Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa

Perkembangan zaman yang semakin modern membuat kehidupan manusia tidak lepas dengan keberadaan teknologi. Salah satu teknologi yang sekarang dapat dikatakan menjadi bagian sehari-hari kita semua adalah handphone atau yang dikenal dengan smartphone. Ya, bukan tidak mungkin, adanya smarthpone telah membuat segalanya lebih mudah.

Berbicara mengenai unsur kegunaan, smartphone sangatlah membantu kita semua dalam berbagai hal, salah satunya dalam membantu kegiatan akademik. Nah, bagi kamu para mahasiswa khususnya, adanya smartphone pastinya sangat membantu kamu dalam berbagai hal, seperti untuk mengetik tugas, edit makalah, membuat video dan sebagainya.

Tentunya agar dapat digunakan dengan baik, pemilihan aplikasi juga harus diperhatikan agar smartphone bisa dijadikan sebagai penunjang kegiatan akademik kamu sebagai mahasiswa. Berikut beberapa aplikasi yang dapat di pasang di smartphone kamu agar kegiatan akademik kamu jadi lebih mudah.

6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa

1. WPS Office + PDF

Sebagai mahasiswa pasti erat kaitannya dengan makalah, presentasi, dan tugas-tugas yang mengharuskan mencatatnya dalam bentukan softfile. Tentunya keberadaan aplikasi penjunjang sangatlah dibutuhkan oleh mahasiswa di dalam smartphone nya.
Nah, agar dapat memudahkan kamu, aplikasi WPS Office + PDF merupakan aplikasi yang tepat untuk kamu miliki. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa membuat catatan baru, mengedit, dan membaca dokumen yang di dapat dari dosen atau teman kamu.

2. CamScanner

Apakah kamu pernah mendapat tugas yang mengharuskan hasil catatan kamu dijadikan dalam bentuk PDF? Kalau iya, dan kamu tidak ingin ribet men convert foto tugas kamu melalui internet, kamu bisa memanfaatkan aplikasi CamScanner. Ya, sesuai namanya, aplikasi CamScanner dapat membantu kamu untuk men-scan  hasil foto kamu ke dalam format PDF hanya dengan aplikasi yang satu ini. 

Caranya mudah, kamu tinggal menyiapkan foto yang sudah diambil sebelumnya dan jika belum, kamu juga bisa memotretnya melalui aplikasinya langsung. Setelah itu, pilih foto yang akan dijadikan PDF. Setelah dipilih nanti tunggu beberapa saat dan setelah selesai di scan nanti foto akan berubah secara otomatis menjadi bentuk dokumen PDF. Cukup mudah bukan!

3. Canva

Ingin membuat konten kreatif dan bermanfaat selama menjadi mahasiswa? Aplikasi Canva cocok untuk kamu yang memiliki kemauan untuk berkreasi. Canva merupakan aplikasi yang membuat penggunanya bebas bekreasi semaksimal mungkin. Dengan Canva, kamu bisa membuat pamflet, poster, kartu ucapan, konten instagram yang bermanfaat dan bisa pula digunakan untuk berkreasi dalam menyusun tugas perkuliahan agar lebih menarik.

Tentunya keberadaan aplikasi Canva ini sangatlah mendukung kreativitas mahasiswa tanpa harus ribet menggunakan Corel Draw atau sejenisnya yang harus menggunakan laptop dalam pengoperasiannya. Sehingga Canva banyak diminati oleh mahasiswa untuk menuangkan kreativitasnya. Bagi kamu yang penasaran, bisa saja dicoba dan siapa tahu membuat kamu lebih kreatif dalam berkreasi.

 4. Google Translate atau Kamus Online

Kamu sebagai mahasiswa pastinya pernah merasakan kesulitan dalam menerjemahkan kalimat berbahasa Inggris yang ada di dalam materi yang diberikan dosen, bukan? Tentunya itu sangat mengganggu proses belajarmu. Maka dari itu, keberadaan sebuah kamus akan membantu kamu menerjemahkannya.

Ya, di zaman yang serba modern ini, kamus juga bertransformasi menjadi sebuah aplikasi yang bisa kamu akses di smartphone kamu tentunya. Dengan membuka kamus dalam bentuk aplikasi, hal ini akan lebih efektif dan efisien.Kamu bisa memanfaatkan beragam jenis aplikasi seperti google translate, aplikasi Kamusku, Udictionary, dan aplikasi lainnya yang serupa.

5. KBBI

Aplikasi selanjutnya yang perlu kamu miliki sebagai seorang mahasiswa adalah KBBI. Ya, Kamus Besar Besar Bahasa Indonesia atau yang lebih dikenal dengan KBBI ini adalah alat untuk mengetahui arti dari sebuah kata dan untuk mencari apakah kata yang dipakai sudah benar penulisannya atau belum. Sebagai seorang mahasiswa yang rutinitasnya adalah mencari ilmu, tentunya sering menemukan kata-kata asing yang belum dipahami, sehingga memiliki aplikasi KBBI di smartphone adalah sebuah keharusan. 

6. iPusnas

Kamu kesulitan menemukan buku referensi perkuliahan? Tenang saja, sekarang Perpustakaan Digital Nasional menyediakan beragam ebook untuk kamu yang membutuhkan. Dengan adanya iPusnas yang tersedia dalam bentuk aplikasi, kamu dapat dengan mudah memperoleh referensi dari iPusnas ini dimanapun dan kapanpun. 

Kamu bisa menemukan beragam jenis referensi ebook seperti buku ekonomi, sejarah, buku fiksi, puisi dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya dan registrasi menggunakan email atau facebook agar bisa masuk ke dalam iPusnas. Setelah itu kamu bisa mengakses ebook dengan gratis tanpa dipungut biaya, sungguh mudah bukan.

Itulah 6 aplikasi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa agar proses perkuliahan terasa lebih mudah dan praktis. Keberadaan aplikasi diatas tentunya sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dan diharapkan banyak mahasiswa yang merasa terbantu dengan adanya aplikasi tersebut dan kedepannya juga diharapkan muncul beragam aplikasi yang bermanfaat dalam dunia pendidikan.