Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upload Vector Infinite Design ke Shutterstock

Cara upload desain infinite design ke shutterstock. Berbicara mengenai era modern yang berbasis teknologi seperti sekarang, keberadaan seniman digital sangatlah diperhitungkan. Karya-karyanya yang berbentuk digital ini nyatanya bisa dijadikan sebagai sebuah penghasilan atau dengan kata lain diperjualbelikan.

Dari hal ini banyak juga situs yang menyediakan jasa jual beli karya digital, salah satunya Shutterstock. Shutterstock ini memungkinkan seseorang menjual karyanya baik itu sebuah foto, vector, dan footage video dalam satu situs. Berbeda dengan NFT yang menjual karya dengan tipe edisi terbatas, karya yang dijual di Shutterstock ini bisa dijual tanpa ada batasan.

Namun, dalam kenyataannya kontributor Shutterstock ini lebih didominasi oleh para desainer pengguna PC atau laptop dalam mendesain karyanya. Hal ini karena desain seperti vector harus menggunakan file format EPS ketika mengunggahnya. Sejauh ini juga belum ada aplikasi desain yang bisa ekspor hasilnya ke bentuk EPS.

Tapi jangan khawatir, ada satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat vector hanya dengan menggunakan handphone dan bisa di upload ke shutterstock dengan mudah. Aplikasi tersebut bernama Infinite Design. Ya, Infinite Design ini memungkinkan penggunanya membuat desain vector yang nantinya hasil ekspor file akan disimpan dalam bentuk SVG dan di kompres ke dalam bentuk EPS.

Bagi kamu yang tidak sabar mencobanya, artikel ini akan memberikan tutorial atau cara upload vector infinite design ke Shutterstock, mulai dari desain, kompres, hingga upload ke Shutterstocknya. Simak baik-baik, ya!

Cara Upload Vector Infinite Design ke Shutterstock

Dalam tutorial ini ada 3 tahap yang perlu dilakukan, yaitu membuat desain di Infinite Design, kompres file di situs cloudconvert, dan upload karya ke Shutterstock.

Desain vector di Infinite Design

Perlu diketahui untuk aplikasi ini berbayar jika ingin menggunakannya. Kamu akan diberi waktu selama satu minggu untuk mencoba masa trial tersebut dan selanjutnya diharuskan membayar untuk membuka fitur yang ada. Dengan nominal 60 ribu + 10% pajak, kamu akan mendapatkan akses seluruh fitur untuk selamanya.
  1. Langkah pertama, buka aplikasi Infinite Design. 
  2. Klik buat "baru" karena dalam hal ini kamu akan membuat vector dengan ukuran yang disesuaikan dari awal.
  3. Kemudian masukkan ukuran yang diinginkan. Perlu diingat bahwa untuk ukuran vector di Shutterstock minimal 2000 px × 2000 px. Sehingga buat saja ukuran menjadi 4000 px × 4000 px. Lalu matikan fitur "tanpa batas" agar ukuran canvas sesuai dengan yang sudah ditentukan tadi.
  4. Setelah itu, buatlah desain vector sesukamu. Ada banyak tools dan menu yang bisa kamu gunakan. Mulai dari tools edit, pensil, cat, menu tambah gambar untuk jiplak, dan lain sebagainya.
  5. Setelah desain vector selesai dibuat, kemudian klik titik tiga di bagian kanan atas dan pilih ekspor.
  6. Simpan desain dalam bentuk SVG karena format ini adalah format untuk vector.
  7. Selesai. 

Convert vector menggunakan situs clouconvert

Mengingat format vector yang di upload harus dalam bentuk EPS, maka file perlu di convert terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut.
  1. Kunjungi situs cloudconvert.com
  2. Pilih format file untuk vector, yaitu format SVG dan pilih format file yang diinginkan, yaitu format EPS.
  3. Kemudian upload file vector yang sudah di buat sebelumnya.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Unduh download button yang tersedia.
  6. Selesai

Upload ke Shutterstock

Setelah file sudah berhasil di convert ke bentuk EPS, maka langkah terakhir adalah menguploadnya ke Shutterstock.
  1. Login atau buat akun shutterstock terlebih dahulu. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan.
  2. Upload file vector yang sudah diubah dalam bentuk EPS tadi pada kolom yang tersedia, kemudian klik next.
  3. Tunggu beberapa saat.
  4. Jika file berhasil di upload dan muncul di bagian submit content maka file vector lulus tahap awal.
  5. Langkah berikutnya isi keterangan mulai dari jenisnya, caption, tag, dan lain sebagainya.
  6. Tunggu beberapa hari sampai proses review selesai dari pihak Shutterstock.
  7. Jika di setujui maka di hasil review akan ada tanda ceklist berwarna hijau dan jika bertanda silang merah maka vector tidak disetujui.
  8. Selesai.

So, gimana? Sekarang sudah bisa kan membuat desain vector hanya dengan menggunakan handphone dan dijual di Shutterstock? Tunggu apalagi, ayo buat desainnya sekarang dan mulailah dapatkan cuan. Tapi ingat, jangan lupa berlangganan ke premium ya untuk menghargai developernya! Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!!