Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Kata Sandi Facebook di FB Lite

Mengganti kata sandi atau passoword Facebook dengan sandi yang kuat merupakan salah satu upaya yang perlu dilakukan oleh user Facebook itu sendiri untuk menghindari tindakan hack akun oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Berbicara mengenai perubahan kata sandi, banyak pengguna Facebook yang masih belum mengetahui bagaimana cara menggantinya. Alih-alih menggantinya dengan cara yang baik dan benar, banyak user yang memilih menggunakan cara "lupa sandi." Tentunya cara ini terlalu ribet dan membuang-buang waktu. 


Padahal, ada cara mudah yang diberikan oleh pihak Facebook dan tentunya sangat aman. Untuk kamu yang belum mengetahuinya, berikut ada tutorial lengkap yang bisa kamu simak dengan baik.

Cara Mengganti Kata Sandi Facebook di FB Lite

Tutorial kali ini adalah menggunakan Facebook Lite yang terkenal ringan dan tidak terlalu memakan banyak memori. Tapi jangan khawatir karena tutorial dengan Facebook biasa juga tidak memiliki perbedaan dalam segi menu atau pengaturannya. Berikut cara mengganti kata sandi facebook di FB Lite.


  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Facebook Lite kamu.
  2. Klik pada menu garis tiga pada bagian kanan atas aplikasi.
  3. Klik pengaturan dengan icon bergambar gerigi.
  4. Scroll ke bawah menu dan temukan submenu keamanan. Kemudian pilih submenu keamanan dan login.
  5. Setelah diklik, pilih menu ubah kata sandi dengan icon kunci. Di sana tertulis saran agar kata sandi yang kuat yang tidak digunakan di tempat lain.
  6. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mengisi tiga baris kotak kosong yang berisi kata sandi baru, sandi lama, dan tulis ulang sandi baru. Ikuti ketiga langkah tersebut sampai selesai.
  7. Simpan perubahan dan selesai.


Tips membuat kata sandi yang kuat

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika menentukan kata sandi agar memiliki kata sandi yang kuat.

1. Jangan menggunakan kombinasi nama dan tanggal lahir

Hal ini sangat umum dilakukan oleh banyak orang yang sedang membuat akun atau mengganti kata sandi. Tak hanya akun Facebook, akun seperti akun Google pun banyak pengguna yang menggunakan kombinasi nama dengan tanggal lahir di kata sandi mereka. 

Alasan umum yang membuat kata sandi ini ramai digunakan adalah karena bingung mencari kata yang pas untuk kata sandi. Sehingga opsi gabungan nama dan tanggal lahir adalah opsi terbaik bagi mereka.

 2. Gunakan kata yang membekas pada ingatan kamu

Kata yang membekas di ingatan biasanya adalah kata yang anya kamu yang tahu. Maksudnya, tak ada orang lain yang mengira bahwa kata tertentu memiliki makna yang mendalam di pikiran kamu.

Gunakan kata yang berkaitan dengan keseharian kamu atau dengan nama benda yang memberikan sebuah keajaiban dalam diri kamu. Dijamin orang lain tidak akan tahu kata sandi kamu.

3. Gunakan tambahan tanda atau simbol

Biasanya dalam menentukan kata sandi, kita diberi saran untuk menggunakan lebih dari 8 karakter huruf dan simbol. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan tingkat kekuatan dari kata sandi yang akan dibuat dan tentunya hal ini untuk menghindari tindakan peretasan.

Usahakan kamu menggunakan simbol yang kuat tapi tidak terlalu rumi agar nanti kamu tidak lupa ketika berusaha login di perangkat lain atau login setelah log out. Jangan lupa juga untuk mencatat kata sandi di notes HP kamu, ya!

So, gimana? Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya mengganti kata sandi lama ke sandi baru dan tahu mengenai bagaimana tips membuat kata sandi yang kuat. Semoga tutorial dan tips di atas bermanfaat untuk kamu. See you!!