Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Kos Terbaik dan Ternyaman bagi Mahasiswa

Unsplash/Hobi industri
Setelah masa SMA usai, banyak dari anak SMA yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada yang melanjutkan kuliahnya di dalam kota dan ada yang melanjutkan di luar kota atau diluar provinsi. Banyak alasan yang mendasari mengapa memilih kuliah di dalam dan di luar kota.

Berbicara mengenai mahasiswa yang memilih kuliah di luar kota tentunya membuat mereka harus hidup lebih mandiri, baik itu dalam hal keseharian dan dalam hal mengatur keuangan. Ini pastinya menjadi hal yang baru bagi mahasiswa yang sebelumnya menjalani masa SMA yang biasanya semuanya masih ada di rumah.

Untuk kamu yang menjadi mahasiswa di luar kota tentunya akan identik dengan yang namanya kos-kosan. Kosan tentunya tempat singgah atau rumah kedua kamu ketika kamu menjadi mahasiswa rantau. Suatu saat nantinya kos-kosan akan menjadi sebuah kenangan terindah dalam diri kamu selama menjadi mahasiswa.

Nah, bagi kamu yang merupakan mahasiswa baru yang tentunya ingin mencari kos, artikel ini akan membahas mengenai tips-tips yang harus diperhatikan agat nantinya kamu memiliki kos yang nyaman untuk kamu tinggali nantinya. 

Tips Memilih Kos Terbaik dan Ternyaman bagi Mahasiswa

1. Perhatikan Fasilitas yang ditawarkan

Unsplash
Hal pertama yang pastinya kamu perhatikan adalah mengenai fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh para penyedia rumah kos. Biasanya ada yang menyediadakan fasilitas berupa kamar mandi dalam, ac, wifi, apakah garasinya luas atau tidak dan sebagainya. Pilih lah yang sekiranya kamu membutuhkan fasilitas tersebut. 
Janganlah asal memilih tempat kos namun baru beberapa bulan kamu memilih untuk pindah kos. Hal ini akan membuat rugi kamu karena biasanya ketika mencari kos sekalian membayar uang kontrak selama setahun atau setengah tahun.

2. Harga yang pas

Unsplash
Ada harga, ada rupa. Kalimat ini cocok untuk menggambarkan kondisi kos yang diberi harga tinggi dan murah. Untuk itu kamu harus pintar-pintar mencari kos yang menyediakan fasilitas memadai namun dengan harga miring. Jadi sebelum kamu menentukan kos mana yang akan kamu tempati, lebih baik kamu melakukan survei terlebih dahulu dari beberapa tempat kos yang ditawarkan oleh para calo kos. Bandingkanlah antar yang satu dengan yang lainnya sebelum kamu memilihnya ya!

3. Adanya fasilitas pendukung di sekitar kos

Unsplash
Hal ini penting karena dalam keseharian kamu sebagai mahasiswa pastinya membutuhkan apa yang namanya makan, membeli keperluan harian, dan sebagainya. Dengan tersedianya seperti warung makan, warung kebutuhan sehari-hari, transportasi dan bisa juga laundry maka hal ini akan memudahkan kamu dan bisa menghemat pengeluaran kamu untuk pergi jauh dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

4. Dekat dengan kampus

Unsplash
Hal yang mendasari mahasiswa memilih untuk menjadi anak kos adalah karena jauhnya jarak dari rumah menuju kampus mereka. Sehingga ketika kamu menjadi mahasiswa dan mengharuskan ngekos, pilihlah kos-kosan yang sekiranya dekat dengan kampus. 
Selain mempermudah kamu untuk menuju kampus, dengan kos yang dekat dengan kampus juga akan menghemat pengeluaran kamu khususnya dalam uang bensin.

5. Lingkungan yang aman dan ramah

Unsplash
Aspek ini sangat dibutuhkan bagi kamu karena dengan lingkungan yang aman dan ramah akan membuat kamu merasa terlindungi selama menjadi mahasiswa di luar kota. Aman disini adalah tidak adanya keributan seperti pencurian, kemacetan, banjir, adanya cctv di sekitar kos dan sebagainya. 
Baca juga : keuntungan memilih divisi sekretaris dalam kepanitiaan
Selain itu lingkungan yang diisi dengan orang yang ramah pada diri kamu akan membuat keberadaan kamu bukanlah sebagai ancaman bagi mereka dan mereka akan menganggapmu sebagai keluarga di lingkungannya.

6. Jam malam

Unsplash
Mungkin ini bisa menjadi tips dalam memilih hunian kos bagi kamu. Menanyakan ada atau tidaknya jam malam membuat kamu lebih tahu apakah kos yang hendak kamu pilih dikontrol dengan baik oleh pemilik kos atau tidak. Dengan adanya jam malam membuat kamu merasa aman karena yang berada di dalam kos ketika malam hari hanyalah penghuni kos.

7. Dekat dengan teman

Biasanya dalam memilih kos, mahasiswa akan memilih kos yang dekat dengan kos temannya, baik teman satu jurusan atau teman satu kotanya. Hal ini tentunya untuk memudahkan dalam mengerjakan tugas, main bareng, atau hanya sekedar menanyakan kabar. Adanya kedekatan kos dengan teman kamu akan membuat kamu terasa lebih nyaman dan tenang karena adanya teman dekat.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu perhatikan dalam memilih kos yang terbaik untuk diri kamu nantinya. Kos adalah tempat dimana kamu melepas lelah dan menjadi rumah kedua kamu selama menjadi mahasiswa. Jadi, pilihlah kos yang membuatmu merasa lebih nyaman dan aman selama menempuh pendidikan di kota orang.