Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teleprompter Online : Cara Mudah Take Video Tanpa Ketahuan Membaca Script


Teleprompter Online : Cara Mudah Take Video Tanpa Ketahuan Membaca Script - Membuat video adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh setiap orang dengan perangkat smartphone atau kamera. Ya, ada banyak tujuan seseorang membuat sebuah video, seperti untuk tugas sekolah, konten, maupun untuk mengabadikan momen tertentu. Oleh karena itu, membuat video dapat terasa menyenangkan namun juga menyulitkan.

Membuat sebuah video menjadi terasa sulit karena beberapa hal seperti perlu adanya konteks atau script yang harus disampaikan dalam video. Tak jarang, setiap orang harus menghafal script yang sudah dibuat dan tidak boleh salah agar hasilnya maksimal. Hal ini sering ditemui ketika sedang membuat tugas sekolah ataupun memproduksi konten oleh seorang konten kreator di sosial media.

Oleh karena itu, diperlurkan alat bantu agar bisa lancar menyampaikan isi script tanpa ketahuan sedang membaca. Yap, nama alat bantu tersebut dinamakan teleprompter. Memang terdengar asing bagi kebanyakan orang, namun alat ini biasanya digunakan oleh pembawa acara berita maupun talkshow di stasiun televisi.

Tapi tenang, sekarang alat bantu telemrompter bisa digunakan secara online hanya dengan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Play Store, lho! Penasaran kan? Berikut tutorial lengkapnya.

Teleprompter Online : Cara Mudah Take Video Tanpa Ketahuan Membaca Script

Teleprompter online adalah aplikasi teleprompter yang dapat diperoleh secara gratis di PlayStore atau sejenisnya. Berikut cara menggunakan aplikasi teleprompter untuk memudahkan take videomu.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi teleprompter di Playstore atau sejenisnya. Banyak aplikasi teleprompter yang tersedia, namun pada tutorial kali ini menggunakan aplikasi "Elegan Teleprompter ".

  2. Kemudian, buka aplikasi teleprompter.
  3. Lalu klik icon plus untuk membuat script baru yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan konten.

  4. Selain itu, bisa juga mengimpor script dari sebuah dokumen dengan format txt.
  5. Masukkan judul dan script yang dibutuhkan. Lalu simpan script yang sudah dibuat.

  6. Setelah selesai, lalu kembali ke halaman depan aplikasi dan pilih script yang sudah dibuat sebelumnya.
  7. Klik pada bagian kanan atas disebelah ikon titik tiga dan nantinya akan muncul kotak kecil pada layar smartphone.
  8. Buka kamera smartphone dan ambil video yang dibarengi dengan mengklik ikon play pada kotak teleprompter.
  9. Jika script pada teleprompter terlalu lambat, buka pengaturan dan atur kecepatan jalannya kata demi kata.

  10. Selesai. Video yang dihasilkan bisa dipastikan seperti seorang profesional dan tidak terlihat membaca script.

Itulah cara mudah take video tanpa membaca teks dengan bantuan teleprompter. Adanya teleprompter dalam bentuk aplikasi ini akan membantu siapapun yang ingin mengambil video tanpa takut ketahuan sedang membaca sebuah script. Tunggu apalagi, coba lakukan sekarang juga!