Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa

Unsplash/Icons8 Team
Menjadi mahasiswa merupakan fase dimana mengatur/memanajemen waktu dengan baik adalah suatu hal yang sangat penting bagi dirinya kelak untuk meraih masa depan. Seperti yang kita tahu bersama kehidupan masa SMA dengan masa perkuliahan sangatlah berbeda.

Ketika masa SMA kita semua pasti banyak memiliki waktu luang dan menghabiskannya untuk bermain bersama teman, bermalas-malasan, dan sebagainya. Berbeda dengan masa kuliah dimana kamu harus mengatur waktu sebaik mungkin dan jangan sampai kamu menghabiskan waktu hanya untuk tidak melalukan hal apapun.
Menjadi mahasiswa merupakan masa dimana seseorang menentukan masa depannya, mau menjadi apa nanti di masa depan. Jadi, ketika kamu mampu menggunakan waktumu dengan baik maka masa depan akan lebih cepat kamu capai.
Lalu seberapa penting dan apa saja hal yang akan di dapatkan jika mengatur waktu dengan baik ketika menjadi seorang mahasiswa? 

1. Mengatur waktu dengan baik membuat kamu merasa lebih tenang

Kamu pasti pernah mengerjakan tugas di hari terakhir atau h-1 pengumpulan bukan? Pasti yang kamu rasakan adalah rasa cemas, takut, tidak fokus, dan kacau. Ya, itu karena terlalu santai-santai dan tidak mengerjakan tugas di awal waktu.

Coba saja kalau saja tugas yang kamu miliki dikerjakan di awal, pastinya kamu akan merasa tenang dan merasa lega. Itulah pentingnya kamj mengatur waktu dengan baik ketika menjadi seorang mahasiswa. 

Hal ini dikarenakan karena waktu yang kamu miliki tidak sekedar tugas saja, terutama untuk anak rantau/kost yang harus ekstra membagi waktunya antara pekerjaan rumah dengan kuliah.

2. Mengatur waktu dengan baik memberikan peluang untuk belajar hal baru

Dengan manajemen waktu yang baik membuat kamu memiliki waktu yang tidak terbuang sia-sia. Lalu dari waktu yang digunakan dengan baik nanti menciptkan waktu luang yang bebas kamu gunakan setelah tugas/pekerjaan telah selesai.
Dari waktu luang tersebut bisa kamu gunakan untuk mempelajari suatu hal baru yang bisa menambah ilmu pengetahuan atau keahlian tertentu. Hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa. 

Menjadi mahasiswa memang dituntut untuk memiliki kemampuan yang dapat bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Hal inilah yang menjadikan mahasiswa disebut sebagai agen perubahan. Banyak hal baru yang bisa kamu pelajari seperti belajar desain, mengikuti organisasi, belajar musik, mengikuti pelatihan/kursus, dan sebagainya.

3. Mengatur waktu dengan baik membuatmu selangkah lebih maju untuk sukses

Waktu adalah uang. Pepatah itu sangatlah berarti bagi orang yang menghargai waktu yang dimilikinya. Lalu siapa orang yang menghargai waktu tersebut? Ya, orang itu adalah orang sukses dalam hidupnya.

Orang sukses sangatlah menghargainya waktunya karena dari setiap detik, menit, ataupun jam bisa tercipta suatu perubahan dalam kehidupannya dan mereka orang yang sukses tahu bagaimana caranya mengolah waktu mereka menjadi sebuah kesuksesan. 
Jadi, ketika kamu menjadi mahasiswa dan bisa menghargai waktumu berarti kamu selangkah lebih maju dibandingkan yang lain untuk menuju kesuksesan.

4. Mengatur waktu dengan baik membuatmu cepat lulus

Mengelola waktu dengan baik akan membuat dirimu lebih fokus dan disiplin terutama pada hal yang menjadi prioritas pada kehidupanmu. Tentunya ini berkaitan prioritas kamu sebagai mahasiswa, yaitu kelulusan. Jika kamu dapat mengatur waktu dengan baik sebagai mahasiswa, maka kamu akan terfokus pada akademik kamu dan membuat kelulusan kamu tidak terhambat atau molor.

Banyak mahasiswa yang gagal wisuda tepat waktu karena mereka terlalu memfokuskan pada hal-hal yang membuat mereka sendiri rugi. Sehingga banyak dari mereka yang akhirnya mengulang mata kuliah dan akhirnya berdampak pada telatnya wisuda kelulusan.

5. Mengatur waktu dengan baik menjadi nilai tambah sebagai mahasiswa

Disiplin dalam waktu akan membuatmu memiliki nilai tambah tersendiri, khususnya dalam mengikuti kepanitiaan ataupun organisasi. Hal ini dikarenakan dalam organisasi ataupun kepanitiaan dibutuhkan orang-orang yang mampu menjalankan tugasnya dengan cekatan dan cermat.
Selain itu, nilai tambah tersebut akan berguna nantinya dalam dunia kerja. HRD akan memilih para pekerja yang tentunya dan disiplin dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mampu mengelola wakunya dengan baik dalam menjadi seorang mahasiswa. Untuk kamu yang masih membuang-buang waktumu hanya untuk hal yang sia-sia, cobalah untuk berubah untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.