Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Memilih Divisi Humas dan Publikasi dalam Kepanitiaan Kampus

Unsplash/Oleg Laptev
Dalam sebuah kepanitiaan pasti terdiri dari banyak divisi. Salah satu divisi yang terdapat dalam kepanitiaan adalah divisi humas dan publikasi atau yang disingkat dengan humpub.

Divisi humpub bertugas untuk menghubungi pihak-pihak tertentu baik itu untuk meminta tanda tangan ataupun untuk menghadiri acara kepanitiaan tersebut. Selain itu tugas dari divisi ini adalah untuk mempublikasikan acara kepanitiaannya agar diketahui oleh banyak orang.

Bisa dikatakan divisi ini berkaitan dengan pihak luar kepanitiaan. Jadi, ketika kamu menjadi bagian dari divisi humpub, maka kamu harus memiliki kemampuan yang bagus dalam berkomunikasi, fast respon, dan percaya diri.
Baca juga : tips lolos seleksi wawancara kepanitiaan
Ketika adanya seleksi kepanitiaan, divisi ini menjadi salah satu divisi yang diminati oleh calon pelamarnya. Kerja yang tidak begitu berat namun begitu diperhitungkan keberadaanya dalam kepanitiaan. Lalu ketika kamu bergabung ke divisi humpub ini, apa saja sih keuntungan yang bisa kamu dapatkan?

Keuntungan Memilih Divisi Humas dan Publikasi dalam Kepanitiaan Kampus

Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan dan rasakan ketika menjadi bagian dari divisi humas dan publikasi.

1. Kemampuan public speaking kamu meningkat

Unsplash/Priscilla Du Preez
Karena salah satu tugas divisi ini adalah berhubungan dengan pihak luar, maka nantinya akan terjadi kontak antara kamu dengan pihak yang bersangkutan. Saat hal itu terjadi, maka kemampuan public speaking kamu akan diuji. Jika kamu merasa percaya diri dan tidak gugup, maka kemampuan public speaking kamu sudah baik atau semakin baik.
Kemampuan public speaking sangatlah penting dimiliki oleh setiap orang dan tidak banyak yang memiliki kemampuan ini. Jadi, jika kamu ingin mengasah diri kamu agar lebih percaya diri ketika melalukan kontak dengan orang lain, mencoba untuk menjadi bagian dari divisi humas dalam kepanitiaan adalah salah satu solusinya.


2. Menjadikanmu orang yang fast respon

Unsplash/JESHOOTS.COM
Ya, salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh anak humpub adalah kemampuan fast respon-nya. Ketika kamu menjadi orang yang dapat merespon sesuatu dengan cepat artinya kamu adalah orang yang menghargai waktu, menghargai orang lain, dan tidak suka menunda-nunda segala sesuatu.
Baca juga : keuntungan memilih divisi sekretaris dalam kepanitiaan
Orang-orang nantinya akan lebih mempercayaimu jika mereka membutuhkan informasi ataupun bantuan. Mereka akan mencarimu karena kamu akan cepat tanggap dalam membantu mereka menyelesaikan masalahnya.

3. Menjadikanmu lebih terbuka dengan orang lain

Unsplash/Daria Shevtsova
Ketika kamu masuk ke divisi humpub, tentunya tugas untuk berkomunikasi dengan pihak luar adalah tugas utamanya. Sehingga nantinya kamu akan bertemu dengan pihak luar dan mengharuskan kamu untuk lebih terbuka dengan orang lain. 


Menjadi lebih terbuka dengan orang lain akan membuatmu mudah berbaur dengan orang lain dan lebih banyak kenalan nantinya. Hal ini sungguh menguntungkan bagi diri kamu, karena memiliki relasi kenalan akan sangat membantumu ketika kuliah.

4. Menjadikanmu lebih percaya diri

Unsplash/Benjamin Davies
Kamu akan terlihat percaya diri ketika memilih divisi humpub ini. Hal ini dikarenakan karena nantinya kamu akan bertemu dengan pihak luar. Sehingga keperercayaan diri dan semangat dalam diri kamu harus kamu miliki agar nantinya ketika kamu melakukan kontak dengan pihak luar akan berjalan dengan lancar.
Baca juga : cara meningkatkan rasa percaya diri
Kepercayaan diri dalam seseorang itu penting karena dengan adanya kepercayaan diri, segala sesuatu bisa kamu dapatkan dengan apa yang diharapkan. Namun, memiliki kepercayaan diri yang terlalu tinggi juga tidak dibenarkan. Hal ini dikarenakan jika nantinya kamu berekspetasi terhadap sesuatu dengan kepercayaan diri yang terlalu tinggi tapi ekspetasi tersebut tidak sesuai dengan realita yang ada, maka akan menimbulkan kekecewaan yang amat dalam pada diri kamu.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih divisi humas dan publikasi dalam kepanitiaan. Setiap divisi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pilihlah divisi yang sekiranya tidak memberatkan bagi diri kamu tapi menguntungkan untuk diri kamu nantinya.