Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menguasai Materi Presentasi dengan Mudah dan Cepat

Unsplash
Adanya kurikulum 2013 tentunya mahasiswa harus dituntut lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Salah satu cara atau metode yang bisa dosen terapkan adalah menggunakan metode presentasi. Mungkin metode presentasi ini sudah menjadi makanan tiap mingg bagi mahasiswa dan bahkan satu hari perkuliahan bisa sampai lebih dari 1 kali untuk mempresentasikan materi.

Berbicara mengenai presentasi tentunya tidak terlepas dengan kerja kelompok, membagi materi, dan mempresentasikannya di dalam kelas secara berurutan. Setiap mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai materi yang mereka dapat agar nantinya materi yang mereka sampaikan ke teman-temannya dapat dengan mudah dipahami. 

Namun, seringkali ada saja mahasiswa yang sulit untuk memahami materi mereka yang nantinya akan di presentasikan. Alhasil ketika presentasi teman-temannya tidak bisa mencerna materi yang dibawakan dan hal ini bisa berdampak pada pribadi mahasiswa yang gagal menguasai materi tersebut selama proses presentasi berlangsung, seperti nilai yang didapat jelek baik nilai untuk pribadi atau nilai kelompok dari dosen yang mengajar.

Banyak faktor yang mempengaruhi seorang mahasiswa tidak mampu menguasai materi prrsentasinya seperti terlalu banyaknya materi, kurang fokus, dan tidak belajar sebelum presentasi dimulai. Untuk itu, diperlukan cara yang bisa mengatasi kesulitan tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan bagi kamu yang kesulitan menguasai materi selama presentasi berlangsung.

Tips Menguasai Materi Presentasi dengan Mudah dan Cepat

1. Tentukan kata kunci

Unsplash
Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan kata kunci dari materi yang kamu bawakan. Ini penting karena dengan kamu menetukan kata kunci, materi yang kamu pelajari lebih terperinci dan kamu bisa lebih fokus dengan materi yang kamu bawakan nantinya. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan kata kunci adalah dengan memilih kata yang menjadi inti sebuah materi. 
Misalkan saja dalam hal pengertian, kamu cukup memilih beberapa kata yang sekiranya sudah mewakili arti dari pengertian tersebut. Ketika kamu sudah menentukan kata kunci, kamu tinggal mengimproviasi kata yang penting tersebut dengan tambahan kalimat sesuai bahasa kamu sendiri.

2. Gunakan jembatan keledai

Jika kamu mempelajari materi yang hendak kamu presentasikan dan materi tersebut terdiri dari poin-poin, maka cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan jembatan keledai. Jembatan keledai sendiri adalah sebuah trik untuk menggabungkan poin-poin materi menjadi sebuah kata. Biasanya yang akan dijadikan jembatan keledai adalah huruf pertama yang ada dalam poin materi tersebut. 
Contoh penggunaan jembatan keledai yaitu, "akun aset, beban, prive, dan dividen ketika bertambah masuk ke debit dalam sebuah jurnal umum." Nah, maka jembatan keledainya adalah menggunakan huruf kapital ke empat poin tersebut. Sehingga jembatan keledainya adalah APBD (aset, prive, beban, dividen). Sungguh mudah bukan!

3. Baca materi secara berulang-ulang

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca materi secara berulang-ulang. Apalagi untum kamu yang tipe memahami materinya dengan cara membaca, hal ini akan mempermudah dalam presentasi nantinya. Usahakan dalam membaca materi jangan terlalu cepat, akibatnya materi akan lebih sulit untuk diserap ke otak kamu. 

Lakukan membaca berulang-ulang dengan penuh ketelitian dan fokus pada materi yang akan kamu presentasikan. Selain itu sebisa mungkin jauhkan diri kamu dengan bermain handphone karena jika sudah bermain handphone, yang ada kamu lebih mementingkan telepon genggammu.

4. Rekam suara kamu dan dengarkan berulang-ulang

Unsplash
Agar kamu dapat memahami materi yang akan dipresentasikan, merekam suara kamu selama belajar bisa menjadi salah satu yang bisa kamu lakukan. Mendengarkan rekaman yang berulang-ulang akan membuatmu hafal dan materi akan terngiang-ngiang di kepalamu. Sehingga ketika presentasi nanti kamu akan mudah menyampaikannya ke teman-temanmu di dalam kelas.
Namun, mendengarkan rekaman tidak selalu efektif untuk dapat memahami materi. Hal ini karena ketika kamu tidak fokus mendengarkan maka kamu harus mengulangi beberapa detik ke belakang dan ini akan membuatmu mengulang materi yang sudah terlewat. Maka dari itu hindarilah melakukan sesuatu di handphonemu di saat mendengarkan rekaman suara kamu.

5. Bawalah catatan kecil ketika presentasi

Unsplash
Ini adalah salah satu antisipasi jika nanti kamu lupa ketika sedang presentasi. Usahakan materi yang kamu catat di kertas kecil adalah materi yang sekiranya kamu sulit untuk dipahami. Terkadang kita sulit untuk memahami suatu materi meskipun kita sudah mempelajarinya berulang-ulang. Jadi, kertas contekan selama presentasi akan sangat membantumu nantinya. 
Meski kamu memiliki kertas contekan materi, tapi kamu tidak boleh untuk selalu melihat kertas contekan tersebut. Hal ini akan menandakan kamu benar-benar belum memahami materi tersebut, sehingga berdampak pada penilaian dari dosen kamu. Gunakan ketika kamu benar-benar terdesak dan jangan kamu terapkan juga ketika UTS dan UAS ya!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menguasai materi yang akan kamu presentasikan nantinya. Salah satu aspek yang menjadikan presntasi kamu bagus adalah bagaimana kamu membawakan materi kepada teman-temanmu. Jadi, dengan kamu menguasai materinya menandakan kamu siap untuk memberikan yang terbaik untuk teman kelasmu.

Posting Komentar untuk "Tips Menguasai Materi Presentasi dengan Mudah dan Cepat"

Berlangganan via Email