Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Organisasi dan Kepanitiaan dalam Perkuliahan

Sebagai anak kuliahan atau atau mahasiswa baru pastinya hafal dengan yang namanya istilah kura-kura dalam perkuliahan. Ya, kura-kura adalah singkatan dari kuliah rapat-kuliah rapat. Mahasiswa yang kesehariannya rapat biasanya adalah mahasiswa yang tergabung di dalam organisasi ataupun kepanitiaan.

Berbicara mengenai kesibukan dalam organisasi dan kepanitiaan tidak lepas dengan apa yang namanya mendapatkan benefit atau keuntungan. Pastinya kalau tidak mendapatkan apa-apa dari berorganisasi dan kepanitiaan, banyak mahasiswa yang memilih untuk menjadi mahasiswa yang hanya sekedar kuliah lalu pulang.

Ketika membahas keuntungan apa yang didapat, mahasiswa-mahasiswa yang belum pernah berorganisasi dan mengikuti kepanitiaan pastinya akan bertanya-tanya apa saja keuntungan yang akan didapat oleh mereka. Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika beroganisasi dan kepanitiaan

Manfaat Organisasi dan Kepanitiaan dalam Perkuliahan

1. Menambah pengalaman

Unsplash/Austin Distel
Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan adalah sebuah pengalaman. Kamu akan merasakan sebuah organisasi dan kepanitiaan itu seperti apa rasanya. Hal ini juga bisa menjadi catatan yang bisa kamu ceritakan nantinya baik itu kepada keluarga ataupun teman-temanmu kalau berorganisasi dan mengikuti kepanitiaan itu rasanya seperti apa. 

Selain itu, dengan kamu mengikuti organisasi ataupun kepanitiaan maka hal ini akan menambah catatan keaktifan kamu selama menjadi mahasiswa dan hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk dimasukkan ke CV kamu ketika melamar kerja nantinya.

2. Menambah relasi

Unsplash/Javier Allegue Barros
Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan adalah bertambahnya sebuah relasi. Kamu akan mendapatkan banyak kenalan, baik itu teman satu fakultas ataupun diluar fakultas, lembaga/perusahaan tertentu, dan kenalan orang sukses di luar kampus.  Selain itu dengan kamu mengikuti organisaai atau kepanitiaan kamu juga bisa kenal dengan teman-teman universitas lainnya.
Memiliki relasi yang luas itu penting bagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya, seperti informasi event atau lomba, informasi mengenai beasiswa dan sebagainya yang menguntungkan bagi kamu. 

Pentingnya relasi ini juga nantinya berlanjut bagi kamu setelah lulus dari bangku perkuliahan. Kamu nanti bisa mendapat info seputar lowongan pekerjaan ataupun undangan untuk bekerja di perusahaan yang sudah mengenal kamu.

3. Melatih public speaking

Memiliki kemampuan yang baik dalam berbicara di depan orang banyak adalah suatu keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang. Maka dari itu ketika kamu ikut organisasi ataupun kepanitiaan nantinya akan membantu kamu dalam melatih public speaking kamu. 

Hal ini dikarenakan dalam organisasi dan kepanitiaan nantinya ada yang namanya rapat. Di dalam rapat tersebut nantinya setiap anggota diberikan hak untuk berpendapat. Dari kebebasan berpendapat itulah yang bisa kamu manfaatkan untuk mencoba memberanikan diri berbicara di hadapan teman organisasi atau kepanitiaan yang kamu ikuti. 

Jika kamu sering melalukannya nantinya kamu akan terbiasa dan merasa percaya diri ketika diberikan kepercayaan untuk berbicara di depan umum.

4. Menjadi lebih bertanggung jawab

Unsplash/Christin Hume
Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan adalah menjadikanmu lebih bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan dalam organisasi dan kepanitiaan ada tugas yang harus dikerjakan baik oleh tim ataupun individu. Dari adanya tugas inilah yang membuat kamu nantinya harus bertanggung jawab terhadap tugasmu nantinya.
Baca juga : manfaat memilih divisi DDD dalam kepanitiaan
Menjadi orang yang bertanggung jawab sangat dibutuhkan nantinya, terutama dalam hal dunia kerja. Orang yang memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaannya akan jauh lebih dibutuhkan dalam suatu perusahaan.

5. Pandai dalam mengatur waktu

Unsplash/NeONBRAND
Adanya kesibukan organisasi dan kepanitiaan dan perkuliahan membuat kamu nantinya harus pintar-pintar membagi waktu. Pandai dalam mengatur waktu membuat waktu yang kamu miliki tidak terbuang sia-sia. Kamu akan menjadi orang yang disiplin dalam berbagai hal. 

Dapat membuat perencanaan waktu yang baik akan menjadikan dirimu lebih teratur dan tenang. Selain itu dengan menjadi orang yang disiplin waktu akan lebih mudah mencapai tujuan apa yang hendak dicapai daripada orang yang sering membuang-buang waktunya untuk hal yang sia-sia.

6. Meningkatkan solidaritas

Dikarenakan organisasi dan kepanitiaan adalah suatu perkumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama, maka nantinya antar anggota akan menciptakan suatu kekompakan antara anggota satu dengan yang lainnya.
Memiliki solidaritas yang tinggi dalam sebuah kepanitiaan dan organisasi merupakan keuntungan bagi kamu nantinya. Dengan solidaritas yang tinggi maka tujuan akan mudah tercapai, mendapatkan support dari anggota lainnya dalam menjalankan tugas, dan sebagainya.

Itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan selama mengikuti organisasi dan kepanitiaan. Aktif dalam perkuliahan seperti mengikuti organisasi dan kepanitiaan akan menambah cerita kamu nantinya dalam perkuliahan. Ada suka dan duka yang bisa kamu dapatkan di dalamnya yang tentunya menjadi pengalaman berharga bagi kamu nantinya.