Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Memilih Divisi Acara dalam Kepanitiaan Kampus

Unsplash/Bantersnaps
Suksesnya suatu acara di dalam kampus tak terlepas dari kontribusi dari para panitianya. Dari berbagai panitia yang ada, panitia dari divisi acara merupakan inti dari suksesnya acara tersebut.

Berbicara mengenai divisi acara, divisi ini adalah divisi yang bertugas menentukan suatu konsep dari acara yang akan dilaksanakan. Mereka yang menentukan kalau rangkaian acaranya mau seperti apa, kapan acaranya, dan mereka juga yang menentukan standar operasional prosedur (SOP) pada acara puncaknya.

Jadi ketika nanti acaranya berjalan lancar dan sukses, sering kali divisi acara yang mendapat apresiasi dari audience ataupun dari pihak panitia itu sendiri. Memilih menjadi bagian dari divisi acara memiliki keuntungan tersendiri lho! Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih menjadi bagian dari divisi acara.

Keuntungan Memilih Divisi Acara dalam Kepanitiaan Kampus

1. Pintar dalam membuat perencanaan

Unsplash/Alvaro Reyes
Salah satu tugas dari divisi ini adalah menyusun rangkaian acara mulai dari awal sampai berakhirnya acara. Jika kamu masuk ke divisi ini nantinya kamu akan mendapatkan peran dalam menyusun atau merencanakan bagaimana konsep dari acara kamu nantinya.
Dengan adanya kemampuan dalam perencanaan inilah yang nantinya membuat diri kamu bisa menerapkannya dalam kehidupanmu. Kamu akan lebih mudah dalam merencanakan kegiatan atau rencana-rencana kedepan yang akan kamu jalani.

2. Membuatmu lebih mudah dalam mengambil keputusan

Karena divisi ini adalah divisi yang merancang suatu konsep acara, maka para panitia yang tergabung dalam divisi acara akan dituntut untuk menentukan dan membuat konsep yang menarik agar acaranya lebih meriah dan diminati oleh banyak orang.
Dari keputusan yang kamu ambil nantinya juga akan berpengaruh pada kehidupanmu. Kamu akan menjadi pribadi yang berani mengambil keputusan yang ada dalam hidupmu tersebut. Hal ini penting kamu miliki karena jalan hidupmu akan sukses ketika kamu mampu mengambil mana keputusan terbaik yang harus kamu pilih nantinya.

3. Menjadi Pribadi yang bisa menghargai waktu

Ketika kamu menjadi seorang panitia yang tergabung dalam divisi acara tentunya kamu juga akan dituntut untuk bagaimana mengelola waktu dengan baik untuk menyusun rangkaian kegiatan nantinya. Kamu nantinya akan berpikir kapan waktunya untuk melaksanakan kegiatan A, kapan harus melaksanakan kegiatan B, dan seterusnya.
Menjadi pribadi yang mampu menghargai waktu tentunya adalah pribadi yang tau bahwa waktu yang dimilikinya adalah suatu hal yang begitu berharga dan orang yang seperti ini adalah orang-orang yang sukses dimasa mendatang. Apalagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa, dimana menjadi mahasiswa adalah fase dimana seseorang berusaha mencari jati dirinya dan akan menjadi orang yang seperti apa di masa depan. Jadi, dengan kamu mampu mengelola waktumu dengan baik maka kamu sudah selangkah menjadi orang yang sukses.

4. Menjadi orang yang memiliki jiwa pemimpin

Keberhasilan suatu acara biasanya yang akan mendapatkan apresiasi adalah divisi acara. Hal ini dikarenakan acara akan meriah bilamana rangkaian acaranya menarik dan mengundang banyak orang. Tentunya yang merancang acara ini adalah dari anak acaranya sendiri. Sehingga ketika mendapat sebuah apresiasi yang tinggi tentunya sudah hal yang umum untuk divisi acara dapatkan.
Baca juga : keuntungan memilih divisi DDD dalam kepanitiaan
Selain itu, divisi ini juga dibilang sebagai wakil ketua dari sebuah kepanitiaan karena perannya yang vital tersebut dan ketika acaranya berjalan biasanya yang mengatur kendali jobdesk adalah dari divisi acaranya sendiri. Sehingga divisi acaranya dikatakan sebagai wakil dari ketua panitia memang pantas diberikan kepada divisi acara.

Tentunya hal ini akan berdampak baik pada dirimu ketika kepanitiaan nantinya selesai. Jiwa kepemimpinan akan ada dalam dirimu dan kamu akan menjadi pribadi yang bisa dipercaya untuk memegang sebuah kendali kegiatan, baik itu sebagai ketua pelaksana atau menjadi bagian dari divisi acara.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi bagian dari divisi acara. Tentunya setiap divisi yang ada dalam kepanitiaan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung bagaimana kamu menyikapi kedua hal tersebut dan tentunya diiringi dengan pertimbangan yang ada dalam dirimu, apakah kamu siap menjadi bagian dari divisi yang ingin kamu pilih atau tidak.