian, pilihlah foto yang beresolusi tinggi. Tujuannya adalah ketika foto diperbesar maka hasilnya tidak pecah. 

So, gimana? Sekarang kamu sudah tahu caranya membuat feed instagram nyambung yang menarik dan keren bukan! Tunggu apalagi, ayo buat dan publikasikan di instagram, dijamin banyak yang tertarik. Semoga tutorial di atas bermanfaat and see you!!