Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja yang Bermanfaat bagi Dirimu

Unsplash/Christin Hume
Kuliah dan bekerja adalah dua hal yang berbeda namun saling berkaitan karena pada dasarnya ketika kita kuliah, tujuan akhirnya adalah mendapatkan sebuah pekerjaan. Namun apa jadinya kalau kuliah sambil bekerja?

Berbicara mengenai mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja adalah suatu hal yang sudah biasa di kalangan mahasiswa. Banyak motif yang menjadikan mereka memilih kuliah sembari bekerja seperti untuk memenuhi ebutuhan sehari-hari, menambah uang jajan, dan ada pula yang ingin menjadi lebih mandiri agar tidak bergantung pada orang tua.
Namun ada juga yang menganggap kuliah sembari kerja akan membuat kuliah tidak berjalan dengan maksmial, tidak bisa membagi waktu antara kuliah dengan bekerja, dan takut ketika sudah bekerja malah kuliah 

Kuliah Sambil Bekerja? Kenapa Tidak

Untuk lebih memantapkan kamu yang ingin mengambil kuliah sembari bekerja, disini admin akan menceritakan beberapa manfaat atau keuntungan yang nantinya akan kamu dapatkan ketika kuliah sambil bekerja.

1. Menguatkan mental

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah sambil bekerja tandanya kamu siap untuk diuji mentalnya. Kamu nantinya akan merasakan bagaimana rasanya mendapatkan uang dari kerja kerasamu.Kamu akan merasakan bagaimana kondisi dirimu yang berbeda dengan teman-temanmu yang setelah kuliah main dan tidak ada pekerjaan yang harus dilakukan. Sedangkan kamu harus bisa membagi waktumu dengan baik antara kuliah dengan bekerja.
Namun, ketika kamu sudah terbiasa dengan hal itu maka kamu akan merasa bahwa dirimu kuat menghadapi kenyataan yang ada dan kamu lebih siap nantinya dalam mencari pekerjaan setelah lulus daripada mereka yang tidak merasakan kerja sebelum lulus kuliah.

2. Merasakan perjuangan hidup

Unsplash/Paulette Wooten
Ya, dengan kamu memilih untuk kuliah sambil bekerja nantinya kamu akan merasakan bagaimana perjuangan hidup yang sebenarnya. Kamu akan merasakan bagaimana perjuangan hidup orang tua kamu dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.Hal ini nantinya akan menjadikan dirimu lebih menghargai sekecil apapun yang kamu miliki karena pada dasarnya apa yang kamu miliki ada materi yang kamu korbankan untuk mendapatkannya. 
Selain itu dengan memahami arti perjuangan hidup, kamu akan lebih memilih untuk menjadi sosok yang mandiri yang tidak ingin menyusahkan orang tua karena apa yang kamu lakukan sekarang tentunya belum seberat orang tuamu perjuangkan. Jadi, belajar mandiri adalah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk meringankan beban orang tuamu.

3. Belajar mengenai manajemen waktu

Tentunya ketika kamu memilih kuliah sambil bekerja, kamu harus pintar-pintar melakukan manajemen waktu dengan baik agar apa yang kamu lakukan nantinya dapat berjalan dengan lancar.Kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Untuk itu usahakan kamu memilih pekerjaan yang sifatnya paruh waktu sehingga kamu tidak terlalu terburu-buru nantinya dalam perkuliahanmu.

4. Menambah relasi

Unsplash/Brooke Cagle
Ya, dengan kuliah sambil bekerja nantinya akan menambah relasi pertemanan kamu. Kamu akan memiliki teman kuliah dan teman kerja dan semakin luas relasimu maka semakin bagus pula. Kamu akan mendapat banyak pengalaman, cerita, dan koneksi dari bertambahnya relasi tersebut.
Selain itu, dengan memiliki banyak relasi membuat dirimu lebih dikenal oleh banyak orang dan ini sangat membantumu nantinya di dunia kerja setelah kamu lulus kuliah.

5. Memiliki pengalaman kerja

Ketika teman kamu hanya memiliki pengalaman di dunia perkuliahan, kamu sudah memiliki skill di dunia kerja. Kamu tentunya sudah memiliki bekal awal yang nantinya ketika lulus bersama dalam mencari kerja, setidaknya menjadikan dirimu sedikit lebih diperhitungkan daripada teman-temanmu yang belum memiliki pengalaman kerja. Selain itu dengan pengalaman kerja yang sudah dimiliki sebelum lulus kuliah akan menjadikan dirimu lebih percaya diri dalam melamar kerja.

6. Membanggakan orang tua

Ketika kamu memilih kuliah sambil bekerja setidaknya hal ini akan menjadikan orang tuamu bangga. Mereka akan bangga karena dirimu sudah menjadi lebih mandiri, dewasa, dan mengerti apa itu perjuangan hidup. Selain itu, dengan kamu kuliah sambil bekerja membuat beban hidup yang harus orang tuamu tanggung sedikit berkurang. Jadi, dengan kamu memilih untuk kuliah sambil bekerja adalah salah satu cara untuk membahagiakan kedua orang tuamu.

Jadi, kuliah sambil bekerja bukan menjadikan kamu tidak terfokus dengan kuliahmu, tetapi menjadikan dirimu lebih siap dan sadar mengenai bagaimana perjuangan hidup yang sebenarnya. Kamu juga akan menjadi lebih baik dalam mengatur waktu yang kamu miliki dan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam dunia kerja. Janganlah kamu putus asa dalam meraih cita-cita dan tetaplah semangat agar menjadi pribadi yang sukses di masa depan!