Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Memilih Divisi Bendahara dalam Kepanitiaan Kampus

Unsplash/Iryna Tysiak
Hal pertama ketika mendengar kata bendahara pastinya kita semua akan berpikiran tentang uang. Ya, memang tidak salah jika bendahara selalu dikaitkan dengan uang karena tugas bendahara adalah mengelola keuangan, salah satunya bendahara dalam suatu kepanitiaan.

Dengan adanya bendahara, pengelolaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan kepanitiaan akan terkontrol dengan baik. Maka dari itu, menjadi seorang bendahara tanggung jawabnya sangat besar karena mereka lah yang memegang kendali uang dan dalam pemilihan bendahara juga tidak boleh sembarangan orang. Orang yang dipilih adalah orang yang memiliki komitmen serta kepribadian yang baik agar kas panitia dapat terjaga dengan baik.

Menjadi seorang bendahara terkadang banyak dihindari oleh kebanyakan orang karena kerjanya memiliki risiko tinggi tersebut. Namun, menjadi seorang bendahara sebenarnya memberikan suatu pelajaran ataupun manfaat bagi yang menjalankannya lho!

Keuntungan Memilih Divisi Bendahara dalam Kepanitiaan Kampus

Berikut keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi seorang bendahara dalam suatu kepanitiaan.

1. Membuatmu lebih teliti

Unsplash/Scott Graham
Karena tugas seorang bendahara adalah mengelola dan mengatur keuangan yang tentunya adalah uang bersama, maka kamu akan dituntut agar lebih teliti agar nantinya tidak ada kesalahan dalam pencatatan uang baik uang yang masuk ataupun keluar. 
Apabila nantinya kamu sudah terbiasa menjadi seorang yang cermat atau teliti, maka dalam pengelolaan keuangan pribadi juga akan terkendali dengan baik.

2. Menjadikan kamu pribadi yang jujur

Unsplash/Markus Spiske
Menjadi seorang bendahara memang tugas yang berat. Memegang uang yang bukan hak pribadi adalah suatu hal yang sulit. Terkadang ada saja pikiran negatif untuk menggunakan uang tersebut secara pribadi. Namun, dari sinilah menjadi seorang bendahara akan menjadikan kamu pribadi yang lebih baik, yaitu pribadi yang jujur dan amanah.
Ketika kamu bisa melakukannya, maka nantinya kamu juga akan terbiasa untuk melakukan kejujuran dalam hidupmu. Kamu akan mengembalikkan barang yang kamu temukan kepada pemiliknya, kamu akan berkata jujur mengenai kesalahan yang kamu buat. Itu adalah sedikit contoh yang bisa kamu perbuat dari kejujuran yang kamu miliki. Menjadi seorang yang jujur adalah kunci utama kesuksesan seseorang lho!

3. Menjadikan kamu lebih mudah mengatur keuangan pribadi

Unsplash/Glenn Carstens-Peters
Menjadi seorang bendahara tentunya kamu akan dituntut untuk bisa mengatur keuangan dengan baik. Ketika kamu berhasil mengelola keuangan yang merupakan uang milik bersama, maka nantinya kamu juga akan lebih mudah mengatur keuangan pribadi. 

Kamu akan bisa mengatur apa saja keperluan yang menjadi prioritas dalam hidupmu. Sehingga nantinya kamu tidak mudah untuk menghambur-hamburkan uang pribadi kamu.

4. Kamu akan mudah menguasai microsoft excel

Unsplash/Glenn Carstens-Peters
Biasanya selain mencatat anggaran di dalam buku, seorang bendahara juga mencatatnya di komputer. Media yang dipakai adalah microsoft excel. Dengan adanya microsft excel, akan lebih mudah dalam menyimpan data keuangan kepanitiaan. Selain itu penggunaan soft file dalam menyimpan data akan lebih praktis dan mudah untuk dibagikan.
Maka dari itu, kemampuan kamu untuk menguasai microsoft excel akan lebih mahir. Di zaman sekarang, menguasai untuk mengoperasikan aplikasi microsoft adalah kemampuan dasar yang harus kamu miliki. Jadi, jika kamu mahir dalam mengoperasikan microsoft excel berarti kamu sudah lebih maju daripada yang lain.

Itulah beberapa keuntungan atau manfaat ketika kamu memilih divisi bendahara dalam kepanitiaan. Setiap divisi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak semua yang orang lain anggap sulit itu benar adanya. Kamu bisa merubah kesulitan itu menjadi suatu kemudahan bagi diri kamu.

Posting Komentar untuk "Keuntungan Memilih Divisi Bendahara dalam Kepanitiaan Kampus"

Berlangganan via Email