Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gampang Banget! Begini Membuat Resume dari Video Youtube Otomatis

Cara Membuat Resume dari Youtube - Youtube merupakan salah satu platform media sosial yang membuat penggunanya bisa menonton dan mengunggah video yang mereka sukai. Terdapat banyak jenis video yang tersebar di Youtube ini mulai dari konten edukasi, olahraga, berita, hiburan, musik, dan masih banyak lagi. Sehingga tak bisa dipungkiri banyak informasi yang didapat di dalamnya.

Saking bergunanya Youtube ini bagi para penggunanya, tak jarang guru memanfaatkan Youtube sebagai sumber memberikan bahan pembelajaran. Salah satunya adalah untuk mencari materi yang nantinya dibuat resume oleh para peserta didik.

Untuk membuat resume video dari youtube biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan sedikit demi sedikit lalu mencatatnya atau mendengarkan hingga selesai kemudian baru membuat resumenya. Tetapi hal tersebut sangatlah membebani dan jika suara yang didengar tidaklah jelas atau terlalu cepat dalam penyampaiannya. Sehingga video perlu diulang-ulang dan ini menghabiskan banyak waktu.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah yang sama seperti yang di atas, yaitu kesulitan membuat resume dari Youtube, sebenarnya ada cara mudah dan praktisnya, lho! Penasaran kan cara meresume dari video Youtube? Simak baik-baik, ya!

Cara Membuat Resume dari Video Youtube Secara Otomatis

Cara membuat resume ini dapat kamu lakukan dengan bantuan situs Anthiago yang bisa kamu akses secara gratis di mesin pencarian. Berikut tutorial lengkapnya.

  1. Langkah pertama, buka Youtube dan salin link video yang akan kamu buat untuk resume. 
  2. Kemudian pergi ke mesin pencarian dan ketikkan keyword Anthiago dan kamu akan menemukan situs dengan tampilan seperti gambar di bawah ini.
  3. Klik situs tersebut, pada bagian link masukkan link video youtube yang sebelumnya telah kamu salin untuk dibuat resume.
  4. Klik transkip.
  5. Tunggu beberapa saat hingga video berhasil dirubah ke dalam bentuk teks.
  6. Klik copy hasil transkip video tersebut.
  7. Selesai.
Perlu diperhatikan, hasil transkip resume dari video Youtube ini tidak seratus persen sempurna. Ada beberapa kata yang mungkin sedikit typo dan tidak adanya tanda titik untuk menunjukkan suatu penggalan kalimat. Tapi jangan khawatir, jika kamu menemukan kata dengan kapital diantara banyaknya kata berarti itu menandakan awal kalimat yang baru.

Itulah cara membuat resume dari video Youtube tanpa ribet dan cepat. Tunggu apalagi, ayo praktekan dan rasakan kemudahannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!