Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Negara Scandinavia dan Nordik

Unsplash
Istilah Scandinavia dan Nordik pastinya pernah kita dengar atau baca dalam beberapa kesempatan. Bagi yang suka mencari gaya interior rumah pastinya tidak asing lagi karena gaya rumah Scandinavia dan Nordik ini sangatlah populer. Begitu pula bagi yang menyukai sejarah, pastinya tahu kalau bangsa Viking berasal dari Scandinavia.

Tapi, apakah diantara kita tahu stilah Scandinavia dan Nordik merujuk pada negara mana? Bagi yang belum tahu pastinya penasaran, bukan! Tenang, tidak perlu khawatir karena kita berada di tempat yang tepat untuk menemukan jawabannya. 

Negara Scandinavia dan Nordik, Beda Atau Sama?

Wilayah Eropa Utara terdiri dari lima negara, yaitu Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Islandia ditambah dengan beberapa daerah otonomi regional. Dari kelima negara inilah muncul pertanyaan negara mana saja yang tergabung dalam kawasan Scandinavia dan Nordik. 

Bagi kita yang bukan berasal dari ke lima negara diatas pastinya akan merasa bersalah jika saling bersilang pendapat di depan orang Eropa Utara. Padahal konsep negara Scandinavia dan Nordik ini sangatlah mudah untuk kita pahami.

Awalnya, dulu wilayah Semenanjung Scandinavia yang merupakan wilayah di Eropa Utara terdiri dari tiga kerajaan besar yaitu Swedia, Norwegia, dan Denmark. Ketiga kerajaan besar inilah yang disebut sebagai Negara Scandinavia atau negara di kawasan Scandinavia. 

Kemudian, suatu ketika Swedia pecah menjadi 2 negara yaitu Swedia dan Finlandia. Denmark pecah menjadi Islandia, Estonia, Latvia, dan Lithuania. Namun, negara hasil pecahan dari Swedia dan Denmark ini tak masuk dalam wilayah Scandinavia karena memiliki beberapa perbedaan dari segi bahasa, musik, dan budaya lainnya.

Negara Islandia dan Finlandia ini nantinya tergabung sebagai negara Nordik, di mana kata Nordik adalah sebutan dari orang Perancis untuk menyatukan beberapa negara di Eropa Utara. Sedangkan Estonia, Latvia, dan Lithuania tergabung ke dalam negara Baltic yang mana bukan bagian dari negara Scandinavia maupun Nordik

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa negara Nordik adalah keseluruhan negara di Eropa Utara. Sehingga dapat disimpulkan bahwa negara Nordik adalah 5 negara ditambah beberapa daerah otonomi regional di Eropa Utara dengan rincian sebagai berikut.
  • Swedia
  • Denmark
  • Norwegia
  • Islandia
  • Finlandia
  • Greenland (Denmark)
  • Faroe Island (Denmark)
  • Aland Island (Finlandia)
  • Svalbard (Norwegia)
Jadi, singkatnya semua negara Scandinavia adalah negara Nordik, tetapi tidak semua negara Nordik adalah negara Scandinavia. 

Keunikan Negara Scandinavia dan Nordik

Setelah kita mengetahui negara mana saja yang tergabung dalam Negara Scandinavia dan Nordik, selanjutnya kita akan mengetahui apa saja keunikan dari negara di wilayah Eropa Utara ini. 

1. Memiliki bendera dengan pola yang sama

Jika kita melihat negara Eropa Utara secara umum, maka kita akan melihat kesamaan pada pola bendera mereka, yaitu pola Salib di tengahnya. Pola Salib dan warna yang cerah ini melambangkan agama Kristen yang menjadi agama mayoritas disana dan sudah mengakar kuat di antara masyarakatnya.

2. Negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia

Daftar negara paling bahagia di dunia pada tahun 2021 telah diliris melalui laporan tahunan World Happiness Report milik United Nation. Hasilnya adalah kelima negara Eropa Utara ini masuk 10 besar.

Di urutan kesatu sampai ketiga secara kompak diisi oleh negara-negara Nordik. Di mana Finlandia menempati posisi pertama secara beruntun selama empat tahun.

Kemudian disusul Islandia dan Denmark di posisi kedua dan ketiga. Sedangkan Swedia berada di posisi keenam dan Norwegia diposisi kedelapan.

Hal ini membuktikan bahwa kehidupan disana penuh dengan ketenangan dan minim adanya konflik. Sehingga tak ayal Negara Nordik ini menjadi destinasi wisata para pelancong untuk menikmati ketenangan dan kebahagiaan.

3. Destinasi wisata yang memukau

Destinasi wisata negara-negara Nordik tidak perlu diragukan lagi. Wisata alam maupun sejarah dapat dengan mudah ditemukan di negara Nordik ini.

Norwegia dengan Kepulauan Lofoten yang memungkinkan pengunjungnya melihat aurora disana. Denmark dengan museum nasionalnya yang menakjubkan di mana pengunjungnya bisa melihat artefak Viking yang syarat akan sejarah.

Destinasi wisata negara Nordik lainnya pun tidak kalah bagusnya dan wajib dikunjungi ketika berwisata ke negara di kawasan Eropa Utara ini, seperti Islandia dengan Peninsula Snaefellsness yang menakjubkan.

Finlandia dengan benteng bersejarah Soumenlinna, dan Swedia dengan Nobel Museum yang memungkinkan pengunjung melihat informasi mengenai siapa saja yang meraih penghargaan Nobel dunia.

So, gimana? Sekarang sudah tahu kan arti dari negara Scandinavia dan Nordik. Kalau sudah tahu, waktunya mengunjunginya, bukan! Pokoknya nggak bakalan nyesel deh kalo kesana, asal banyak duitnya, hehehe. Semoga informasi ini bermanfaat. See you!!