Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menjadi Anak Kos

Hal yang harus diperhatikan ketika menjadi anak kos

5 hal yang harus diperhatikan ketika menjadi anak kos – Siapa yang pernah menjadi anak kos atau calon anak kos? Tentunya menjadi anak kos identik dengan hidup sendiri dan bahkan jauh dari orang. Banyak yang menganggap menjadi anak kos adalah hal yang sulit terutama calon mahasiswa yang kuliah di luar kota. 

Namun, menjadi anak kos adalah salah satu hal seru dalam hidup, seperti adaptasi dengan lingkungan yang baru, teman, dan kebiasaan yang sebelumnya tidak pernah ditemukan dan dilakukan. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjadi anak kos.

Lalu, apa saja sih yang perlu diperhatikan sebagai orang yang baru memulai sebagai anak kos? Bagi kamu sebagai calon anak kos, artikel ini akan membantu kamu dalam memberikan informasi tentang apa saja hal penting yang perlu diperhatikan ketika menjadi anak kos. Simak baik-baik, ya!

1. Harus Rajin

Menjadi anak kos tentunya akan jauh dari orang tua, sehingga mau tidak mau harus rajin dalam hal apapun. Biasanya dirumah makan sudah tersedia, baju sudah dicuci atau rumah sudah disapu, ketika ngekos semuanya adalah kebalikannya. 

Semua harus dilakukan sendiri dan tidak bisa bergantung ke orang lain karena anak kos adalah melatih seseorang untuk mandiri dan bertanggung jawab. Dengan kebiasaan yang seperti ini juga akan menjadikan seseorang lebih produktif dan mampu menghargai waktu yang dimilikinya.

2. Harus Hemat

Hidup hemat ketika menjadi anak kos

Hidup hamat adalah hal yang harus diperhatikan oleh anak kos karena ngekos sejatinya hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Apalagi jika kondisi keuangan orang tua yang serba pas-pasan, hidup hemat adalah kewajiban. Oleh karena itu, harus pintar-pintar untuk mengelola pengeluaran untuk berbagai kebutuhan.
 
Bentuk pengeluaran bermacam-macam, seperti makan, internet, kebersihan diri, pakaian, sampai yang bentuknya tersier yaitu nongkrong. Masak nasi sendiri dengan rice cooker dan mengurangi nongkrong yang tidak perlu adalah salah dua hal yang dapat membantu hidup lebih hemat sebagai anak kos.

3. Jangan Pelit

Sebagai anak kos, hidup hemat adalah hal yang penting, namun janganlah jadi orang yang pelit. Selain belajar untuk mandiri, saling berbagi kepada sesama teman kos akan menjadikan lingkungan kos lebih rukun dan hangat. 

Hal ini dapat dimaknai bahwa teman kos adalah sodara atau tetangga ketika di rumah. Bukan tidak mungkin jika kamu membutuhkan sesuatu, teman kamu akan gantian membantu dirimu juga. Tak hanya berbagi soal makanan, meminjamkan barang, seperti ember atau setrika adalah contoh kecil lainnya. So, jangan jadi anak kos yang pelit untuk berbagi kepada teman kosmu ya!

4. Jangan Jadi Anak Ansos (Anti Sosial)

Jangan menjadi anak ansos ketika menjadi anak kos

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan. Hal ini juga yang perlu diperhatikan ketika seseorang memulai untuk ngekos. 

Menjadi anak kos tentunya akan bertemu dengan teman yang baru, terutama anak kos lainnya. Dengan mampu berinteraksi dengan teman kos sekitar, akan memungkinkan mendapat teman baru, pengalaman, dan bahkan saling membantu ketika sedang sakit atau membutuhkan bantuan lainnya. 

5. Jangan Ngekos Bareng Temanmu

Ngekos bersama dengan temanmu memang menjadi suasana kos jadi tidak sepi, apalagi ketika sedang dalam kondisi kangen rumah. Namun, jika kamu ingin mencari kenyamanan, ngekos bareng temanmu adalah hal yang perlu dipertimbangkan bahkan dihindari. 

Ngekos bareng belum tentu cocok dengan kebiasaan antara kamu dengan temanmu. Bisa jadi kamu rajin tapi temanmu tidak dan sebaliknya, tentunya hal ini menjadi tidak nyaman ketika ngekos. 

Ditambah lagi jika salah satu diantara kamu dan temanmu tipe orang yang jorok dan tidak mau patungan, pastinya akan rugi jika tetap untuk ngekos bareng dalam satu kamar. Untuk itu, pikirkan dengan matang sebelum memutuskan mau ngekos sendiri atau bareng teman kamu.

So, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu mencoba menjadi anak kos. Menjadi anak kos tentunya sangat berbeda dengan kondisi ketika sedang dirumah. Namun, menjadi anak kos adalah caranya bagaimana seseorang untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab. Untuk itu, gunakan waktu selama kos dengan sebaik mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!