Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Efektif Ala Anak Kuliahan

Menjadi anak kuliahan tentunya akan ada banyak perbedaan yang dirasakan dengan masa-masa SMA. Perbedaanya seperti dalam menjalani kehidupan sehari-hari baik dalam lingkungan belajar, lingkungan pertemanan, cara berpikir, sampai perbedaan mengenai bagaimana cara belajar.

Berbicara mengenai cara belajar anak kuliahan, tentunya tidak jauh berbeda dari bagaimana kamu memahami materi yang diajarkan selama SMA. Hal yang membedakannya hanya saja dalam masa SMA kamu dituntut belajar seharian, sedangkan di perkulihan kamu bisa hanya belajar dua jam di kampus. Namun, perkuliahan tak selalu membuat mahasiswa merasa memiliki waktu luang yang banyak dan terkadang waktu istirahat yang dimiliki digunakan untuk mengerjakan tugas yang begitu banyak. 

Pada kenyataanya mahasiswa dituntut untuk dapat memahami materinya secara mandiri dan pemberian tugas ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Dengan tugas yang terkadang terlalu rumit dan banyak membuat mahasiswa merasa stress dan frustasi. Banyak pula yang akhirnya berujung pada pengulangan mata kuliah sampai benar-benar mendapatkan nilai bagus dari mata kuliah tersebut.

Nah, bagi kamu yang merasa kesulitan belajar selama menjadi mahasiswa, kamu bisa terapkan tips yang akan admin berikan. Berikut tips belajar efektif untuk anak kuliahan yang bisa kamu lakukan.

Tips Belajar Efektif Ala Anak Kuliahan

1. Perbanyak referensi

Menjadi mahasiswa akan membuatmu dituntut belajar mandiri. Seorang mahasiswa biasanya hanya akan diberikan sedikit materi pengantar oleh dosennya dan sisanya mereka harus mengeksplor materinya secara mandiri. Sehingga seorang mahasiswa harus pintar-pintar mencari materi sendiri dan tentunya memperbanyak referensi materi akan membuatmu memiliki banyak materi belajar.
Dalam mendapatkan referensi belajar kamu tidak perlu pusing-pusing membeli banyak buku sampai ratusan ribu, manfaatkan saja perpustakaan yang ada di kampus. Sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran kamu. Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan media internet untuk mencari jurnal-jurnal, ebook, dan referensi lainnya yang bisa menunjang belajar kamu selama perkuliahan.

2. Tentukan kata kunci materi

Dalam sebuah materi pembelajaran tentunya ada yang namanya kata yang penting atau yang menjadi inti dari materi. Yang namanya inti tentu saja adalah hal yang penting sehingga dengan kamu mampu menentukan kata kunci berarti kamu memahami inti materi yang dipelajari. Memahami inti materi ini sangat penting bagi kamu miliki karena kamu akan lebih mudah nantinya dalam pengerjaan tugas, ulangan, ataupun ujian. 
Selain itu, dengan menerapkan kata kunci dalam sebuah materi akan membuat belajarmu lebih ringan karena hal yang kamu pelajari hanya intinya saja. Pada dasarnya ketika kamu menjadi mahasiswa, kamu akan terbiasa dengan belajar cepat dan biasanya materi yang akan diujikan sifanya penalaran. Jadi, kamu tinggal mengembangkan inti materinya sesuai dengan pemikiran kamu.

3. Review kembali materi dan catat hal-hal penting

Usahakan setelah selesai perkuliahan kamu jangan langsung beranjak pergi untuk melepas penatnya perkuliahan, tapi luangkanlah sedikit waktumu untuk melihat kembali materi yang telah diajarkan dan kamu bisa mencatat materi yang sekiranya penting untuk dicatat sebagai bahan pembelajaran. Dengan kamu mencatat materi tersebut, kamu tidak akan lupa mengenai materi yang telah diajarkan dan hal ini untuk mengindari kekosongan buku kamu selama perkuliahan. Biasanya menjelang ujian nantinya mahasiswa yang tidak memiliki catatan di bukunya akan kelabakan mencari teman yang rajin mencatat. Jadi, catatlah setiap materi setelah pembelajaran agar bisa dijadikan sebagai bahan belajar ya!

4. Belajar dengan cerdas

Belajar dengan cerdas adalah bagaimana kamu memanfaatkan waktu belajarmu dengan baik. Belajar cerdas tidak mengenal yang namanya belajar satu malam, namun belajar cerdas adalah belajar dengan teratur dan keberadaan waktu sangatlah berharga. Jadi, jangan biasakan belajar satu malam karena belajar dalam satu malam akan membuat kamu harus fokus pada banyak materi sehingga belum tentu semua yang kamu pelajari dapat masuk ke otakmu dan belum tentu juga kamu menyelesaikan semua materi yang kamu pelajari.

5. Perhatikan Silabus

Unsplash
Dalam sebuah materi ajar tentunya ada yang namanya silabus. Silabus ini adalah kumpulan bab dan sub bab materi yang dijadikan bahan ajar selama satu semester atau satu tahun. Keberadaan silabus sangat penting bagi kamu agar nantinya kamu bisa memahami materi mana saja yang harus kamu pelajari. Untuk silabus sendiri biasa dibagikan oleh dosen pengampu materi kuliah yang bersangkutan ketika awal pertemuan perkuliahan. Jadi, jangan malas untuk membuka dan membaca silabus mata kuliah yang kamu pelajari ya!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa dalam kegiatan belajar. Keberhasilan memahami materi dengan baik tidak terlepas dari bagaimana seorang mahasiswa mampu menentukan cara belajar yang efektif dalam dirinya. Dengan belajar efektif inilah yang akan membuatmu terhindar dari namanya mengulang mata kukiah.

Posting Komentar untuk "Tips Belajar Efektif Ala Anak Kuliahan"

Berlangganan via Email