Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Butuh Cuan? Begini Cara Menghasilkan Uang Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Cara Menghasilkan Uang Bagi Pelajar dan Mahasiswa - Menghasilkan uang sendiri di usia muda tentunya sangatlah menggembirakan terutama bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Kebutuhan pribadi yang beragam membuat keinginan memiliki uang yang banyak adalah hal yang utama.

Bagi kamu yang seorang pelajar maupun mahasiswa, janganlah khawatir. Meskipun kamu belum lulus atau wisuda, kamu bisa mendapatkan uang tambahan jajan mulai dari sekarang dan diantaranya bisa diperoleh dengan mengandalkan skill yang kamu miliki. Penasaran, kan? Simak baik-baik, ya!

Butuh Cuan? Begini Cara Menghasilkan Uang Bagi Pelajar dan Mahasiswa

Sebagai seorang pelajar dan mahasiswa menghasilkan uang di bangku pendidikan bukanlah hal yang mustahil. Apalagi sekarang kita dapat dengan mudah mengakses informasi dari berbagai platform yang dapat meningkatkan skill individu kita yang mana jika dikuasai dapat menghasilkan uang.

Tidak usah berlama-lama lagi, berikut cara menghasilkan uang bagi kamu yang merupakan  pelajar dan mahasiswa. Pasti kamu bisa!

1. Penulis artikel

Bagi kamu yang hobi menulis, job sebagai penulis artikel bisa memberikan peluang untuk kamu menghasilkan uang, lho! Kamu bisa mencoba peruntungan sebagai penulis artikel lepas ataupun join ke perusahaan jasa tulis artikel yang ada.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, baiknya kamu perhatikan aturan-aturan dalam penulisan artikel yang baik dan benar, kemudian tawarkan jasamu. Asalkan kamu tekun dan gigih, mendapatkan pelanggan dari jasa tulis artikel ini tidak sesulit yang dibayangkan. 

2. Blogger

Selain menjadi penulis artikel lepas atau dibawah perusahaan, kamu juga bisa mempublikasikan artikel buatan kamu sendiri melalui blog pribadi. Kamu dapat memanfaatkan beragam platform blogger seperti blogspot dan wordpress. 

Bagaimana untuk cara mendapatkan uangnya? Yaitu dengan mendaftarkan blog kamu ke Google Adsense. Setelah diterima maka blog kamu akan memiliki iklan yang nantinya setiap iklan yang di klik oleh pengunjung akan memberikan nominal rupiah tertentu untuk blog kamu.

Untuk konten, kamu dapat mendapatkannya melalui materi sekolah, pengalaman kamu, dan berdasarkan berita terbaru yang sedang viral. Tunggu apalagi, selain bisa menghasilkan uang, artikel kamu juga akan bermanfaat bagi orang lain.

3. Desainer grafis

Kamu jago membuat desain semacam pamflet, banner, hingga logo? Kalau iya, cocok banget untuk kamu kembangkan dan bisa dijadikan sebagai penghasil uang. Apalagi di masa sekolah dan kuliah yang banyak event yang memerlukan pamflet, banner, dan semacamnya. Pastinya peluang untuk menjualkan jasa desain sangatlah besar.

Selain itu, kamu juga dapat menjajakan jasa desain kamu di situs freelancer yang tersedia internet. Kamu dapat memperoleh klien dari dalam maupun luar negeri yang tentunya bisa menghasilkan uang selama kamu menjadi pelajar ataupun mahasiswa.

4. Editor video dan foto

Cara lain menghasilkan uang bagi pelajar dan mahasiswa adalah dengan menawarkan jasa edit video dan foto. Kemampuan editor video dan foto anak muda di era sekarang nyatanya tidak perlu diragukan lagi. Kemudahan akses aplikasi dan ilmu untuk mempelajarinya, membuat banyak pelajar hingga mahasiswa yang memiliki kemampuan ini di atas rata-rata.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti Capcut, VN, Kinemaster hingga Adobe Premier Pro untuk edit video dan Lightroom untuk jasa edit foto. Semua aplikasi / software di atas kebanyakan gratis dan bisa diunduh dengan mudah. Kamu bisa menawarkan jasa ini ke pelajar lain ataupun bisa melalui situs freelancer yang tersedia.

5. Jual Foto

Daripada stok foto kamu menumpuk di galeri hp, mending kamu jual saja di internet. Ya, kamu dapat menjual stok foto yang nantinya kamu akan mendapatkan dollar dari setiap foto yang berhasil kamu jual. Kamu akan mendapatkan uang mulai dari 0,10 dollar hingga ratusan dollar tergantung pembelinya.

