Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Thumbnail Video Youtube dengan Mudah di HP Android

Cara Mengganti Thumbnail Video Youtube dengan Mudah di HP Android - 
Video Youtube akan terlihat lebih menarik jika adanya thumbnail yang menarik pula. Ya, gambar yang tampil sebagai preview pada video youtube ini disebut sebagai thumbnail. Jadi, fungsi thumbnail ini untuk menyampaikan maksud dari video yang akan audience tonton.

Sebenarnya arti dari thumbnail sendiri adalah gambar dengan resolusi yang lebih kecil daripada gambar aslinya dan digunakan sebagai cover sebelum gambar itu di klik. Hanya saja dalam konteks video Youtube ini sebagai penyampaian isi yang ada dalam video bukan dari sebuah gambar.

Berbicara mengenai thumbnail Youtube, pastinya para Youtuber akan membuat thumbnail sekeren mungkin agar menarik minat penonton untuk menonton videonya. 

Namun, ternyata dari banyak Youtuber masih ada yang tidak tahu bagaimana caranya mengganti thumbnail ,sehingga thumbnail video terlihat tidak menarik karena diambil dari bagian yang ada di video. 

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya dari pihak Youtube telah menyediakan layanan bagi para konten kreator Youtube untuk merubah thumbnail yang ada di dalam video mereka. 

Cara mengganti thumbnail video Youtube pun sangat mudah dan bisa diganti di perangkat HP Android. Untuk kamu yang penasaran, berikut tutorial mengganti thumbnail video Youtube yang dijamin 100% berhasil. Simak baik-baik, ya!

Cara Mengganti Thumbnail Video Youtube dengan Mudah di HP Android

1. Buka Playstore, install aplikasi Youtube Studio, dan login

Tentunya hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menginstall terlebih dahulu aplikasi Youtube Studio jika kamu belum memilikinya. Setelah itu jangan lupa login pada akun yang memiliki channel Youtube, ya!

2. Klik bagian menu video

Langkah kedua kamu dapat mengklik garis tiga pada bagian kiri atas beranda aplikasi. Nantinya akan ada beberapa pilihan menu yang tersedia, kemudian klik menu video.

3. Pilih video yang akan diganti thumbnailnya secara kustom

Selanjutnya kamu pilih video yang ingin kamu ganti dengan thumbnail yang telah kamu buat sebelumnya. Usahakan thumbnail yang kamu buat sebelumnya memiliki gambar dengan kualitas HD. 

4. Klik icon pensil pada bagian atas video

Setelah memilih video yang ingin diganti dengan thumbnail kustom, langkah selanjutnya adalah dengan menglik menu dengan icon pensil pada bagian atas.

5. Klik icon pensil kembali pada bagian thumbnail video

Setelah mengklik icon pensil pada bagian sebelumnya, kamu juga akan diberikan pilihan untuk mengklik bagian icon pensil kembaliPada bagian ini ada 2 icon pensil yang dapat kamu pilih, yaitu untuk merubah thumbnail video dan merubah informasi seperti judul, deskripsi, dan yang lainnya. Klik icon pensil pada bagian menu edit thumbnail.

6. Klik thumbnail kustom

Setelah mengklik menu edit thumbnail, kamu akan diarahkan pada pilihan ubah thumbnail, baik itu secara kustom atau memilih thumbnail dari potongan video Youtube kamu. Klik thumbnail kustom jika kamu ingin mengganti dengan thumbnail buatan kamu.

7. Tunggu beberapa saat hingga selesai

Biarkan beberapa saat sampai thumbnail berhasil kamu ganti. Lihatlah perbedaan thumbnail sebelum dan sesudah, tentunya lebih menarik bukan!

So, gimana? Sekarang sudah tahu kan caranya merubah thumbnail video Youtube kamu. Dengan thumbnail yang menarik tentunya akan membuat para pengguna Youtube akan semakin penasaran mengenai isi dari video kamu. Jangan sekali-kali meremehkan pentingnya thumbnail Youtube, ya! Tetap semangat dan semoga bermanfaat. See you...