Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Mahasiswa Ambisius Dianggap Negatif? Ketahuilah Faktanya!

Ambisius. Ya, ambisius adalah kondisi seseorang yang berkeinginan keras mencapai sesuatu, baik itu harapan atau cita-cita. Dalam dunia perkuliahan tentunya istilah mahasiswa ambisius sudah tidak asing lagi di telinga para mahasiswa. 

Istilah ambisius ini biasanya diberikan kepada mereka yang begitu aktif di dalam perkuliahan. Namun, pada kenyataannya istilah ambisius dianggap sebagai konotasi yang negatif. Banyak yang beranggapan mereka yang ambisius adalah mahasiswa yang haus akan nilai, caper ke dosen, dan dinilai egois.

Tapi, alangkah baiknya kita melihat makna ambisius dari sisi yang positif agar kita tahu bahwa menjadi orang yang ambisius adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap orang, tak terkecuali seorang mahasiswa yang sedang berusaha untuk meraih masa depan. Berikut hal yang harus diketahui mengapa menjadi mahasiswa ambisius bukanlah suatu hal yang negatif untuk dilakukan oleh seorang mahasiswa.

Menjadi Mahasiswa Ambis Dianggap Negatif? Ketahuilah Faktanya!

Menjadi yang terbaik adalah keinginan semua orang

Unsplash
Siapa sih yang enggak mau menjadi yang terbaik diantara yang lain? Semua orang pasti menginginkannya bukan. Prinsip inilah dipegang oleh mahasiswa ambis kenapa mereka bisa begitu aktif dan rajin dalam perkuliahan. Mereka akan selalu berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkan nilai yang bagus agar bisa menjadi yang terbaik diantara teman-temannya.

Ada harapan orang tua akan masa depan anaknya

Unsplash
Banyak orang tua yang menguliahkan anak-anaknya dengan harapan agar mereka bisa memperoleh pekerjaan yang mapan dan kehidupan yang lebih baik daripada dirinya. Dari harapan itu juga terselip pesan agar anak-anaknya belajar dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan nilai yang bagus dalam perkuliahannya. 
Sehingga banyak mahasiswa yang menjadi lebih rajin dan aktif dalam perkuliahannya dengan harapan mendapakan nilai yang bagus agar orang tuanya merasa bangga dengan apa yang capai oleh anaknya.

Bangku perkuliahan adalah jenjang terakhir menempuh pendidikan formal. Jadi, maksimalkanlah!

Unsplash
Banyak mahasiswa yang menjawab bahwa mereka melanjutkan kuliah agar suatu saat bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Jawaban ini memang benar adanya dan tentunya mahasiswa yang sadar akan hal ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi ini.
Maka tak hayal menjadi mahasiswa yang ambisius salah satunya di dasari bahwa masa kuliah adalah jalan mendapatkan suatu pekerjaan. Sehingga mereka akan mencari ilmu dengan penuh semangat untuk bekal masa depan. 

Teman saja bisa sukses, masa kita diam ditempat?

Unsplash
Melihat teman-teman seumuran sudah meraih kesuksesan rasanya membuat iri hati dan tentunya ingin menjadi seperti mereka. Hal inilah yang membuat banyak mahasiswa termotivasi untuk bisa sukses seperti teman-temannya. Adanya motivasi inilah yang mendorong mahasiswa semangat untuk menjalani kuliah dengan penuh ambisius dalam menuntut ilmu agar kelak bisa menjadi pribadi yang sukses seperti teman-temannya.

Mahasiswa adalah agen perubahan, masa mau jadi mahasiswa pemalas?

Unsplash
Banyak orang beranggapan bahwa mahasiswa adalah generasi harapan yang mampu memberikan perubahan ke arah yang lebih baik. Mereka harus dituntut untuk dapat menciptakan sebuah kondisi kehidupan yang berorintasi ke masa depan melalui pemikiran-pemikiran intelektual yang dimilikinya.
 
Tentunya ini adalah amanat yang begitu besar yang harus diemban oleh setiap mahasiswa. Maka dari itu, agar dapat merealisasikan itu semua, hal yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa memiliki ambisi atau semangat yang tinggi dalam menjalani perkuliahannya.

Anggapan sebagai agen perubahan inilah yang membuat mahasiswa harus berani dan kritis terhadap apa yang tengah terjadi di sekitar mereka. Sehingga menjadi mahasiswa yang ambisius adalah langkah yang harus diambil oleh setiap mahasiswa.

Jadi, setelah membaca penjelasan diatas apakah "cap" mahasiswa ambisius masih dianggap sebagai hal yang negatif? Ketahuilah bahwa ketika kita ingin memperoleh sebuah harapan atau cita-cita, maka kita harus berusaha dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Semua itu butuh proses dan tindakan, bukan menjadi orang yang diam ditempat dan menyalahkan keadaan.