Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP yang Terlalu Panas saat Bermain Game

Cara mengatasi HP yang terlalu panas saat bermain game

Cara Mengatasi HP yang Terlalu Panas saat Bermain Game. Apakah kamu pernah mengalami HP yang terlalu panas ketika bermain game? HP yang terlalu panas saat bermain game dapat menjadi masalah serius yang mengganggu kenyaman bermain penggunanya. 

Panas yang berlebihan ini dapat merusak komponen internal dan mempengaruhi kinerja dari HP itu sendiri. Untuk itu, perlu dicari penyebab dan cara mengatasi HP yang terlalu panas menjadi stabil kembali.

Bagi kamu yang sedang mengalami hal yang sama, artikel ini ada ntuk mengatasi masalah yang kamu butuhkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar HP tidak cepat panas akibat bermain game. Simak baik-baik, ya!

1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan 

Apakah kamu termasuk orang yang gemar membuka banyak aplikasi di HP dalam satu waktu? Jika iya, pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan saat bermain game. Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan HP menjadi panas. 

Ini karena perangkat akan bekerja lebih ekstra untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan. So, matikan aplikasi yang tidak digunakan terlebih dahulu agar HP tidak terlalu panas ketika bermain game, ya!

2. Kurangi kecerahan layar

HP yang terlalu cerah selain dapat membuat mata silau juga dapat menjadikan HP cepat panas ketika bermain game. Mengurangi kecerahan layar dapat membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh ponsel. 

Kamu dapat menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan tingkat yang sedang agar HP tidak cepat panas. Gunakan fitur kecerahan otomatis agar layar dapat menyesuaikan tinggi rendahnya kecerahan sesuai dimana kamu bermain game. 

Menghindari bermain game di luar ruangan juga menjadi salah satu cara agar HP tidak membutuhkan tingkat kecerahan yang tinggi dan tidak menguras banyak baterai yang dapat membuat HP cepat panas.

3. Nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan

Sama halnya dengan aplikasi, fitur yang tidak digunakan perlu dinonaktifkan agar HP tidak cepat panas ketika bermain game. Fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS lebih baik untuk dinonaktifkan semenrara jika tidak digunakan saat bermain game. Fitur-fitur ini dapat menyebabkan HP menjadi cepat panas.

Selain itu, jika memori HP sudah limit maka untuk tidak merekam layar ketika bermain game. Ini akan mempengaruhi performa bermain game dan HP menjadi terlalu panas karena kinerja perangkat yang berlebihan.

4. Hindari penggunaan HP saat pengisian daya

Menggunakan HP saat pengisian daya dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Sebaiknya hindari penggunaan HP saat mengisi daya untuk mencegah panas berlebihan.

HP yang digunakan untuk keperluan berat seperti bermain game akan menyebabkan daya yang terisi menjadi lebih lambat dan dapat mengakibatkan konsleting dan bahkan meledak. Untuk itu, hindari bermain game ketika HP sedang diisi daya, ya!

5. Gunakan kipas angin atau pendingin eksternal

Kamu pernah melihat pro player game mobile legend atau PUBG ketika sedang bermain? Satu barang yang pastinya ada di sekitar mereka adalah kipas angin. Yup, kipas angin adalah cara mereka untuk mendinginkan HP yang terlalu panas ketika bermain game.

So, jika ponsel kamu terus mengalami masalah panas saat bermain game, cobalah untuk menggunakan kipas angin atau pendingin eksternal khusus untuk HP. Ini dapat membantu menjaga suhu ponsel tetap rendah.

6. Periksa kondisi baterai

Baterai yang rusak atau pemakaian jangka waktu yang lama dapat menyebabkan HP kamu menjadi panas. Jika kamu mengalami masalah panas yang berlebihan, sebaiknya periksa kondisi baterai dan pertimbangkan untuk menggantinya jika diperlukan. 

Bagi pengguna iPhone, pastikan kamu memeriksa berapa batery health yang ada pada HP atau ponsel kamu. Jika sudah mulai menurun, ganti segera mungkin dengan baterai yang baru dan berkualitas.

7. Hindari bermain game terlalu lama

Bermain game terus-menerus dalam waktu yang lama dapat menyebabkan HP menjadi panas. Selain itu, game jenis tertentu memerlukan penggunaan RAM yang cukup besar, sehingga akan mempengaruhi kinerja perangkat.

Sebaiknya berikan istirahat pada HP kamu sesekali untuk mendinginkan suhu. Kamu dapat mengatur jam bermain game pada tingkat satu sampai dua jam setiap harinya.

8. Hapus sampah dan cache 

Menghapus semua sampah dan cache adalah cara terbaik untuk mengatasi HP yang terlalu panas ketika bermain game. Layaknya sampah pada komputer, sampah pada HP dapat menyebabkan kinerja perangkat menjadi lambat dan menurun.

Menjaga memori dan RAM tetap longgar adalah hal yang harus kamu lakukan sebelum bermain game. Jangan malas untuk selalu menjaga kebersihan HP kamu, ya!

9. Optimalkan pengaturan grafis game

Salah satu cara untuk mengatasi masalah HP terlalu panas adalah dengan mengoptimalkan pengaturan grafis game yang sedang dimainkan. Kamu perlu memahami bahwa semakin tinggi pengaturan grafis game, semakin besar beban yang diberikan pada ponsel kita. 


Jadi, langkah yang dapat kamu lakukan adalah menurunkan pengaturan grafis game menjadi level yang lebih rendah. Meskipun mungkin kamu tidak mendapatkan kualitas grafis yang sebaik saat menggunakan pengaturan yang lebih tinggi, namun hal ini akan membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh HP kamu.

10. Memperbarui sistem operasi HP

Memperbarui sistem operasi ponsel  adalah langkah yang sangat penting untuk menjaga kinerja HP tetap optimal. Dengan memperbarui sistem operasi, kamu akan mendapatkan pembaruan terbaru yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas HP kamu. 

Selain itu, pembaruan sistem operasi juga dapat mengatasi masalah yang mungkin menyebabkan HP kamu menjadi terlalu panas saat bermain game. 

So, mengatasi HP agar tidak terlalu panas ketika bermain game sangatlah mudah dilakukan. Kamu memiliki 10 cara yang dapat dilakukan agar HP kamu kembali dalam keadaan normal ketika bermain game. Tunggu apalagi, mari lakukan dan nikmati bermain game dengan nyaman. Semoga artikel ini berma