Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetik dengan Suara dan Mengatasi Voice Typing yang Tidak Muncul di Google Docs

Cara Mengetik dengan Suara dan Mengatasi Voice Typing yang Tidak Muncul di Google Docs - Mengetik, kegiatan mengetik banyak ditemui di berbagai kesempatan seperti dalam membalas pesan, menyusun laporan, hingga menulis catatan harian pun sekarang lebih nyaman diketik dalam bentuk dokumen daripada di buku cetak.

Salah satu media yang digunakan dalam mengetik di era sekarang ini adalah Google Documents. Yup, Google Documents merupakan aplikasi pengolah teks yang dirancang oleh Google untuk memudahkan penggunanya membuat tulisan secara online dimanapun dan kapanpun. 

Dari beragam fitur canggihnya, voice typing adalah salah satunya. Mengetik hanya dengan suara bisa dilakukan oleh setiap penggunanya menggunakan Google Docs ini. Pengguna tidak usah repot-repot menggerakan sepuluh jari mereka untuk mengetik, hanya dengan suara maka catatan akan tertempel di dokumen kosong milik Google Documents.

Daripada penasaran, berikut tutorial lengkap mengetik dengan suara di Google Docs yang bisa dipraktekan sendiri, khususnya untuk kamu yang belum mengerti cara mempraktekannya.

Cara Mengetik dengan Suara dan Mengatasi Voice Typing yang Tidak Muncul di Google Docs

Rasa lelah dari aktivitas mengetik berbagai catatan dalam sebuah dokumen membuat keberadaan voice typing di Google Docs ini sangatlah diperlukan. Dengan adanya fitur mengetik dengan suara ini akan memungkinkan 10 jari jemari kamu beristirahat untuk sementara waktu. Namun, ketika dipraktekan ternyata banyak pengguna Google Docs yang tidak bisa menemukan menu voice typing ini.

Bagi kamu yang mengalami kondisi seperti diatas, artikel ini akan memberikan tutorial lengkap mengatasi tools voice typing atau menu mengetik dengan suara yang hilang di Google Docs agar bisa digunakan, dijamin berhasil!

1. Menggunakan Dokumen Resume

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan dokumen resume. Ya, dokumen resume ini berupa dokumen yang sudah ada isinya namun bukan dokumen yang sudah kamu tulis sebelumnya di Google Docs, melainkan dokumen yang kamu pilih sebelum menulis. Berikut tutorial lengkapnya.
  • Pilih dokumen berupa "RESUME". Kamu bisa memilih dokumen resume keduanya karena sama-sama bisa digunakan.
  • Hapus semua catatan yang ada dengan menekan Ctrl + A kemudian hapus.
  • Klik menu tools atau alat lalu pilih tools voice typing atau kamu juga bisa menekan Ctrl + Shift + S untuk memunculkan ikon mikrofon di sebelah kiri dokumen.
  • Setelah muncul ikon mikrofon, lalu tekan atau klik ikon microfon tersebut dan mulailah berbicara.
  • Secara otomatis suara kamu akan dirubah dalam bentuk suara dan sekarang mengetik dengan suara bisa kamu lakukan di Google Docs.

2. Atur Bahasa Akun Google ke English

Cara kedua, kamu bisa merubah terlebih dahulu bahasa pada akun Google kamu ke bahasa Inggris. Hal ini karena ketika bahasa utama yang ada pada akun Google masih Bahasa Indonesia, maka menu voice typing tidak muncul pada blank dokumen. Berikut untuk tutorial lengkapnya
  • Buka pengaturan akun Google kamu, kemudian pilih menu "info pribadi" pada menu bar di sebelah kiri atas atau kamu bisa langsung menekan link https://myaccount.google.com/personal-info
  • Setelah itu, scroll ke bawah sampai menemukan pilihan bahasa, kemudian klik setelan bahasa tersebut. Sebenarnya kamu juga bisa mencari langsung setelan bahasa dengan menuliskan keyword "bahasa" pada kolom pencarian di bagian atas. Ganti bahasa utama ke Bahasa Inggris, terserah menggunakan aksen UK atau US.
  • Sesaat setelah kamu merubah bahasa akun Google kamu, kemudian masuk ke Google Docs dan pilih saja blank dokumen, kamu tidak perlu membuka dokumen resume lagi.
  • Lalu pilih menu tools dan pilih voice typing atau kamu bisa menekan kombisai antara Control + Shift + S.
  • Setelah muncul ikon microfon, ubah terlebih dahulu bahasanya ke bahasa Indonesia. Hal ini agar suara yang kamu ucapkan bisa terdeteksi dalam Bahasa Indonesia.
  • Klik ikon microfon dan mengetik dengan suara bisa kamu lakukan di Google Docs ini.
Gimana? Sekarang menu dikte atau voice typing sudah muncul, kan! Tunggu apalagi, ayo lanjutkan pekerjaanmu. Dijamin mengetik dengan suara di Goole Docs akan membuat pekerjaanmu terasa lebih ringan dan cepat selesai. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa!!