Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Link Grup WA ke Google Form

SC icon
Cara Menambahkan Link Grup WA ke Google Form. Akhir-akhir ini kegiatan seperti webinar atau seminar secara online sedang ramai diadakan oleh berbagai kalangan. Tak hanya pelaksanaannya, proses selama pendaftarannya pun dilakukan serba online. Salah satu media yang populer digunakan adalah Google Formulir.

Kemudahan penggunaan dan cepat dalam pembuatnnya menjadi alasan utama Google Form ini dipilih. Selain itu, Google Form juga langsung terkoneksi dengan Google Drive sehingga formulir akan tersimpan secara otomatis di Drive dan bisa dilihat kapan saja.

Berbicara mengenai kegunaan Google Form sebagai media pendaftaran webinar, Google memiliki fitur yang nantinya pendaftar bisa langsung mengklik link grup WA setelah selesai mengisi formulir pendaftaran secara lengkap. Fungsi grup WA ini biasanya agar para pendaftar bisa mengakses link webinar yang nantinya disediakan oleh panitia penyelenggara melalui grup WA tersebut.

Namun, untuk hal seperti ini masih ada panitia penyelenggara yang belum mengetahui bagaimana memanfaatkan fitur Google Form sebagai tempat untuk menempelkan link grup WA yang sangat berguna untuk kegiatan semacam webinar ini. Atau kamu juga termasuk salah satunya? 

Cara Menambahkan Link Grup WA ke Google Form

Tutorial menambahkan link grup WA ke Google Form

Menambahkan atau menempelkan Link Grup WA di Google Form nyatanya sangatlah mudah. Dengan hal ini kamu tak perlu repot-repot menginput satu persatu nomor HP peserta yang diambil dari isi formulir mereka. 

Pastinya kamu penasaran bukan mengenai bagaimana caranya menambahkan link grup WA ke Google Form? Berikut tutorial lengkapnya untuk kamu. Simak baik-baik, ya!

  1. Pastikan kamu sudah membuat isi dari formulir di Google Form.
  2. Buka menu pengaturan pada Google Form dengan ikon bergambar gerigi. Caranya kamu klik titik tiga pada bagian atas, kemudian pilih setelan.
  3. Setelah diklik, kamu akan diberi pilihan mengenai tiga jenis setelan yaitu setelan umum, presentasi, dan kuis. Klik setelan presentasi.
  4. Setelah diklik, pilih menu paling bawah dengan kalimat "pesan konfirmasi". Isi pada kolom yang tersedia di bawahnya dengan grup WA webinar atau kegiatan serupa yang telah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa menambahkan kalimat ajakan atau ucapan terimakasih yang nantinya disertai dengan potongan link WA grup5. Selesai.


Keuntungan menambahkan link grup WA ke Google Form

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dari menambahkan atau menempelkan link grup WA ke Google Form ini, lho!

1. Tidak ribet

Hal pertama yang pastinya akan kamu dapatkan adalah tidak ribet. Ini sudah pasti karena kamu tak perlu menginput nomor telepon pengisi formulir satu persatu. Hanya dengan menambahkan link grup WA di bagian akhir Google Form, mereka para pengisi form akan secara mandiri mengklik link grup WA tersebut dan langsung join ke grup yang telah disediakan oleh kamu. 

2. Terlihat lebih profesional

Kamu akan dianggap profesional oleh pengisi formulir karena mereka telah mendapatkan kemudahan dalam sistem pendaftaran atau pengisian formulir untuk mengikui kegiatan yang kamu adakan.

3. Hemat waktu

Kamu tidak akan kehilangan banyak waktu hanya untuk menginput satu persatu nomor telepon para pendaftar. Hanya dengan menempel link grup semua masalah input nomor hp ke Grup WA dapat terselesaikan.

So, gimana? Sekarang kamu sudah tahu kan caranya menambahkan link grup WA ke Google Form. Dengan ini kamu tak perlu lagi menginput satu persatu nomor telepon pendaftar webinar yang sangat menguras waktu yang kamu miliki. Semoga bernanfaat dan see you!!