Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Memilih Divisi Perlengkapan dalam Kepanitiaan Kampus

Sebuah acara kampus akan berjalan dengan baik ketika setiap divisi dalam kepanitiaannya mampu saling bekerja sama dengan baik pula. Salah satu divisi yang sangat berpengaruh dalam berjalannya sebuah acara adalah divisi perlengkapan atau peralatan. Sesuai dengan namanya, divisi ini berperan penting dalam hal penyediaan barang-barang yang dibutuhkan dalam sebuah acara.

Sesuai dengan tugasnya tersebut, maka divisi perlengkapan ini tentunya tahu mengenai tempat penyewaan, tempat percetakan, dan tempat-tempat yang dibutuhkan dalam penyediaan barang-barang pada saat acara berlangsung nantinya. Dalam berbagai kesempatan divisi ini juga memiliki nama lain seperti divisi ATP (Akomodasi, Transportasi, dan Perlengkapan). Pemberian nama ATP ini biasanya diberikan ketika adanya kegiatan lomba-lomba yang pesertanya dari luar kampus.
Namun, divisi ini terkadang sangat dihindari oleh para calon panitia. Alasannya adalah tugasnya yang terlalu berat diantara divisi lainnya. Sehingga banyak yang lebih memilih divisi lain dan terkadang divisi perlengkapan ini dihuni oleh mereka yang tidak terpilih di divisi pilihannya dan akhirnya di lempar ke divisi perlengkapan.

Sebenarnya setiap divisi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak terkecuali divisi perlengkapan ini. Meskipun divisi yang dianggap paling berat kerjanya, nyatanya divisi ini juga memberikan manfaat atau keuntungan bagi mereka yang tergabung di dalamnya. Lalu apa saja keuntungan yang bisa di dapatkan ketika masuk ke divisi perlengkapan ini

Keuntungan Memilih Divisi Perlengkapan dalam Kepanitiaan Kampus

1. Menjadi pribadi yang kuat

Sesuai tugasnya divisi ini lebih banyak mengandalkan kemampuan fisik daripada kemampuan pikiran. Sehingga ketika kamu memilih divisi perlengkapan, maka kamu harus siap untuk mengerahkan kemampuan fisik kamu dalam menjalankan tugasnya. Ketika kamu merasa bisa menjalankan tugas-tugas dari divisi perlengkapan, maka diri kamu akan mengerti seberapa besar kemampuan dalam diri kamu. Selain menjadikan kamu kuat dalam hal fisik, kamu juga akan memahami makna kerja keras dalam sebuah pekerjaan. Hal inilah yang akan menciptakan diri kamu menjadi pribadi yang kuat dalam menjalani kehidupan.

2. Meningkatkan kemampuan kerja sama tim

Ya, karena mengandalkan kemampuan fisik dalam menjalankan tugasnya membuat divisi ini diperlukan kerja sama tim yang baik. Meskipun setiap divisi perlu adanya kerja sama tim, tetapi divisi perlengkapan ini yang paling membutuhkan kerja sama dalam tim untuk mengerjakan tugas-tugasnya. 
Setiap anggota divisi harus saling membantu satu sama lain agar pekerjaan yang dilakukan nantinya menjadi terasa lebih ringan. Ketika kamu bisa bekerja sama tim dengan baik, maka kamu akan dipercaya oleh banyak orang. Orang yang mampu bekerja sama dengan baik biasanya orang yang paling dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah masalah. 

3. Hafal tempat-tempat di sekitar kampus

Unsplash
Menjadi bagian dari divisi perlengkapan nantinya akan membuat kamu hafal tempat-tempat di sekitar kampus. Hal ini dikarenakan tugas dari divisi perlengkapan adalah seperti menyewa barang, mencetak banner, mencetak kaos, dan sebagainya. Sehingga nantinya kamu akan hafal tempat-tempat yang menyediakan keperluan tersebut. Kamu juga akan tahu tempat mana yang menjadi rekomendasi terbaik dalam mencari keperluan yang dibutuhkan.

4. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Unsplash
Salah satu tugas divisi ini adalah menyewa perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan acara nantinya. Sehingga divisi ini harus bertanggung jawab akan barang-barang yang di sewa agar tidak hilang atau rusak. Biasanya ketika ada barang yang rusak atau hilang, maka yang harus bertanggung jawab adalah divisi perlengkapan. 

Ketika kamu mampu menjaga barang-barang yang kamu sewa untuk keperluan acara sampai acara tersebut selesai, itu tandanya kamu mampu melaksanakan tanggung jawab dalam menjaga barang yang kamu sewa. Menjadi orang yang bertanggung jawab tidaklah mudah, ia harus menganggung semuanya bila ada hal yang tidak diinginkan


Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi bagian dari divisi perlengkapan. Semua divisi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung bagaimana kamu menjalaninya dan bagaimana kamu merubah kelemahan dari divisi yang kamu pilih menjadi kebuah kelebihan.