Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe-Tipe Mahasiswa yang Ada di Kampus, Kamu Tipe yang Mana?

Unsplash/Element5 Digital
Setiap tahun pastinya ada tahun ajaran baru, baik itu dari jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Bagi mereka yang melanjutkan ke perguruan tinggi nantinya mereka menjadi seorang mahasiswa baru atau yang biasa dikenal dengan sebutan maba.

Ya, berbicara mengenai maba pastinya kita semua akan berpikiran bahwa maba adalah anak baru di kampus atau junior di kampusnya. Menjadi mahasiswa baru tentunya mereka akan merasakan perbedaan dari apa yang dilaluinya semasa SMA. Seperti mata kuliah, jam masuk kuliah, dan kegiatan yang ada di perkuliahan.

Selain perbedaan kondisi dari masa SMA, dalam dunia perkuliahan juga dikenal dengan berbagai tipe-tipe mahasiswa. Tentunya bagi kamu yang menjadi mahasiswa baru akan merasa bingung apa saja tipe atau jenis mahasiswa di perkuliahan.

Tipe-tipe Mahasiswa yang Ada di Kampus, Kamu Tipe yang Mana?

Berikut tipe mahasiswa yang sering dijumpai dalam dunia perkuliahan.

1. Kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang)

Unsplash/Daniel Klein
Tipe mahasiswa ini adalah mahasiswa yang tidak memiliki kegiatan lainnya selain mengikuti kelas perkuliahan di kampusnya. Bukan tidak adanya kesibukan, tapi mungkin banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. 

Selain itu biasanya mahasiswa ini adalah tipe mahasiswa yang tidak menyukai keramaian, sehingga mereka lebih memilih menghabiskan waktunya di rumah ataupun kost mereka.

2. Kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat)

Unsplash/Randall Ruiz
Mendengar kata rapat saja pasti bisa dikatakan untuk mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang sibuk. Ya, memang anggapan itu ada benarnya, namun yang lebih tepatnya adalah mahasiswa yang mengikuti organisasi atau kepanitiaan.

Mengikuti organisasi atau kepanitiaan pastinya tidak jauh dengan adanya rapat. Sehingga ketika kamu memutuskan untuk terjun ke dalamnya, kamu harus siap sibuk baik untuk mengikuti berbagai agenda rapat.

Tidak ada salahnya ketika kamu masuk organisasi atau kepanitiaan justru kamu akan mendapatkan relasi pertemanan yang luas, baik itu kakak tingkat di satu jurusan ataupun teman jurusan lain yang satu organisasi dengan kamu.

Selain itu, mengikuti organisasi atau kepanitiaan juga akan membuatmu belajar mengenai bagaimana mengatur waktumu dengan baik dan benar sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

3. Kuda-kuda (kuliah dagang-kuliah dagang)

Unsplash/Doruk Yemenici
Pastinya nanti kamu akan mendapati teman mahasiswa yang hobinya menawarkan suatu produk maupun jasa kepada kamu, berarti mereka adalah mahasiswa tipe ini. Mereka yang memiliki tipe kuda-kuda ini adalah mereka yang memiliki jiwa wirausaha yang tinggi.
Mereka akan memanfaatkan peluang baik itu ketika di dalam kelas ataupun di sosial media untuk mendapatkan target konsumennya. Sungguh luar biasa semangatnya untuk mahasiswa tipe ini. Kamu bisa belajar mengenai bagaimana berdagang melalui temanmu ini.

4. Kunang-kunang (kuliah nangkring-kuliah nangkring)

Unsplash/Jerry Zhang
Jika kamu menemukan mahasiswa yang nangkring di kampus, kafe, ataupun mall bisa dikatakan mereka adalah mahasiswa tipe ini. Biasanya mereka menghabiskan lebih banyak waktunya untuk berkumpul dengan teman-temannya daripada kuliahnya.

Tipe mahasiswa ini biasanya mereka yang merupakan anak hits dan gaul di kampusnya. Sehingga mereka lebih dikenal oleh banyak mahasiswa lainnya. Namun untuk istilah mahasiswa nangkring tidak hanya bagi mereka yang nongkrong di cafe ataupun mall saja. Mahasiswa yang kesehariaannya menumpang wifi di kampus juga dikatakan sebagai mahasiswa kunang-kunang ini lho!


5. Kue-kue (kuliah gawe-kuliah gawe)

Unsplash/David Todd McCarty
Tipe mahasiswa ini adalah mereka yang kuliah sambil bekerja. Ketika kamu akan menjadi mahasiswa seperti ini tentunya kamu harus bisa mengatur waktumu baik itu untuk kuliah dan untuk kerja.
Selain harus pintar mengatur waktunya dengan baik, tipe mahasiswa seperti ini adalah harus gigih dan pekerja keras. Dari pengalaman kerja yang sudah kamu dapatkan akan menambah catatan kamu ketika melamar kerja nantinya. Kamu akan lebih diperhitungkan daripada teman kamu yang mencari pekerjaan setelah lulus.

6. Kutip-kutip (kuliah titip-kuliah titip)

Unsplash/David Kiriakidis
Tipe mahasiswa ini adalah mereka yang sering tidak masuk perkuliahan tapi titip absen. Mereka akan meminta temannya udah memberikan tanda kehadiran miliknya. Untuk kamu yang ingin menjadi mahasiswa seperti ini lebih baik jangan kamu tiru.

Menjadi mahasiswa yang sering titip absen terkadang sukses terkadang tidak, tergantung dari tipe dosennya. Selain itu semakin canggihnya teknlogi membuat banyak pihak kampus yang menambahkan absen dengan sidik jari untuk absen setiap mahasiswanya. Jadi, sekarang menjadi mahasiswa tipe ini sudah jarang ditemukan.

7. Kutu kupret (kuliah tugas-presentasi)

Unsplash/CDC
Ketika kamu menjadi mahasiswa nantinya kamu akan menemukan teman kamu baik itu teman jurusan, kakak tingkat, ataupun jurusan lain yang kesehariannya mengerjakan tugas terus tanpa henti. Untuk mahasiswa seperti itu bisa dikategorikan sebagai mahasiswa kutu kupret.
Sungguh berat menjadi mahasiswa seperti itu, namun nantinya semua mahasiswa akan merasakan fase seperti ini dan nikmatilah apa yang nantinya kamu rasakan ya!

Itulah beberapa tipe-tipe mahasiswa dalam perkuliahan yang bisa kamu temukan ketika menjadi seorang mahasiswa nantinya. Menjadi salah satu tipe diantara beberapa tipe yang ada tidak ada salahnya asal kamu mau menerima konsekuensi yang ada ketika kamu memilih menjadi salah satunya.

Posting Komentar untuk "Tipe-Tipe Mahasiswa yang Ada di Kampus, Kamu Tipe yang Mana?"

Berlangganan via Email