Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Typo di Word Secara Otomatis

Sc icon
Salah penulisan atau yang biasa dikenal dengan typo sering kali kita temui dalam berbagai hal yang berkaitan dengan tulis menulis. Adanya typo ini membuat hasil tulisan yang telah dibuat menjadi terkesan tidak enak dibaca karena ketidaksesuaian dengan KBBI.

Berbicara mengenai typo, masih banyak orang yang tidak peduli akan hal ini. Padahal typo bisa berdampak buruk pada penulis itu sendiri, contohnya dalam pembuatan skripsi, makalah, ataupun pembuatan CV untuk melamar kerja. 

Untuk itu, perlu adanya pengecekan terlebih dahulu pada catatan kita, apakah ada kesalahan atau tidak. Tapi, seringkali kita merasa malas untuk mengecek kesalahan penulisan ini karena terlalu banyak yang harus dicek secara manual.

Nah, untuk memperbaiki typo secara otomatis dan online sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, lho. Hanya dengan sekejap, dijamin kata-kata yang salah tulis secara cepat dan tepat bisa ditemukan. Berikut cara memperbaiki typo secara otomatis.


Cara Memperbaiki Typo di Word Secara Otomatis 

Memperbaiki typo pada file dokumen word nyatanya sangat mudah dilakukan dan kamu tak perlu menggantinya satu persatu.

1. Menggunakan situs Typoonline.com

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan bantuan situs typoonline. Sesuai namanya, situs ini akan membantu kamu dalam mencari potongan kata yang memiliki kesalahan penulisan atau typo yang bisa dilakukan secara online. Berikurt langkah-langkahnya.
  1. Buka mesin pencarian dan ketik typoonline atau typoonline.com
  2. Login atau daftar terlebih dahulu agar bisa menggunakan fitur dari situs ini.
  3. Kemudian ada beberapa pilihan seperti ceķ arti kata, file, text, dan website. Pilih file karena yang akan dicek adalah ketikan dalam dokumen word.
  4. Setelah itu, tekan pada kotak yang tersedia dan sesuaikan dengan format file yang ada.
  5. Setelah memilih, tunggu beberapa saat sampai file di upload dan tampil.
  6. Ketika sudah tampil maka tampilan catatan di word akan seperti dibawah ini, dengan beragam tanda yang menandai adanya typo dan kesalahan lainnya. Warna pink untuk kata yang typo, warna biru untuk kata yang berbahasa Inggris, warna ungu untuk extra database, dan warna merah yang menandakan adanya dobel spasi.
  7. Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah mengunduh file yang sudah disempurnakan tadi.


2. Menggunakan Google Dokumen

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk memperbaiki typo secara otomatis adalah dengan menggunakan google dokumen. Untuk cara kedua perlu menggunakan laptop atau komputer untuk memudahkan dalam perbaikan. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke google drive terlebih dahulu dengan mengetikan keyword google drive di mesin pencarian.
  2. Setelah itu pilih file yang ingin kamu cek untuk mengetahui kata-kata yang typo. Usahakan file sebelumnya sudah di upload ke google drive.
  3. Buka file tersebut dengan menggunakan google dokumen.
  4. Pilih menu alat.
  5. Pilih ejaan dan tata bahasa, kemudian pilih pemeriksaan ejaan dan tata bahasa.
  6. Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak kecil yang berisi kata-kata yang typo.
  7. Klik terima untuk mengganti kata yang salah atau abaikan jika tidak perlu diganti.
  8. Unduh file yang telah selesai diperbaiki dengan mengklik menu file kemudian klik download. Pilih dalam bentuk doc atau pdf.
  9. Selesai.

Jadi, gimana? Sekarang memperbaiki typo dalam catatan atau hasil tulisan kamu sangat mudah, bukan? Jangan lupa untuk membiasakan pengecekan hasil tulisan kamu, ya, agar nanti tidak terjadi kesalahan setelah selesai pengerjaan. Semoga bermanfaat dan see you!!