Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Translate File Word, PDF, dan PPT Secara Otomatis

Kesulitan memahami catatan atau tulisan berbahasa asing dari sebuah dokumen online seperti ebook, power point, ataupun catatan lainnya yang serupa membuat kita ingin mencoba menterjemahkan atau mentranslatenya.

Namun terkadang kita perlu menyalin catatan tersebut kata demi kata atau kalimat ke dalam mesin penerjemah online untuk mengetahui maksud dari terjemahan bahasa yang ada di dalam catatan yang kita dapat itu.

Tentunya hal ini akan memakan waktu kita dan membuat kita malas untuk membacanya karena terlalu lama dalam proses penerjemahan. Bahkan hasilnya pun terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tapi, untuk mengatasi hal seperti ini sebenarnya sudah ada solusinya, lho! Solusinya adalah kita tak perlu menyalin kalimat demi kalimat, kita hanya perlu mengunggah file tersebut dan nantinya akan diproses untuk menterjemahkan semua isi dalam file dengan cepat. 

Penasaran, kan? Berikut cara translate file word, pdf, dan ppt secara otomatis dan cepat. Simak baik-baik, ya!

Cara Translate File Word, PDF, dan PPT Secara Otomatis

Mentranslate file dokumen atau power point nyatanya sangatlah mudah dan dapat dilakukan secara sekejap tanpa harus dilakukan kata demi kata. Berikut cara translate file word, PDF, dan PPT secara otomatis.

1. Menggunakan situs Online Doc Translator

Sesuai namanya, situs ini dapat mentranslate file secara online, sehingga memungkinkan penggunanya menterjemahkan dengan cepat dan mudah. Berikut langkah-langkanya.
  1. Ketikan keyword di mesin pencarian dengan mengetikan onlinedoctranslator.com
  2. Setelah berhasil masuk, klik pada bagian penerjemah atau translator.
  3. Tunggu beberapa saat dan scroll kebawah sampai menemukan kotak untuk mengupload file yang ingin di translate. Klik bagian kotak tersebut dan pilih file.
  4. Setelah dipilih, tunggu beberapa saat dan scroll kebawah untuk menemukan pilihan bahasa yang ingin digunakan.
  5. Kemudian klik terjemahkan
  6. Download file yang sudah selesai di translate tadi.
  7. Selesai

2. Menggunakan Google Drive (Google Dokumen)

Untuk cara kedua, alat yang diperlukan hanyalah Google Drive dan mengharuskan menggunakan laptop atau komputer untuk bisa melakukan tutorial ini. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke mesin pencarian dan ketikkan google drive.
  2. Pilih file yang akan diterjemahkan nantinya, usahakan file sudah diupload ke google drive terlebih dahulu. Untuk tutorial upload file ke google drive bisa klik disini.
  3. Buka file menggunakan google dokumen. 
  4. Klik menu alat pada tools yang tersedia.
  5. Klik submenu terjemahkan
  6. Pilih bahasa yang ingin digunakan.
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  8. Unduh file yang telah selesai diterjemahkan tadi dengan mengklik menu file, kemudian pilih download dan unduh sesuai dengan format yang diinginkan.
  9. Selesai.
So, gimana? Sekaeang mentranslate file lebih mudah dan tidak perlu copas kata demi kata, kan! Tentunya dengan adanya bantuan translate file secara online ini akan memudahkan siapa saja yang merasa kesulitan memahami bahasa asing dari ebook ataupn power point yang didapat dari orang lain. Baik itu dari guru ataupun catatan yang di dapat dari internet. Semoga bermanfaat dan see you!!