Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu Malas Belajar? Cobalah 5 Tips Ampuh Ini

Merasa malas adalah suatu hal umum yang dirasakan oleh manusia. Salah satunya adalah malas dalam belajar. Malas dalam belajar adalah kondisi seseorang yang tidak mau untuk belajar. Biasanya kondisi ini dialami oleh mereka para pelajar dan mahasiswa yang di mana belajar adalah kewajiban untuk dilakukan.

Padahal kegiatan belajar adalah salah satu kunci menuju keberhasilan. Seseorang akan mendapatkan masa depan yang cerah bilamana orang tersebut tidak malas dalam belajar. Oleh karena itu, mengatasi malas belajar adalah suatu hal yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan kesuksesan di masa depan.

Untuk itu artikel ini akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak lagi merasa malas dalam belajar khususnya kamu yang merupakan seorang pelajar dan mahasiswa.

5 Tips Ampuh Mengatasi Malas Belajar

1. Pikirkan tujuan kamu belajar

Tujuan dari belajar sendiri bukanlah untuk mendapat nilai yang bagus dan di puji oleh guru. Tujuan belajar yang sesungguhnya adalah bagaimana kamu paham dan mengerti mengenai apa yang kamu pelajari. Mendapatkan nilai bagus memanglah mudah, namun memahami akan hal yang kita pelajari diperlukan suatu tekad yang kuat dalam belajar.
Kamu harus memiliki tujuan dalam belajar baik itu tujuan sementara maupun tujuan belajar yang membawamu kesuksesan di masa depan. Tanpa memiliki tujuan belajar yang jelas akan membuatmu tidak terarah dan belajarmu hanyalah sia-sia. Jangan sampai kamu membuat dirimu malas akan belajar agar nantinya kamu bisa sukses dan meraih masa depan yang cerah. Jadi, tentukanlah tujuan belajarmu agar kamu selalu semangat dalam setiap belajarmu.

2. Buatlah jadwal

Unsplash
Dengan kamu membuat jadwal belajar, maka hal ini akan membantu kamu lebih disiplin dalam urusan belajar. Adanya jadwal belajar juga akan membuat waktumu yang kamu miliki bisa dimanfaatkan dengan baik. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki jadwal belajar, mereka yang tak memiliki jadwal belajar tentunya waktu belajarnya tidak teratur dan mereka biasa belajar ketika ada ujian saja.
Hasil dari belajar yang teratur atau terjadwal juga lebih baik daripada mereka yang belajar kebut semalaman. Hal ini dikarenakan waktu belajar yang mereka miliki lebih banyak dan tentunya penguasaan materi akan lebih baik. Maka dari itu mulai buat jadwal belajar agar kamu tidak malas dalam belajar. Memiliki jadwal atau perencanaan adalah suatu hal yang penting karena keberhasilan seseorang terletak dari bagaimana mereka memanfaatkan waktu yang dimilikinya agar tidak terbuang sia-sia.

3. Carilah teman belajar

Terkadang seseorang mengalami malas dalam belajarnya karena tidak pahamnya mengenai materi yang dipelajari. Ditambah lagi ketika sulit memahami materi tidak ada orang yang bisa dimintai bantuan. Sungguh menyulitkan bukan. Maka dari itu kamu memerlukan teman belajar agar ketika mengalami kesulitan, teman belajar bisa membantu untuk mengatasi kesulitan dalam belajar. Kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar bersama dan tentunya ketika belajar bersama rasanya akan lebih seru, menyenangkan, dan malas belajar diatasi.

4. Hindari smartphone ketika belajar

Agar diri kamu lebih fokus dalam belajar, hal yang bisa kamu lakukan adalah menjauhkan segala sesuatu yang bisa mengganggu proses belajarmu. Salah satunya adalah smarhphone. Usahakan kamu menjauhkan barang tersebut jauh-jauh sebelum belajar dimulai. 
Jika kamu memang begitu memerlukan smartphone untuk keperluan belajarmu, maka gunakanlah untuk hal yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sampai kamu memanfaatkannya sekalian untuk membuka sosial media ataupun yang lainnya. Karena ketika sudah membuka sosial media ataupun aplikasi lain, kamu akan lebih terfokus pada hal tersebut daripada belajar dan hal ini akan membuat kamu malas dalam belajar.

5. Fokuskan pada satu materi

Terlalu banyak subjek kamu pelajari tak akan membuatmu mendapat banyak materi namun hal ini akan membuatmu kurang fokus terhadap apa yang kamu pelajari. Ketidak fokusan ini yang nantinya memicu kamu malas untuk belajar. Jadi, pelajarilah satu persatu materi hingga selesai baru mencoba subjek materi lainnya.
Usahakan ketika kamu telah mempelajari satu subjek materi, janganlah untuk melanjutkan ke subjek materi lainnya. Berikanlah dirimu waktu untuk mengistirahatkan pikiranmu agar kamu bisa kembali fokus ketika mencoba belajar subjek materi yang lain. Maka dari itu, aturlah jadwal belajarmu agar semua materi yang kamu pelajari bisa diserap dengan baik.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi yang namanya malas belajar. Belajar tentunya adalah sebuah kewajiban yang dilakukan oleh semua orang. Belajar tidak hanya mengenai materi pelajaran tetapi semua hal yang penting dalam kehidupan harus kita pelajari. Dengan kita giat belajar berarti menandakan bahwa kita memahami arti kehidupan itu seperti apa.