Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Istilah Dalam Dunia Perkuliahan yang Wajib Diketahui

Sebagai seorang mahasiswa baru, tentunya banyak istilah-istilah yang asing di telinga mereka ketika masuk ke dunia perkuliahan. Untuk itu, mahasiswa baru perlu tahu istilah-istilah tersebut agar nantinya dalam perkuliahan tidak bingung ketika ditanya dengan pertanyaan yang berkaitan dengan istilah asing tersebut.

Untuk kamu yang merupakan mahasiswa baru jangan khawatir, artikel ini akan membahas beberapa istilah yang akan sering kamu temui di perkuliahan. Berikut 18 istilah yang familiar ditemui di dunia perkuliahan yang wajib kamu pahami.

18 Istilah Dalam Dunia Perkuliahan yang Wajib Diketahui

1. SKS

Apa itu SKS? Sistem Kebut Semalam? Atau senjata di game battle royale? Salah! SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester yang merupakan bobot dari setiap mata kuliah. Jadi, nantinya mahasiswa harus mendapatkan total SKS tertentu sebagai syarat kelulusan.

Jumlah SKS dari setiap mata kuliah pun beragam, ada yang 2 SKS, 3 SKS, dan 6 SKS. Jumlah SKS yang diambil pun biasanya beragam setiap semesternya tergantung IP yang di dapat pada semester sebelumnya.

Jika setiap semester mahasiswa memiliki IP yang bagus, maka boleh mengambil banyak SKS dan biasanya maksimal SKS yang boleh diambil adalah 24 SKS. Kebebasan mengambil jumlah SKS berlaku untuk semester 2 atau 3 keatas karena di semester awal SKS sudah ditentukan oleh pihak kampus atau masih paketan.

2. KTM

KTM adalah singkatan dari Kartu Tanda Mahasiswa yang merupakan alat identitas diri yang menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut adalah bagian dari suatu perguruan tinggi. 

KTM ini biasanya digunakan sebagai alat mengurus keperluan administrasi di kampus, meminjam buku di perpustakaan, dan sekarang banyak perguruan tinggi yang menjadikan KTM ini sebagai alat transaksi layaknya kartu ATM.

3. KRS

Kartu Rencana Studi (KRS) ini berisi tentang mata kuliah akan diambil pada semester selanjutnya. Biasanya pengisian KRS ini dilakukan pada saat akan memasuki semester baru.

Kamu boleh menentukan mata kuliah yang akan kamu ambil di semester selanjutnya dengan syarat kamu memenuhi nilai IP yang kamu dapat di semester sebelumnya. Misalnya, kamu berhak mengambil 24 SKS di semester selanjutnya asal kamu memiliki IP diatas 3 pada semester tersebut.

Tapi alangkah baiknya kamu konsultasikan dengan dosen pembimbing akademik kamu untuk menentukan langkah kamu ke depannya agar kamu tak salah pilih jalan.

4. KHS

KHS merupakan singkatan dari Kartu Hasil Studi. Jika diibaratkan, KHS ini semacam raport yang didapat ketika SMA. Jadi, KHS ini berisi laporan nilai kamu selama satu semester dari mata kuliah yang telah kamu ambil sebelumnya.

5. IP

Indeks Prestasi (IP) merupakan rata-rata nilai yang didapat oleh mahasiswa di setiap semesternya. Rentang nilainya antar 0 sampai 4. Untuk penghitungan IP ini adalah komponen nilai di setiap matkul dikali presentase penilaian, kemudian dikali dengan jumlah SKS nya.

6. IPK

Indeks Prestasi Kumulatif merupakan rata-rata dari keseluruhan nilai IP semester awal hingga semester akhir mahasiswa menempuh perkuliahan. 

7. PA

PA adalah singkatan dari Pembimbing Akademik. Dosen PA ini akan membimbing mahasiswanya dalam menjalani perkuliahan, mulai dari membimbing mengenak mata kuliah yang diambil dan memberikan masukan-masukan kepada mahasiswa bimbingannya ketika mengalami kesulitan.

8. Kaprodi/Kajur

Kaprodi (Kepala Program Studi) atau Kajur (Ketua Jurusan) merupakan pimpinan yang memiliki tanggung jawab atas program dan perkembangan atas jurusan yang dipimpinnya.

9. Rektor

Rektor adalah pimpinan tertinggi di suatu kampus. Jadi singkatnya seorang rektor ini diibaratkan sebagai seorang presiden di kampus.

10. Dekan

Berbeda dengan rektor, dekan merupakan pimpinan dari sebuah fakultas atau singkatnya merupakan seorang gubernur dalam tingkatan di pemerintahan.

11. HIMA

Hima merupakan singkatan dari himpunan mahasiswa yang merupakan organisasi dari sebuah jurusan. Hima ini berada di bawah pengawasan BEM.

12. UKM

UKM adalah singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang merupakan himpunan atau organisasi di luar organisasi jurusan. UKM berisi kumpulan mahasiswa dari berbagai jurusan dengan kepentingan yang sama, misalnya UKM Olahraga berarti yang tergabung disana adalah mahasiswa yang memiliki minat terhadap olahraga.

UKM ini ada di tingkat fakultas dan universitas. Untuk tingkat fakultas diperuntukkan bagi mahasiswa fakultas tertentu saja, sedangkan UKM tingkat universitas diperuntukan bagi seluruh mahasiswa yang berasal dari universitas tersebut.

13. BEM

Pastinya sudah banyak yang tahu dengan yang satu ini. Ya, BEM yang merupakan singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa. Jika di tingkat SMA kamu kenal dengan yang namanya OSIS, maka di perkuliahan kamu akan bertemu dengan BEM. BEM ini ada di tingkat fakultas dan universitas.

14. DLM/DEMA

DLM (Dewan Legislatif Mahasiswa) atau DEMA (Dewan Mahasiswa) adalah badan yang memiliki fungsi seperti menampung aspirasi dari para mahasisw, mengawasi kegiatan dan kebijakan yang dibuat oleh BEM. Jika diibaratkan, DLM ini setara dengan DPR yang ada di sistem pemerintahan.

15. KKN

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi dengan mengirimkan para mahasiswanya ke berbagai penjuru daerah yang nantinya mengabdi di tempat yang mereka tinggal selama 1 hingga 2 bulan.

Mereka para mahasiswa akan membuat sebuah program dengan tujuan membangun atau memajukan masyarakata sekitar dengab ilmu yang telah dimiliki sebelumnya.

16. Tugas Akhir

TA atau Tugas Akhir merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa dari hasil penelitiannya yang merupakan syarat kelulusan. Untuk jenjang S1 tugas akhir disebut dengan Skripsi, S2 sebagai Thesis, dan S3 diberi nama Disertasi.

17. Wisuda

Wisuda adalah tahapan akhir dari perkuliahan. Dapat dikatan wisuda ini adalah kelulusan bagi mahasiswa dan wisuda adalah awal dari mahasiswa menjalani kehidupan yang sebenarnya.

18. Cum Laude

Cum Laude berasal dari bahasa Latin yang artinya "dengan pujian". Jadi, ketika mahasiswa mendapatkan predikat Cum Laude berarti mahasiswa tersebut lulus dengan nilai yang memuaskan. 

So, gimana? Sekarang sudah tahu istilah-istilahnya apa saja kan? Nyatanya enggak serumit memahami soal matematika, bukan! Semoga bermanfaat dan see you!!

Berlangganan via Email