Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan dalam Seleksi Kepanitiaan Kampus

Unsplash/Van Tay Media
Ketika mengikuti kepanitiaan pastinya nanti kamu akan diuji dalam seleksi wawancara. Kamu nanti akan diberi banyak pertanyaan dari tim penyeleksi. Pengujian ini bertujuan untuk mengenal lebih dalam dari para calon panitia. Sehingga nantinya akan memudahkan tim penyeleksi untuk memilih siapa yang cocok atau sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan.

Dari banyaknya pertanyaan yang akan diujikan, ada dua pertanyaan yang sering ditanyakan oleh tim penyeleksi. Pertanyaan itu adalah pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu. Pertanyaan ini memang terkadang menyulitkan setiap orang yang akan mengikuti seleksi dan banyak dari mereka yang tidak mengenali apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya.

Bagi kamu yang merasa bingung mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirimu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut tips yang bisa kamu lakukan  agar nantiny  bisa menjawab pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu.

Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan dalam Seleksi Kepanitiaan Kampus

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan dalam diri seseorang pastinya yang akan diceritakan atau dibahas adalah mengenai suatu hal positif dan negatif yang ada pada dalam dirinya. Contoh untuk kelebihan yang  ada dalam diri seseorang adalah seperti tanggung jawab, disiplin, fast respon, suka menolong, dan lainnya. Sedangkan untuk kekurangan contohnya seperti pelupa, slow respon, tidak bisa mengatur waktu, dan sebagainya.
Baca juga : tips lolos seleksi wawancara kepanitiaan kampus
Untuk itu jika kamu akan menjelaskan keduanya, kamu harus benar-benar mengutarakan apa yang kamu miliki dalam diri kamu, baik itu kelebihan dan kekurangan kamu. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan seputar kelebihan dan kekurangan dalam seleksi wawancara kepanitiaan.

1. Minta pendapat teman atau orang terdekat mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu

Unsplash/Markus Winkler
Hal yang bisa kamu lalukan adalah dengan meminta pendapat teman-temanmu mengenai kelebihan dan kekurangan apa yang ada pada diri kamu. Untuk meminta pendapat temanmu, kamu harus melalukannya sebelum sesi wawancara kepanitiaan atau sebelum mengisi formulir pendaftaran kepanitiaan.
Baca juga : daftar pertanyaan seleksi wawancara kepanitiaan kampus
Kenapa kamu harus menanyakan kepada temanmu? Karena biasanya kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu yang menilai adalah orang lain. Yaitu dengan melihat apa yang mereka rasakan selama berhubungan atau melakukan kontak dengan kamu. Hal ini penting kamu lakukan, sehingga apa yang kamu jelaskan nantinya tidak sepenuhnya bersifat subjektif mengenai kelebihan yang ada dalam diri kamu

2. Pikirkan hal positif dan negatif apa yang selama ini sering kamu lakukan

Unsplash/Pietro Tebaldi
Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan mengingat kembali hal positif dan negatif apa yang belakangan ini kamu lakukan, baik itu untuk diri kamu atau untuk orang lain. Sebenarnya ini agak memiliki makna yang sama dengan poin pertama, tapi bedanya adalah untuk hal ini kamu menilai diri kamu sendiri. Jadi, sifatnya sedikit lebih subjektif daripada ketika kamu meminta pendapat dari orang terdekat kamu.
Baca juga : keuntungan memilih divisi sekretaris dalam kepanitiaan
Dengan adanya memahami hal positif dan negatif apa yang kamu lakukan selama ini, kamu akan lebih tahu apakah yang kamu lakukan itu bermanfaat atau membuat rugi diri kamu ataupun orang di sekitarmu.

3. Berikan solusi terbaik dalam mengatasi kelemahanmu

Unsplash/Markus Winkler
Ketika nanti kamu dihadapkan dengan pertanyaan yang menyangkut kelemahan diri kamu, kamu akan diberikan pertanyaan mengenai bagaimana kamu mengatasi kelemahan yang ada. Berikanlah jawaban atau solusi yang sekiranya membuat tim penyeleksi merasa puas terhadap pertanyaan tersebut. Sehingga nantinya ini bisa menjadi nilai lebih bagi kamu agar bisa diterima di kepanitiaan yang akan kamu ikuti.

4. Hindari gugup dalam menjawab pertanyaan

Unsplash/JESHOOTS.COM
Ketika kamu menjawab pertanyaan dengan gugup, tim penyeleksi akan ragu untuk memilihmu. Mereka akan menganggap bahwa jawaban kamu mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu itu dibuat-buat. Jadi, usahakan jawab dengan penuh kepercayaan diri yang tinggi.

5. Jangan menjawab "tidak tahu"

Unsplash/Bermix Studio
Ketika kamu diberi pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kamu, janganlah kamu menjawab "tidak tahu" karena hal ini akan mempengaruhi penilaian nantinya. Hal ini dikarenakan tim penilai akan menganggap kamu tidak berniat untuk mendaftar di kepanitiaan. Maka usahakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh tim penyeleksi meskipun itu kurang meyakinkan mereka.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika menjawab pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan ketika seleksi kepanitiaan kampus. Mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri sendiri membuktikan bahwa orang tersebut mampu memahami siapa dirinya.

Posting Komentar untuk "Tips Menjawab Pertanyaan Kelebihan dan Kekurangan dalam Seleksi Kepanitiaan Kampus"

Berlangganan via Email