Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dolby On: Cara Merubah Nada Suara Menjadi Lebih Jernih


Cara Merubah Nada Suara Menjadi Lebih Jernih - Dalam beberapa kesempatan, kita sering kali menemukan konten kreator dengan beragam macam konten di berbagai platform media sosial. Konten yang dibagikan pun banyak jenisnya, seperti konten edukatif, trik dan tips, maupun konten informatif bagi para pendengarnya dalam bentuk postingan foto maupun video. 

Berbicara jenis konten, konten berupa video seringkali dirasa lebih menarik bagi pengguna sosial media dibandingkan konten dalam bentuk foto atau desain berupa infografis semata. Konten video menjadi menarik karena menampilkan isi lebih detail, variatif, dan penyampaian konten yang mudah dipahami.  Penyampaian yang jelas, intonasi yang pas, dan tidak ada noise membuat isi konten dapat tersampaikan dengan baik kepada audience.

Namun, sebagai konten kreator tidak semua orang memiliki suara yang bagus dan intonasi yang jelas sehingga perlu mengubah nada suara menjadi terlihat lebih baik dari sebelumnya. Lalu bagaimana caranya membuat nada suara kita menjadi enak untuk didengar? Berikut tutorial lengkapnya!

Dolby On: Cara Merubah Nada Suara Menjadi Lebih Jernih

Dolby On adalah aplikasi audio editing yang dapat membantu kita mengubah suara dari rekaman kita. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan alat pengeditan untuk memperbaiki kualitas suara dan mengubahnya menjadi lebih bagus. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara merubah suara di aplikasi Dolby On.
  1. Pertama, kita harus membuka aplikasi dan memilih rekaman yang ingin kita ubah. Caranya yaitu dengan pilih ikon pada kanan bawah lalu klik pada ikon upload pada bagian kanan atas. Lalu pilih audio rekaman yang diinginkan.

  2. Setelah itu, klik ikon tools pada menu yang tersedia. Terdapat beberapa tools yang dapat kamu gunakan, seperti style, noise, tone, boost, dan trim.
  3. Pilih tools yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  4. Setelah selesai, klik ikon share untuk menyimpan audio rekaman yang udah jadi.

Tools yang ada pada aplikasi Dolby On memiliki fiturnya masing-masing.
  1. Tools Style, tools ini digunakan untuk menentukan gaya suara yang seperti apa untuk audio yang kamu gunakan. Terdapat beberapa gaya suara yang dapat kamu pilih seperti standar, natural, lirik, dalam, dan sebagainya.
  2. Tools Noise Reduction, tools ini berguna bagi kamu untuk menghilangkan suara mengganggu di sekitar suara rekamanmu, seperti suara kicau burung, mobil lewat atau suara kipas. Kamu dapat mengatur seberapa tingkat noise dihilangkan agar kualitas suara lebih jernih.
  3. Tools Tone, tools ini dapat kamu gunakan untuk menyamarkan suara kamu dengan tiga penyesuaian yaitu treble, mid, dan bass. 
  4. Tools Boost, suara rekamanmu akan terdengar jelas dengan tools ini. Boost dapat mengatur tingkat kekerasan suaramu menjadi minus 20 sampai plus 20.
  5. Trim, dengan tools ini kamu dapat memotong  suara rekaman pada bagian tertentu seperti bagian awal dan akhir.
Dengan banyaknya fitur yang tersedia di Dolby On, kita dapat dengan mudah merubah suara rekaman kita menjadi lebih baik. Selain itu, aplikasi ini juga mudah digunakan dan memiliki interface yang intuitif. Jadi, jika kita ingin memperbaiki kualitas suara rekaman kita, cobalah untuk menggunakan Dolby On.