Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Jenis, dan Contoh Kebutuhan Manusia

Kebutuhan merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Kebutuhan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan keberadaan alat pemuas kebutuhan. Dari beragam jenis kebutuhan yang ada, kebutuhan dibagi menjadi empat, yaitu sebagai berikut.


A. Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Kebutuhan berdasarkan tingkat intensitas, dibedakan menjadi kebutuhan primer. sekunder, dan tersier.
  1. Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidupnya atau dapat diartikan sebagai kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh manusia. Contohnya, kebutuhan akan sandang (pakaian), pangan (makan), dan papan (tempat tinggal)
  2. Kebutuhan sekunder atau kebutuhan pelengkap adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. contohnya adalah sepatu dan tas sekolah. Namun seiring perkembangan zaman, sepeda motor dan handphone dapat dikatakan sebagai kebutuhan sekunder karena sekarang setiap lapisan masyarakat sudah banyak yang memiliki keduanya.
  3. Kebutuhan tersier diartikan sebagai kebutuhan yang bersifat mewah dan dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Biasanya kebutuhan tersier ini digunakan untuk menunjukan status sosial di masyarakat. Contohnya adalah mobil mewah dan perhiasan.

B. Kebutuhan berdasarkan subjek yang membutuhkan

Kebutuhan ini dibedakan menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan umum.
  1. Kebutuhan individu diartikan sebagai kebutuhan yang berhubungan dengan berbagai individu yang berbeda. Contohnya, seorang siswa membutuhkan buku, pensil, dan tas untuk pergi ke sekolah. Sedangkan petani membutuhkan cangkul, benih, dan pupuk untuk menggarap sawahnya.
  2. Kebutuhan umum diartikan sebagai kebutuhan yang berhubungan dengan masyarakat atau disebut juga dengan kebutuhan sosial. Contohnya, jalan raya, jembatan, rumah ibadah, dan fasilitas umum lainnya.

C. Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya

Kebutuhan ini dibedakan atas kebutuhan masa sekarang dan kebutuhan di masa mendatang.
  1. Kebutuhan masa sekarang atau saat ini adalah kebutuhan yang tidak dapat ditunda pemenuhannya dan harus dilakukan saat ini. Contohnya, orang sakit harus segera minum obat/berobat ke rumah sakit atau orang yang lapar harus segera makan.
  2. Kebutuhan yang akan datang adalah kebutuhan yang dirancang atau direncanakan terpenuhi di masa depan. Contohnya orang tua kita menabung untuk biaya pendidikan anaknya di masa depan.

D. Kebutuhan Berdasarkan Sifat Pemenuhannya

Jenis kebutuhan ini dibedakan menjadi kebutuhan atas alat pemuas kebutuhan jasmani dan alat pemuas kebutuhan rohani.
  1. Kebutuhan jasmani atau kebutuhan fisik adalah kebutuhan yang berhubungan dengan tubuh manusia, misalnya makanan, minuman, pakaian, dan obat-obatan.
  2. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang, misalnya jika seseorang dapat bekerja dengan baik, maka diperlukannya motivasi maupun nasihat yang dapat meningkatkan semangat atau memunculkan energi positif dalam diri orang tersebut.

Itulah materi tentang jenis kebutuhan manusia yang didalamnya membahas pengertian kebutuhan manusia dan kebutuhan manusia yang dibagi menjadi 4 jenis, yaitu berdasarkan tingkat intesitas, subjek, waktu, sifat pemenuhannya. 

Materi yang ada merupakan materi yang bersumber dari buku dan besar harapan bisa membantu untuk menambah wawasan bagi kamu yang membacanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!

Source : Buku Ekonomi Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan (Alam & Rudainto, 2013, Penerbit Erlangga)