Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Wajib Diketahui Mahasiswa Akhir Seputar Skripsi! Nomor 8 Paling Nyenengin


Hal yang Wajib Diketahui Mahasiswa Akhir Seputar Skripsi! Nomor 8 Paling Nyenengin - Sebagai seorang mahasiswa, skripsi merupakan tugas akhir dan menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan untuk memperoleh gelar sarjana. Dalam menyusun skripsi, setiap mahasiswa akan membahas suatu topik permasalahan yang ditulis dengan metode penulisan secara ilmiah untuk ditemukan jawabannya.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akhir ini nantinya akan menemukan sesuatu yang belum pernah terdengar di semester sebelumnya, mulai dari dosen pembimbing, penguji, seminar proposal, seminar hasil, metode, dsb. 

Lalu, apakah kamu termasuk salah satu mahasiswa akhir yang sedang berada di fase ini? Apa saja sih hal yang sering ditemui dan wajib diketahui ketika mengerjakan skripsi? Jangan khawatir, kamu berada di tempat yang tepat sekarang!

Hal yang Wajib Diketahui Mahasiswa Akhir Seputar Skripsi! Nomor 8 Paling Nyenengin

Sebagai mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan tugas skripsi, beberapa hal berikut akan sering kamu dengar dan apa arti yang ada dalam istilah tersebut.

1. Topik/Judul Skripsi

Sc : Unsplash
Dalam pembuatan skripsi maka hal yang pertama harus ditentukan oleh mahasiswa akhir adalah topik skripsi. Topik atau judul ini merupakan permasalahan yang nantinya dibahas dan ditemukan solusinya dalam penulisan skripsi.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh permasalahan yang akan jadikan topik skripsi, yaitu kamu dapat mengamati fenomena yang ada di sekitar dan berdasarkan penelitian terdahulu. Tentunya topik yang ditentukan harus unik, terbarukan, dan tidak menjiplak

2. Dosen Pembimbing

Sc : Unsplash
Layaknya mahasiswa baru, mahasiswa akhir juga memerlukan bimbingan dari seorang dosen. Kamu yang merupakan mahasiswa akhir tentunya tidak bisa berjalan sendiri dalam menyusun skripsi.

Peran dosen dalam hal ini adalah untuk membantu menentukan judul skripsi, membantu tata cara penulisan yang benar, memberi saran dan masukkan terkait metode penelitian yang dipilih. Oleh karena itu, dosen pembimbing memiliki peran yang penting agar skripsi mahasiswanya dapat selesai dengan baik.

3. Dosen Penguji

Sc : Unsplash
Setelah dibimbing untuk menyusun skripsi dengan b
aik dan benar, maka skripsi akan diuji apakah hasilnya sudah sesuai atau belum. Pihak yang menguji inilah yang disebut sebagai dosen penguji. 

Yup, dosen penguji adalah dosen yang ditunjuk oleh pihak kampus untuk menguji proposal skripsi ketika sempro dan hasil penelitian ketika semhas. Dosen penguji juga berhak untuk memberikan evaluasi berupa kritik dan saran pada skripsi mahasiswa tersebut.

4. Metode Penelitian

Sc : Unsplash
Metode adalah cara yang ditempuh untuk memperoleh suatu hal. Sama halnya dengan skripsi, metode penelitian harus ditentukan agar skripsi dapat selesai dengan yang diharapkan.

Dalam penyusunan skripsi, metode penelitian memiliki banyak jenisnya seperti metode kualitatif, kuantitatif, metode penelitian survey, eksperimen, dsb. Hendaknya pemilihan metode ini disesuaikan dengan topik penelitian skripsi yang diambil.

5. Outline Skripsi

Sc : Unsplash
Outline skripsi adalah kerangka atau garis besar dari rancangan skripsi yang akan kamu buat. Outline skripsi ini berisi tentang judul penelitian, latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, kerangka berpikir, metode penelitian, dan sebagainya.

Pembuatan outline skripsi ini ditujukan kepada dosen pembimbing untuk mendapatkan jawaban apakah rancangan penelitian diterima atau ditolak. Oleh karena itu, outline skripsi perlu disusun dengan baik agar rancangan tersebut dapat diterima dan lanjut ke penyusunan proposal skripsi.

6. Proposal Skripsi

Sc : Pexels

Proposal skripsi adalah hasil skripsi yang sudah selesai sebagian atau sudah terselesaikan sebanyak 3 bab. Proposal skripsi ini terdiri pendahuluan, telaah pustaka, dan metode penelitian. 

Dalam penyusunan proposal skripsi ini mahasiswa akhir perlu mengonslutasikannya dengan dosen pembimbingnya. Ketika proses bimbingan ini, dosen akan mengecek dan merevisi penulisan proposal skripsi hingga tidak ada salah penulisan.

7. Revisi

Sc : Unsplash
Revisi adalah proses perbaikan dari penyusunan skripsi yang telah dibuat. Revisi biasanya dilaksanakan setelah mahasiswa melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing untuk diketahui pada bagian mana penulisan skripsi yang sudah benar dan masih salah. 

8. Accedere (ACC)

Sc : pexels

Bagi mahasiswa tingkat akhir istilah ini adalah salah satu momen paling bahagia dalam proses mengerjakan skripsi. Yup, istilah Accedere atau yang dikenal dengan ACC ini adalah tanda bahwa pengerjaan skripsi telah disetujui oleh dosen pembimbing atau penguji. 

ACC dalam skripsi ini biasanya diperoleh ketika akan melaksanakan seminar proposal dan hasil, serta proses revisi. Pemberian ACC juga menunjukkan bahwa skripsi sudah tidak terdapat kesalahan dalam penulisannya.

9. Sempro (Seminar Proposal)

sc : Unsplash
Seminar proposal merupakan kegiatan mempresentasikan hasil penyusunan skripsi dari bab satu sampai bab tiga di depan dosen penguji. Adanya seminar proposal menunjukkan bahwa pergerjaan skripsi sudah pada tahap sepertiga perjalanan. 

Dalam kegiatan sempro ini mahasiswa akhir akan memaparkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat, hingga pemilihan metode pengambilan sampel penelitian. 

Selama proses sempro berlangsung dosen penguji akan memberikan evaluasi berupa kritik dan saran dari proposal yang telah dipaparkan. So, bagi kamu yang merupakan mahasiswa akhir diharapkan menyusun proposal skripsi dengan baik dan benar serta lengkap.

10. Semhas (Seminar Hasil)

Sc : Unsplash
Lanjutan dari sempro, semhas adalah tahap dimana mahasiswa melaporkan hasil penelitian skripsinya. Hasil penelitian ini diperoleh dari pengolahan data yang sebelumnya sudah didapatkan dari sampel yang sudah ditentukan sebelumnya.

Seminar hasil ini juga menunjukkan penelitian yang dilakukan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, tahap seminar hasil ini menjadi bagian paling penting dari serangkaian pengerjaan skripsi. Tak heran jika nilai seminar hasil memiliki persentase paling besar dalam pembobotan mata kuliah tugas akhir.

So, gimana? Sekarang sudah tahu kan apa saja yang wajib diketahui mahasiswa akhir. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu yang merupakan mahasiswa akhir diharapkan memiliki gambaran tentang pengerjaan skripsi. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan, ketikkan di kolom komentar, ya!