Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Channel Youtube untuk Mendengarkan Musik Lo-Fi

Seiring perkembangan zaman, perkembangan musik juga ikut berkembang dan memunculkan beragam jenis musik baru yang enak untuk di dengar. Salah satunya adalah musik jenis lo-fi.

Lo-fi sendiri adalah singkatan dari low fidelity yang artinya musik yang diproduksi dengan kualitas rendah. Jika dikatakan sebagai aliran musik pun lo-fi bukanlah sebuah aliran musik karena tercipta dalam ketidaksempurnaan.

Belakangan ini musik berjenis lo-fi sedang naik daun di kalangan pecinta musik, terutama kalangan muda. Tempo musik yang santai dan rileks membuat siapa saja yang mendengarnya seperti mendapatkan relaksasi di kepala mereka. 

Hal yang membuat musik lo-fi ini menarik dan mungkin tidak ditemukan di aliran musik lainnya adalah suara-suara yang dihasilkan berasal dari suara-suara yang diambil dari kehidupan sehari-hari. Contohnya suara tetesan air, kicauan burung, percakapan yang tidak jelas, suara kayu yang terbakar, anak kecil yang sedang bermain dan lain sebagainya.

Untuk bisa menikmati musik lo-fi pun sekarang sangatlah mudah. Banyak channel Youtube yang telah menyediakan beragam jenis konten musik lo-fi yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Berikut Channel Youtube yang bisa menjadi pilihan kamu untuk mendengarkan musik lo-fi.

7 Channel Youtube untuk Mendengarkan Musik Lo-Fi

1. Lofi Girl

Channel Youtube pertama yang dapat kamu kunjungi untuk mendengarkan musik lo-fi adalah Lofi Girl. Sesuai dengan namanya, channel ini memiliki profil dengan gambar kartun seorang gadis yang sedang belajar sembari mendengarkan musik dengan ditemani seekor kucing disebelahnya.

Layanan streaming lo-fi radio menjadi andalan dari channel yang memiliki 8 juta subscriber ini. Layanan ini sangat membantu para pendengarnya untuk mendapatkan sebuah ketenangan, terutama pelajar yang ingin fokus dalam belajarnya.

Selain layanan streaming-nya, channel ini juga selalu menyediakan konten-konten musik lo-fi fresh setiap minggunya. Sudah ada 298 konten video yang diunggah oleh channel ini semenjak artikel ini dibuat. 

2. Chillhop Music

Kedua ada Chillhop Music. Channel dengan subscriber mencapai 3 juta lebih ini juga menyediakan layanan lo-fi radio dan konten video musik yang sudah di upload sebanyak 500 video lebih. Uniknya, setiap musim channel ini akan mengupload video khusus berdurasi satu hingga dua jam yang berisi musik lo-fi untuk para penggemarnya.

Channel dengan maskot rakun ini cocok untuk kamu kunjungi bila ingin mendapatkan ketenangan dan rasa rileks. Selain itu, lagu-lagunya pun sangat pas sebagai pengantar tidur dan untuk menemani kamu dalam belajar.

3. Dreamy

Ketiga ada Dreamy. Untuk kamu yang menyukai lo-fi dengan durasi lama, channel ini cocok untuk kamu kunjungi. Durasi yang hampir satu jam di setiap videonya akan membuat kamu merasa lebih puas dalam menikmati
 ketenangan di setiap detik dari musik lo-fi yang diputar oleh channel ini.

Dengan 118 video dan 698 ribu pengikut menandakan channel ini sudah dikenal oleh banyak orang dan menjadi langganan pecinta musik lo-fi. Mungkin kamu yang selanjutnya.

4. The Bootleg Boy

Kalau kamu pernah mendengar lagu Kina berjudul Can We Kiss Forever yang pernah booming dan dijadikan playlist favorit para pecinta musik, berarti kamu tahu channel yang satu ini. Ya, channel ini bernama The Bootleg Boy.

Channel ini berisi kumpulan lagu yang dirubah ke dalam musik lo-fi yang enak untuk di dengar. Namun, kebanyakan kamu akan menikmati lagu dengan durasi yang singkat yaitu sekitar 1 hingga 2 menit saja. Tapi jangan khawatir, kamu juga masih bisa menemukan banyak musik lo-fi disini dengan durasi yang lebih lama.

5. Gustixa

Channel yang memiliki 500 ribu subsriber lebih ini mengusung tema remix lagu yang populer di kalangan pecinta musik dengan vibes lo-fi. Jadi, suasana santai dan rileks akan kamu dapatkan ketika mendengar lagu-lagu dari channel ini.

Ada banyak lagu-lagu populer yang berhasil di remix oleh konten kreator dari Indonesia ini, lagu-lagu seperti Lemon Tree, Fly Me To The Moon, Play Date, Fallen Kingdom adalah sebagian kecil lagu yang telah sukses memikat hati pendengarnya, baik dari dalam dan luar negeri.

Adanya remix lagu dengan tempo lo-fi ini nyatanya banyak disambut hangat oleh pecinta musik karena di satu sisi penikmat bisa menikmati musik favoritnya dan di satu sisi pula bisa mendapatkan suasana rileks dan tenang.

6. LoFIndo

Sama seperti Gustixa, LoFIndo juga menyajikan lagu remix lo-fi yang diambil dari lagu-lagu yang sering di dengar oleh para penikmat musik. Sesuai namanya, akun dari channel ini merupakan channel yang berasal dari Indonesia sehingga lagu-lagu remix-nya pun tidak asing di telinga penggemarnya.

Channel ini memiliki 31 ribu lebih subscriber dengan 26 lagu remix yang bisa dinikmati. Menariknya kamu akan menemukan lagu seperti Tombo Ati dan shalawat I'tiraf yang diubah ke dalam vibes lagu-lagu lo-fi. Sungguh keren bukan!

7. Alphasvara

Terakhir ada Alphasvara yang juga seorang youtuber dari Indonesia dengan konten remix lo-fi nya. Alphasvara telah memiliki 61 ribu lebih subcriber dengan 125 konten lagu yang telah berhasil dia remix ke dalam musik lo-fi.

Bagi kamu yang ingin mendengarkan lagu-lagu lokal versi lo-fi, channel ini sangat cocok untuk dikunjungi karena mayoritas lagu yang berhasil di remix adalah lagu-lagu lokal populer dari penyanyi terkenal di Indonesia, seperti Kunto Aji, Nadin Amizah, Pamungkas, Ardhito, dan masih banyak lagi.

So, gimana? Apakah sudah merasakan ketenangan dari mendengarkan musik versi lo-fi? Tunggu apalagi, buka channel diatas disaat kamu membutuhkan ketenangan, ya! Tak hanya itu, kamu juga akan lebih fokus dalam belajar jika mendengarkan musik lo-fi ini. Keren bukan! Semoga info ini bermanfaat buat kamu dan tetap semangat. See you