Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps, Ternyata Gampang Banget!

cara-menambahkan-lokasi-bisnis-di-google-maps
Unsplash

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan untuk menemukan suatu tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi? Atau bahkan tempat tersebut tidak memiliki lokasi yang dapat dicari melalui google maps? Jika iya, tandanya lokasi tersebut perlu ditambahkan di sistem aplikasi google maps
.

Menambahkan lokasi di google maps merupakan salah satu cara agar tempat yang kita tempati dapat dengan mudah dicari dan dikunjungi oleh orang lain. Bagi seorang pebisnis, menambahkan lokasi di google maps ini wajib dilakukan agar bisnis atau usahanya dapat dikenali banyak orang dan menghasilkan keuntungan.

Memberi nama tempat di google maps nyatanya sangat mudah dan siapapun bisa menambahkannya, termasuk Anda. Mengenai hal itu, artikel ini akan memberi tahu Anda terkait bagaimana cara menambahkan lokasi di Google Maps agar bisa diketahui oleh banyak orang.

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Bisnis dan Tempat Baru di Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi milik Google yang dapat membantu penggunanya untuk memberi peta atau jalur menuju tempat yang ingin dikunjungi. Dengan adanya Google Maps, siapapun dapat sampai ke tempat yang diinginkan meski sebelumnya belum pernah dikunjungi. Tapi, jika Anda ingin lokasi bisnis atau tempat baru Anda diketahui banyak orang, Google Maps juga dapat membantunya. 

Berikut adalah cara menambahkan lokasi di Google Maps agar dapat lokasi yang Anda miliki mudah ditemui san dikunjungi oleh banyak orang!
  1. Yang pertama, Anda dapat membuka terlebih dahulu aplikasi Google Maps di smartphone Anda. Pastikan smartphone anda terhubung dengan internet melalui data seluler atau wifi. 
  2. Selanjutnya, pastikan Anda memiliki akun Google. Ini karena untuk bisa menambahkan lokasi di Google Maps memerlukan akun Google untuk bisa berkontribusi. Jika Anda belum memiliki akun Google, sempatkan untuk membuatnya terlebih dahulu.
  3. Kemudian, pada langkah ketiga Anda bisa menuju menu kontribusi yang tersedia di dalam aplikasi Google Maps. Dalam menu kontribusi ini Anda dapat mengedit peta, menambahkan tempat, memberikan ulasan tempat, dan menambahkan foto yang sesuai dengan tempat yang dikunjungi. Pilih menu tambahkan tempat untuk memulai menambahkan lokasi bisnis atau tempat baru yang Anda miliki.
  4. Langkah berikutnya, Anda dapat memasukkan nama tempat, kategori tempat Anda, alamat, dan titik koordinasi lokasi Anda di peta Google. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan detail lain dari lokasi yang Anda pilih, seperti jam buka, kontak yang dapat dihubungi, dan situs website jika Anda memilikinya.
  5. Anda dapat menambahkan foto untuk membantu orang lain melihat tempat yang ada tambahkan di Google Maps seperti apa bentuknya.
  6. Jika semua sudah terisi, klik kirim untuk langkah terakhir dalam menambahkan lokasi baru tersebut.
  7. Tunggu beberapa saat sampai pihak Google menyetujui lokasi bisnis atau tempat yang baru saja Anda tambahkan. Nantinya Google akan memberi notifikasi masuk ke Smarthpone sebagai tanda kontribusi Anda di terima atau ditolak.
  8. Selesai, tempat bisnis Anda sudah muncul di pencarian di Google Maps.
Itulah, beberapa langkah untuk menambahkan lokasi bisnis dan tempat baru milik Anda di Google Maps. Memiliki tempat tersendiri dalam peta Google dapat membuat Anda memiliki keuntungan yang luar biasa. 

Keuntungan Menambahkan Lokasi Bisnis dan Lokasi Baru di Google Maps

Berikut beberapa keuntungan menambahkan lokasi bisnis dan tempat baru di Google Maps!

1. Bisnis Anda mudah ditemukan

Siapa saja yang menjadi seorang pebisnis pastinya ingin bisnisnya dikenal banyak orang. Adanya fitur  menambahkan lokasi di Google Maps tentunya bagus untuk bisnis Anda. 

Orang lain dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda melalui navigasi yang ada dalam Google Maps. Semakin mudah bisnis Anda ditemukan, maka semakin banyak pula orang lain mengetahuinya dan dapat berpeluang menjadi konsumen Anda.

2. Berpeluang mendapatkan konsumen baru

Salah satu hal yang membuat banyak orang menggunakan Google Maps adalah untuk mencari tempat yang menyediakan barang atau jasa yang mereka butuhkan. Jika Anda berhasil menambahkan lokasi bisnis Anda di Google, ini akan berpeluang memunculkan konsumen baru dan tertarik pada bisnis Anda. Mereka yang awalnya penasaran, bahkan bisa menjadi pelanggan setia Anda di kemudian hari.

3. Tempat Informasi Detail yang Lengkap

Menyediakan informasi lengkap seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, dan situs web, memberikan potensi munculnya pelanggan dengan informasi yang diperlukan. Pelanggan akan merasa terbantu dengan informasi bisnis yang Anda berikan.

4. Bukti Reputasi Bisnis 

Pelanggan dapat memberikan ulasan dan penilaian, yang dapat membangun reputasi positif dan memberikan umpan balik berharga untuk bisnis Anda. Banyaknya reputasi positif dapat menjadi bisnis Anda sebagai rekomendasi kepada orang lain dan mendatangkan keuntungan. Sedangkan, reputasi negatif tentunya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi Anda dalam mengelola bisnis atau tempat baru yang Anda miliki.

5. Interaksi dengan Pelanggan

Menambahkan lokasi bisnis Anda memungkinkan untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, seperti menjawab pertanyaan atau memberikan informasi tambahan melalui fitur obrolan dan tanggapan. Ini penting karena bisnis yang bagus adalah yang bersedia menerima kritik dan saran dari pelanggan.

Dengan menambahkan lokasi bisnis di Google Maps, Anda akan mendapatkan lima keuntungan seperti yang disebutkan diatas. Tunggu apalagi, jika Anda punya bisnis dan ingin dikenal banyak orang, tambahkan bisnis Anda sekarang di Google Maps!