Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Barang Wajib Dimiliki untuk Kebutuhan Anak Kost

List barang yang wajib dibawa selama ngekost

10 Barang Wajib Dimiliki untuk Kebutuhan Anak Kos - Menjadi anak kost untuk pertama kali adalah sebagai pengalaman baru yang mengharuskan tinggal di kota orang untuk sementara waktu. Jauh dari rumah dan orang tua adalah momen yang penuh haru dan sebuah tantangan yang harus dijalani.

Hidup ngekost artinya fasilitas yang tersedia tidak selengkap ketika sedang berada di rumah. Untuk itu, perlu mempersiapkan barang apa saja yang dibutuhkan dan wajib dimiliki untuk menjalani keseharian sebagai anak kos. 

List 10 Barang yang Wajib Dibawa Selama Ngekost

Bagi kamu yang akan menjadi anak kost dan bingung mau membawa apa saja ketika pergi ke kost nanti, artikel ini akan memberikan list barang wajib dimiliki dan dibawa selama di kost. Simak baik-baik, ya!

1. Peralatan Mandi

Sc: Unsplash

Barang pertama yang wajib ada dan dimiliki selama ngekost adalah peralatan mandi. Sebagai barang yang dipakai setiap hari tentunya peralatan mandi dianggap sebagai barang dasar yang harus dipersiapkan. Peralatan mandi ini meliputi sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, dan handuk. So, jangan lupa mandi, ya, karena kebersihan adalah hal utama.

2. Peralatan Makan

Setiap orang pastinya perlu makan agar tetap berenergi dan tidak sakit. Namun, agar makanan dapat dikonsumsi perlu adanya alat makan. Maka dari itu penting untuk memiliki alat makan ketika ngekost.

Meski beberapa tempat kost sudah menyediakan alat makan, akan lebih nyaman ketika memiliki alat makan sendiri. Kamu bisa membawanya sendiri dari rumah atau membeli di toko perabotan yang menyediakan alat makan ini.

3. Perlengkapan Tidur

Perlengkapan tidur wajib ada di kost
Sc: Unsplash

Selain makan yang teratur, tidur yang berkualitas akan membantu badan tetap sehat dan fit sepanjang hari. Tempat tidur yang nyaman adalah salah satu faktornya. Namun, biasanya ketika ngekost, pemilik kost hanya menyediakan kasur dan bantal saja.

Bagi yang terbiasa tidur lengkap dengan selimut, guling, dan sprei pastinya tidur akan terasa kurang nyaman hanya dengan kasur dan bantal saja. Untuk itu, menyiapkan perlengkapan tidur lengkap adalah list barang wajib bagi anak kost.

4. Setrika

Siapa sih yang mau pergi tapi pakaian kusut dan tidak rapi? Pastinya jadi kurang percaya diri, kan. Untuk itu, peran setrika dibutuhkan dalam hal ini. So, dengan membawa setrika sendiri dari rumah adalah pilihan terbaik dan barang wajib dibawa bagi anak kost.

5. Rice Cooker

Jika kamu memutuskan untuk berhemat selama ngekost, membawa rice cooker adalah pilihan yang tepat. Dengan adanya rice cooker maka kamu tidak perlu membeli nasi di warung dan tinggal beli sayur atupun masak sayur sendiri.

Kamu dapat membeli rice cooker ukuran mini untuk kebutuhan selama di kost. Harga yang murah dan penggunaan listrik yang lebih sedikit membuat pengeluaran kamu lebih sedikit. Tak hanya itu, dengan adanya rice cooker, kamu dapat menjadikannya sebagai alat untuk memasak mie jika gas di kost habis. 

6. Hanger

Hanger wajib anak kost
Sc: Unsplash

List kebutuhan anak kost yang tidak kalah pentingnya yaitu hanger. Yup, alat gantungan baju yang banyak jenisnya ini dapat menjadikan baju lebih tertata rapi dan tidak mudah kusut. 

Selain itu, dengan adanya hanger ini, menjemur baju dapat dengan mudah dilakukan dan lebih cepat kering. Pilihlah hanger dengan bahan yang kuat seperti dari besi agar ketika digunakan tidak mudah patah. 

7. Obat-obatan

Obat-obatan wajib bagi anak kost
Sc: Unsplash

Tidak enak badan selama di kost menjadi hal yang paling tidak menyenangkan. Jika di rumah, ketika sakit orang tua akan mengupayakan beragam cara agar anaknya cepat sembuh. 

Berbeda ketika sedang di kost, ketika kita sakit, semua serba dilakukan sendiri. Untuk itu, kebutuhan obat-obatan seperti obat demam, batuk, pilek dan luka perlu disediakan jika suatu saat tiba-tiba jatuh sakit. 

8. Terminal listrik

Meski pemilik kost kadang telah menyediakan terminal listrik bagi penggunanya, terkadang itu masih kurang. Bagi kamu yang memiliki banyak barang elektronik, seperti kipas angin, rice cooker, ataupun laptop, kamu perlu memiliki terminal listrik dengan banyak lubang colokan. Ini penting ketika kamu membutuhkan semua barang elektronik di waktu yang sama tidak perlu gantian dalam menggunakan listrik.

9. Alat Kebersihan

Kos yang nyaman terlihat dari lantai yang bersih dari debu dan kotoran. Untuk itu, perlu disediakan alat kebersihan seperti sapu dan pel lantai. Kamar kost yang bersih juga akan terhindar dari adanya kecoa, nyamuk, hingga jamur. Selain itu, adanya kemoceng juga dapat membantu menyapu debu pada jendela dan lemari kost kamu. 

10. Peralatan Pribadi

Gunting wajib bagi anak kost
Sc: Unsplash

Kita pastinya selalu membutuhkan alat kecil semacam gunting, penjepit kuku, pembersih telinga, sampai strapless. Meski tidak setiap saat membutuhkannya, barang kecil ini selalu dibutuhkan kapanpun itu. 

Misalnya, keberadaan gunting biasanya untuk membuka bungkus makanan, bumbu, hingga sabun. Untuk itu, peralatan pribadi semacam itu wajib dimiliki oleh anak kost agar ketika membutuhkan tidak perlu meminjam teman kost lainnya.

So, itulah 10 barang wajib dimiliki untuk kebutuhan anak kost. Adanya list kebutuhan kost tersebut membuat kamu yang akan menjadi anak kost untuk pertama kali tidak perlu repot memikirkan barang apa saja yang harus ada untuk dibawa selama ngekost. Jangan salah pilih, ya!