Beberapa situs yang menyediakan jasa jual foto ini adalah Shutterstock, AdobeStock, iStock, dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat, foto yang kamu jual harus jernih dan tidak mengandung hal negatif, ya!

6. Jualan materi pelajaran

Kamu anaknya rajin mencatat ketika pembelajaran berlangsung? Kalau iya, coba jadikan catatan kamu sebagai sumber penghasil uang. Iya, kamu dapat menjual catatan ketika belajar di kelas ke orang-orang yang membutuhkan. Apalagi ketika mendekati ujian, auto dibeli oleh mereka yang malas mencatat.

Jika bingung dijual dimana, kamu juga dapat mengunjungi situs studypool.com yang mana situs tersebut sebagai wadah bagi penggunanya untuk menjual hasil catatannya. Nantinya kamu akan mendapatkan dollar dan setiap file catatan bisa kamu jual berulang-ulang, lho! Menarik, bukan!

7. Joki Tugas

Selain kamu dapat menjual hasil catatan selama pelajaran, kamu juga dapat menawarkan jasa joki pengerjaan tugas. Kelihatannya aneh, namun kegiatan ini merupakan peluang bagi kamu untuk menghasilkan uang dari bangku sekolah. 

Kamu bisa memanfaatkan teman-teman kamu yang malas untuk mengerjakan tugas mereka atau kamu juga bisa menawarkan melalui sosial media yang ada. 

8. Joki game

Sebagai pelajar dan mahasiswa, menghasilkan uang sekarang bisa dimulai dari hobi kamu, lho! Iya, salah satu hobi kalangan muda yaitu bermain game yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Caranya adalah kamu bisa menawarkan jasa joki game ke orang-orang yang kesusahan untuk bermain game tertentu. 

Contoh game yang dapat dijadikan untuk penjokian adalah Mobile Legend, PUBG, Free Fire hingga COC. Tapi perlu diperhatikan kalau kamu harus sudah jago agar orang yang ingin memesan jasamu merasa lebih percaya. Kamu bisa menawarkan jasamu ke sesama pelajar atau mahasiswa. Dimana lagi kan bisa menghasilkan uang dari hobi yang kamu senangi.

9. Penerjemah bahasa

Kamu memiliki kemampuan menguasai berbagai macam bahasa? Kalau iya, cobalah untuk mencari peruntungan dengan menjadi penerjemah bahasa. Kamu bisa menghasilkan uang semasa sekolah ataupun kuliah dengan kemampuan tersebut.Cara yang bisa kamu lakukan dengan menerjemahkan subtitle film, buku, dan sebagainya.

10. Sosial media influencer

Penggunaan media sosial yang semakin hari semakin berkembang dapat kamu manfaatkan sebagai ladang menghasilkan uang. Kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga Twitter untuk membuat konten menarik yang bisa dilihat oleh banyak orang.

Konten yang menarik inilah yang nantinya dapat meningkatkan value kamu berupa naiknya followers yang nantinya bisa mendatangkan endorsement. Cobalah untuk membuat konten seputar hobi, tips dan trik, serta informasi menarik lainnya.

11. Youtuber

Cita-cita anak zaman sekarang kalau tidak menjadi gamer pastinya ingin menjadi youtuber. Yap, menjadi youtuber dapat mendatangkan uang bagi kamu semasa menjadi pelajar atau mahasiswa. Kamu bisa membuat konten video sesuai topik yang kamu kuasai, mulai dari hobi, lifehack, tips dan trik, dan informasi edukatif lainnya.

Jika kamu menguasai skill editing yang mumpuni, maka ini bisa menjadi nilai tambah video kamu dan bisa menarik orang lain untuk menonton. Semakin banyak yang menonton maka peluang diterima Adsense akan semakin besar dan akan cepat mendatangkan pundi-pundi uang.

Sebenarnya masih ada banyak cara menghasilkan uang yang bisa kamu lakukan selama masih menjadi pelajar ataupun mahasiswa, seperti:
  1. Jualan online atau dropshiper
  2. Mengikuti survey berbayar
  3. Menjadi guru les anak SD
  4. Penerjemah
  5. Jasa titip barang, dll.

Jadi, itulah cara menghasilkan uang bagi pelajar dan mahasiswa. Apakah kamu tertarik dari banyaknya opsi yang disebutkan di atas? Atau kamu sudah menjalankan salah satunya? Jika tertarik maka cobalah dan jangan takut gagal. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!