Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bersikap Tidak Peduli Pada Perkataan Buruk Orang Lain

Sumber : unsplash
Dalam kehidupan nyatanya tidak selalu berjalan dengan baik meskipun kita sudah berperilaku baik. Masih banyak yang memberikan nyinyiran mengenai keberhasilan setiap orang akan suatu hal yang telah dicapai. Di satu sisi ada yang tidak peduli dengan perkataan orang lain dan ada pula yang terpikirkan terus-menerus sehingga berpengaruh pada perjalanan hidup nantinya.

Dewasa ini, menjadi orang yang bersikap tidak peduli terhadap apa yang orang lain katakan mengenai usaha kamu, tentunya harus kamu miliki jika apa yang orang lain katakan bukan sebuah pemicu semangat tetapi upaya untuk menjatuhkan dirimu.
Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk bersikap tidak peduli mengenai apa yang orang lain pikirkan dan katakan kepada dirimu.

Cara Bersikap Tidak Peduli Pada Perkataan Buruk Orang Lain 

1. Miliki Pendirian yang Kuat

Sumber : unsplash
Ketika kamu memiliki pendirian yang kuat tentunya kamu tak akan mudah terpengaruh jika ada orang yang berpikiran buruk tentang dirimu. Anggaplah omongan orang lain itu hanyalah sebagai 'angin lewat' sehingga kamu akan berpikiran bahwa yang mereka katakan pada dirimu itu tidak ada artinya dalam pencapaian di kehidupanmu. 
Memiliki pendirian yang kuat adalah bagaimana kamu mengenali apa yang ada dalam dirimu dan bagaimana kamu mencintai dirimu sendiri. Nantinya kamu tahu bahwa yang dapat merubah diri kamu adalah kamu sendiri. Sehingga kamu tak akan goyah mengenai perkataan orang yang lain tentang diri kamu.

2. Pikirkan bahwa orang lain tidak sepenuhnya peduli kepada kamu

Sumber : unsplash
Sebenarnya tidak semua orang memperhatikan apa yang kamu lakukan. Janganlah selalu berpikiran bahwa semua orang tidak suka dengan dirimu. Banyak juga orang memberikan dukungan kepada dirimu. Mereka yang memperhatikan keburukan dirimu adalah orang yang hanya iri dengan keberhasilan dirimu. Jika kamu terlalu sering memikirkan seperti itu, maka kamu terganggu dalam mencapai apa yang kamu inginkan

3. Pikirkan apakah pendapat orang lain itu memberikan efek kepada dirimu

Sumber : unsplash
Coba kamu pikirkan apakah yang orang lain katakan kepada dirimu akan memberikan semangat ataukah hanya akan menjatuhkan dirimu. Kamu bisa mengklasifikasikan ke beberapa kategori mengenai pendapat orang lain kepada kamu. Sehingga nantinya kamu akan paham mengenai apa yang orang lain katakan padamu. Jika itu menjurus ke arah negatif, maka hal yang kamu lakukan adalah dengan tidak mempedulikannya.  

4. Peduli lah kepada orang yang benar-benar selalu ada untuk dirimu

Sumber : unsplash
Daripada kamu berurusan dengan orang yang tidak menyukai dirimu lebih baik sempatkan diri kamu untuk lebih peduli kepada mereka yang sudah memberikan semangat, dukungan, dan selalu ada untukmu di setiap kondisi yang kamu alami.  

5. Lakukan hal lain yang lebih bermanfaat

Sumber : unsplash
Memikirkan orang lain yang berpikiran buruk kepadamu hanyalah membuang-buang waktumu. Lebih baik kamu kerjakan hal-hal yang lebih bermanfaat untuk dirimu dan orang-orang yang lebih menyayangimu. Kamu bisa dengan mengadakan suatu acara yang menyenangkan, pergi berlibur bersama, dan sebagainya yang dapat menumbuhkan semangat dalam hidupmu. Sehingga nantinya apa yang orang lain katakan buruk padamu akan terlupa begitu saja karena kamu terlalu larut dengan kebahagiaan yang kamu buat dengan orang yang lebih peduli kepada dirimu.

6. Pahami bahwa yang mereka lakukan bersifat sementara

Sumber : unsplash
Apakah kamu dulu pernah menyadari dari perkataan orang tuamu ketika kamu diejek sama temen kamu dan orang tuamu berkata "sudah biarkan saja, nanti mereka juga capek ngeledek kamu terus." Mungkin itu mirip dengan ketika kamu dewasa. Pastinya mereka yang memandang buruk kamu akan merasa bahwa apa yang selama ini dilakukan adalah hal yang sia-sia. Maka dari itu, lebih baik kamu tidak perlu mempedulikan mereka dan nikmati saja ocehan yang diberikan kepadamu dengan sembari untuk berusaha mencapai tujuan yang hendak kamu capai.

7. Pahami bahwa yang mereka lakukan itu adalah iri dengan pencapain kita.

Sumber : unsplash
Seperti yang sudah dibahas sebelum-sebelumnya, jika ada orang tidak suka dengan dirimu berarti mereka iri dengan pencapaianmu selama ini. Maka dari itu, nikmati saja apa yang orang lain katakan padamu dan bersikaplah untuk tidak peduli kepada mereka. Kalau bisa, kamu bisa lebih giat berusaha agar orang lain tambah iri kepada dirimu.

8. Ingatlah tidak ada manusia yang sempurna

Sumber : unsplash
Penting untuk kamu sadari bahwa kamu hanyalah seorang manusia. Tak ada manusia yang sempurna baik itu fisiknya ataupun kisah hidupnya. Maka dari itu tidak usah dipedulikan mengenai apa yang orang lain katakan buruk kepadamu karena semua orang pastinya mengalaminya disaat hidup tidak dalam kondisi yang menyenangkan.

Iulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bersikap tidak peduli dengan orang yang berusaha untuk menjatuhkan dirimu. Semua orang pastinya mengalami hal yang seperti itu, jadi nikmatilah hidupmu dan fokuslah pada tujuan hidupmu.