Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyiknya Menjadi Mahasiswa Rantau

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi membuat banyak mahasiswa yang memilih melanjutkannya di luar daerahnya, baik itu yang di luar kota namun masih satu provinsi, di luar kota berbeda provinsi, dan bahkan berbeda pulau. Ada beberapa alasan yang mendasari mereka memilih berkuliah di luar provinsi seperti ingin masuk universitas terbaik, ingin hidup mandiri, dan mencoba tantangan baru hidup di kota orang. 

Berbicara mengenai mahasiswa rantau pastinya akan jauh dari keluarga baik itu orang tua ataupun sanak saudara. Mereka yang menjadi mahasiswa rantau  harus dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kehidupan baru di kota orang yang mungkin berbeda dari tempat tinggalnya. Perbedaan-perbedaan pastinya terasa begitu jelas seperti perbedaan bahasa, kebiasaan, dan aturan yang ada.

Memang diawal-awal menjadi mahasiswa rantau akan kesulitan dalam hal beradaptasi, namun lama kelaman menjalani kehidupan sehari-hari akan terasa menyenangkan dan tentunya membuat rindu kembali ke kos-kosan ketika libur panjang tiba. Lalu apa saja sih seru dan asyiknya menjadi mahasiswa rantau?

Asyiknya Menjadi Mahasiswa Rantau

1. Mempunyai teman baru dari daerah lain

Memilih untuk menjadi mahasiswa rantau tentunya kamu akan dihadapi dengan kondisi lingkungan dan kebiasaan yang baru. Salah satu hal yang akan kamu dapatkan nantinya adalah lingkungan pertemanan. Kamu nantinya akan mendapatkan banyak teman dari berbagai penjuru daerah yang sama-sama mencari ilmu dengan kamu. Kamu akan merasa bahwa bagaimana persatuan atau keakraban ditimbulkan dari adanya perbedaan.
Memang di awal kamu akan merasakan kesulitan baik itu dalam penggunaan bahasa. Meskipun dalam keseharian mahasiswa menggunakan bahasa Indonesia, namun bukan tidak mungkin nantinya kamu atau teman kamu tidak sengaja mengucapkan bahasa daerahnya pastinya akan menimbulkan kebingungan diantara keduanya. Tapi itulah rasanya menjadi mahasiswa rantau, kamu akan mendapatkan sebuah keberagaman teman dengan berbagai latar belakang yang berbeda. 

2. Kesempatan mempelajari bahasa daerah lain

Unsplash
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau dengan menjadi mahasiswa rantau nantinya kamu akan menemukan berbagai teman dengan latar keberagam budayanya. Dengan memiliki teman yang beragam inilah nantinya kamu juga akan belajar hal baru dari mereka, salah satunya adalah bahasa daerah mereka.

Jika kamu merupakan mahasiswa rantau di luar provinsi atau luar pulau, nantinya kamu akan familiar dengan bahasa-bahasa daerah yang kamu tempati itu. Lambat laun kamu akan mengerti mengenai apa yang orang sekitar kamu bicarakan dalam kesehariannya dan bahkan kamu akan terbiasa untuk menggunakan bahasa daerah yang kamu tinggali dalam keseharianmu.

Seru memang mempelajari bahasa daerah lain, selain pengucapannya yang terkesan berbeda dari bahasa daerah yang biasa kamu gunakan, dengan mempelajari bahasa daerah selama menjadi mahasiswa rantau akan membuatmu tahu bahwa keragaman budaya di Indonesia itu sangatlah beragam.

3. Bisa menikmati destinasi wisata baru

Unsplash
Setiap daerah tentunya memiliki destinasi wisatanya masing-masing. Nah, bagi kamu yang merupakan mahasiswa rantau tentunya sangat bisa untuk menikmati destinasi wisata baru yang ada di tanah rantau. Kamu bisa menyempatkan waktu liburmu untuk mengunjungi berbagai wisata yang ada bersama teman-teman kos tau teman kuliahan kamu.
Jangan sampai ketika kamu menjadi mahasiswa rantau tidak hafal akan destinasi wisata di daerah yang kamu tempati sebagai mahasiswa. Kamu akan dianggap sebagai anak yang kurang pergaulan nantinya. Jadi, manfaatkan momen hari libur kuliah seperti hari sabtu atau minggu untuk mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di daerah kamu tempati sebagai mahasiswa rantau, ya!

4. Bisa menikmati kuliner khas kota rantau

Unsplash
Selain akan budayanya yang beragam, Indonesia juga terkenal dengan makanan khas daerahnya yang penuh aneka macam rasa dan bentuk. Nah, kamu bisa  untuk sesekali mencoba berburu kulineran khas daerah rantau sembari menikmati destinasi wisata yang ada di sana. Cobalah berbagai macam kuliner yang ada sehingga kamu akan tahu apa saja kuliner yang ada di daerah rantau kamu. Kamu bisa memanfaatkan instagram ataupun sosial media lainnya untuk mencari tahu kuliner apa saja yang menjadi rekomendasi di daerah rantau kamu.

5. Memiliki kesempatan untuk bergabung dalam komunitas daerah kamu

Unsplash
Ketika kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di luar daerah, kamu nantinya akan menemukan banyak komunitas mahasiswa. Salah satu komunitasnya adalah komunitas mahasiswa daerah. Komunitas ini biasanya terdiri dari mahasiswa yang memiliki daerah asal yang sama.
Nah, dengan adanya komunitas tersebut, kamu nantinya bisa bergabung di dalamnya. Kamu bisa saling berbagi cerita atau pengalaman, mengadakan event bersama anak satu komunitas dan sebagainya. Dari situlah nantinya kamu akan mendapatkan banyak relasi pertemanan yang nantinya sangat bermanfaat bagi dirimu seperti ketika kamu membutuhkan bantuan, membutuhkan teman cerita, dan teman mengerjakan suatu proyek penelitian yang membutuhkan teman satu daerah.

Itulah beberapa hal-hal seru yang bisa kamu dapatkan selama menjadi mahasiswa rantau. Menjadi mahasiswa rantau tak selalu duka yang di dapatkan, menjadi mahasiswa rantau nyatanya banyak hal-hal baru yang bisa kamu dapatkan di lingkungan yang baru pula.




Posting Komentar untuk "Asyiknya Menjadi Mahasiswa Rantau"

Berlangganan via Email