Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Edit Foto Menjadi Bergerak Menggunakan Aplikasi Capcut

Belakangan ini banyak konten di Tiktok dan Instagram yang memperlihatkan video yang di dalamnya berisi kumpulan foto yang dapat bergerak. Hal ini tentunya sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya.

Nah, bagi kamu yang tertarik, sebenarnya tutorial atau cara edit foto menjadi bergerak sangatlah mudah. Bahkan kamu bisa membuat foto kamu menjadi bergerak meskipun kamu seorang pemula.

Penasaran bagaimana caranya merubah foto menjadi bergerak? Kalau iya, simak tutorial di bawah ini agar kamu bisa membuat fotomu menjadi bergerak.

Cara Edit Foto Menjadi Bergerak Menggunakan Aplikasi Capcut

Aplikasi Capcut adalah aplikasi edit video yang akhir-akhir ini banyak digunakan oleh para konten kreator video terutama di Instagram dan Tiktok. Aplikasi Capcut ini memiliki berbagai fitur edit video seperti menambahkan lagu, filter video, text, stiker, dan lain sebagainya.

Salah satu fitur yang sekarang sedang booming adalah fitur yang mampu membuat foto menjadi bergerak. Dengan fitur ini, foto yang awalnya diam akan menjadi begerak seolah-olah seperti video. 

Berikut tutorial atau cara edit foto menjadi bergerak menggunakan aplikasi Capcut.

1. Install dan buka aplikasi Capcut

Karena editnya menggunakan aplikasi Capcut, maka langkah pertama adalah install terlebih dahulu aplikasi Capcut jika belum memiliki aplikasinya. Setelah itu buka aplikasi Capcutnya di HP kamu. 


2. Klik proyek baru

Setelah kamu membuka aplikasinya, kamu akan dihadapkan pada pilihan menu untuk membuat proyek baru. Klik menu tersebut sebagai tahap awal edit foto yang kamu miliki.

3. Pilih foto yang ingin kamu edit

Setelah mengklik menu proyek baru, kamu akan diarahkan pada pilihan untuk memilih video atau foto untuk proyek kamu. Klik foto karena untuk membuat foto yang bergerak tentunya membutuhkan kumpulan foto bukan video. 

Kemudian pilihlah foto kamu dan usahakan foto yang kamu gunakan adalah foto orang, binatang ataupun karakter kartun/anime yang memiliki fokus pada satu objek dan objek menghadap ke samping atau sedikit serong.

4. Klik foto dan pilih menu gaya

Setelah kamu masuk ke bagian editing, klik satu persatu foto yang kamu pilih, kemudian klik menu gaya pada bagian bawah dengan icon bergambar kotak kubus.

5. Klik gaya perbesaran 3D

Selanjutnya klik gaya perbesaran 3D diantara banyaknya gaya yang ada untuk merubah foto biasa kamu menjadi bergerak.

6. Tunggu beberapa saat sampai selesai memproses

7. Ekspor video 

Setelah itu ekspor atau simpan video. Kamu bisa mengatur resolusi dari video yang telah kamu edit sebelumnya dengan resolusi mulai dari 480p, 720p, hingga 1080p. Kamu juga bisa mengatur bingkai video mulai dr 24 hingga 60.

So, gimana? Sekarang sudah tahu caranya membuat foto biasa kamu menjadi bergerak kan! Tunggu apalagi, siapkan foto favorit kamu, edit, dan share ke Tiktok dan Instagram. Semoga tutorial ini bermanfaat dan selamat mencoba. See you.