Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Memilih Divisi Sekretaris dalam Kepanitiaan Kampus

Sumber : unsplash
Di dalam suatu kepanitiaan di kampus terdapat berbagai divisi yang memiliki tugasnya masing-masing. Salah satu divisi yang terdapat di dalam kepanitiaan tersebut adalah divisi sekretaris.

Berbicara mengenai sekretaris, mungkin kamu akan berpikir kalau tugasnya adalah mencatat yaitu mencatat hasil rapat, membuat surat, ataupun membuat laporan pertanggungjawaban selama kepanitiaan berlangsung.

Ketika dilihat dari tugasnya mungkin terlihat sedikit membosankan dan banyak juga yang menghindari divisi sekretaris ini. Namun, ketika melihat dari sisi yang lain, menjadi sekretaris juga memberikan manfaat bagi diri kamu lho!

Keuntungan Memilih Divisi Sekretaris dalam Kepanitiaan Kampus

Berikut keuntungan atau manfaat jika kamu memilih divisi sekretaris.

1. Menjadikan kamu orang yang teliti

Sumber : unsplash
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tugas dari sekretaris sangat erat dengan hal mencatat. Tentunya ketika kamu menjadi sekretaris akan dituntut untuk menjadi orang yang teliti agar nantinya hasil catatan seperti catatan rapat, catatan absen panitia, dan sebagainya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 
Jika kamu nantinya menikmati menjadi sekretaris, maka kamu juga akan berusaha menjadi lebih teliti lagi baik di dalam kepanitiaan lainnya ataupun ketika mengerjakan tugas dan ulangan. Selain itu dalam hal penampilan kamu nantinya juga akan lebih memperhatikan detail dari penampilan kamu.

2. Menjadikan kamu orang yang fokus

Sumber : unsplash
Ketika mencatat hasil rapat tentunya kamu juga harus dituntut untuk fokus mendengarkan pelaksanaan rapat. Sehingga nantinya catatan hasil rapat sesuai dengan apa yang telah dilaksanakan bersama. 
Menjadi orang yang fokus juga akan membantumu nantinya dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Kamu akan dengan mudah memahami materi dari guru/pengajar kamu ketika mereka menjelaskan materi yang sedang diajarkannya.

3. Membuatmu terampil dalam merangkai kata

Sumber : unsplash
Tugas dari seorang sekretaris salah satunya adalah membuat surat. Ya, dari pembuatan surat inilah nantinya kamu akan mengerti mengenai penggunaan bahasa yang baik dan benar. Selain itu, kamu juga akan lebih paham dalam merangkai kata-kata yang cocok dalam pembuatan surat.
Dari hal tersebut nantinya kamu juga akan lebih terbiasa ketika melamar kerja, melamar beasiswa, dan mengirim pesan kepada orang lain.

4. Membuatmu terampil menguasai microsoft word

Sumber : unsplash
Seorang sekretaris tentunya tidak bisa jauh-jauh dari microsoft word. Hal ini dikarenakan microsoft word adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencatat segala hal yang harus dicatat oleh sekretaris. Karena tidak bisa jauh dari microsoft word inilah yang nantinya dapat membuat kamu lebih menguasainya. Baik itu dalam hal mengetik surat, membuat daftar absen, dan sebagainya.

Itulah beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi seorang sekretaris dalam suatu kepanitiaan. Semua divisi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, dari kekurangan itulah kamu bisa merubahnya menjadi suatu kelebihan yang bermanfaat.