Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Menjadikan Suasana Kamar Tidur Lebih Nyaman

Sumber : unsplash
Memiliki kamar yang nyaman tentunya dambaan bagi sebagian orang. Apalagi di saat pandemi seperti ini yang mengharuskan kita tetap di rumah saja. Tentunya kamar menjadi salah satu tempat favorit ketika sedang di rumah. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama pandemi yang sudah berbulan-bulan lamanya tentunya membuat semua orang bosan untuk tetap di rumah.

Maka dari itu, memiliki kamar yang nyaman disaat pandemi adalah suatu keharusan agar kegiatan selama di rumah tidak menjadi membosankan. Tentunya menjadikan suatu kamar agar lebih nyaman memiliki beberapa tips yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa cara agar kamar kamu menjadi lebih nyaman.

Cara Menjadikan Kamar Tidur Terasa Nyaman

1. Perhatikan pencahayaan

Sumber : unsplash
Hal yang menjadikan kamar terasa nyaman adalah bagaimana kamu mengatur pencahayaan kamar. Kamu bisa melakukannya dengan membuka jendela kamar ketika siang hari sehingga nantinya kamar terlihat lebih segar dan lebih hidup karena masuknya udara dari luar.

2. Atur penempatan barang

Sumber : unsplash
Agar kamu bisa memiliki kondisi kamar yang nyaman, maka kamu harus pintar untuk mengatur penempatan barang-barang yang kamu miliki. Barang-barang seperti baju, buku, ataupun yang lainnya harus memiliki tempat penyimpanannya masing-masing. Sehingga akan membuat kamar terlihat rapi dan nyaman untuk ditempati.

3. Rutin ganti sprei

Sumber : unsplash
Bagi kamu yang sering menghabiskan waktunya di dalam kamar, pastinya kasur sebagai tempat yang kamu pilih untuk menghabiskan waktumu. Baik itu membaca buku, menonton film, bermain handphone dan sebagainya. Nah, agar makin nyaman ketika di dalam kamar maka hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin mengganti sprei kamu. 

Pastikan kamu menggunakan pewangi untuk memberikan efek harum pada sprei yang kamu cuci. Hal ini akan membuat kamar kamu wangi dan tidur kamu akan lebih berkualitas karena sprei yang wangi itu.

4. Singkirkan baju kotor

Sumber : unsplash
Siapa sih yang akan merasa nyaman jika ada tumpukan baju kotor di dalam kamar? Pastinya enggak banget ya, kan! Kamar akan menjadi bau dan tidur pun bisa tidak nyenyak. Jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan tentunya. 

Maka dari itu rubahlah kebiasaan burukmu mengenai menaruh baju kotor di kamarmu jika ngin merasa kamarmu nyaman untuk ditempati.

5. Kombinasikan warna tembok

Sumber : unsplash
Bosan dengan warna tembok yang hanya satu warna? Cobalah untuk merubah warna tembok kamu dengan mengkombinasikan beberapa warna. Tapi jangan sampai kebanyakan warna ya, kombinasi 2 atau 3 warna dinilai cukup untuk mendekorasi kamar kamu. Warna yang beragam akan membuat kamu terlihat seperti memiliku kamar baru.

Kombinasi beberapa warna dalam pewarnaan tembok kamarmu akan membuat kamu merasa lebih bergairah dan membuat dirimu senang. Sehingga kamu nantinya akan merasa nyaman dengan kondisi kamar kamu pastinya.

6. Manfaatkan keberadaan tembok

Sumber : unsplash
Jika sebelumnya adalah yang dibahas adalah mengenai kombinasi warna tembok di dalam kamar, tips selanjutnya adalah bagaimana kamu memanfaatkan keberadaan tembok.

Pastinya kamu akan merasa ada yang kurang jika tembok hanya diberi cat saja. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa memberikan hiasan ataupun furnitur sesuai dengan diri kamu tentunya. Sehingga nantinya kamar kamu tidak terkesan monoton dan akan lebih berkesan.

7. Tempatkan cermin

Sumber : unsplash
Memberikan cermin membuat kamarmu akan terlihat lebih luas lho! Pemberian cermin bisa kamu terapkan jika kamu memiliki kamar yang kecil. Penempatan cermin yang tepat seperti di sisi sentral kamar akan membuat semua bagian kamar terlihat dari dalam cermin. Sehingga kamu akan merasa nyaman karena seolah-olah kamu berada di kamar yang luas.

8. Prioritaskan barang

Sumber : unsplash
Memprioritaskan barang untuk menjadi bagian dari kamar kamu tentunya perlu kamu perhatikan. Kamu harus bisa memilih mana barang yang seharusnya ada dan yang seharusnya tidak ditempatkan di dalam kamar. 

Sehingga nantinya kamar akan terlihat lebih rapi karena tidak semua barang masuk ke dalam kamar kamu. Kamu juga akan merasa lebih nyaman pastinya dengan keberadaan barang-barang yang semestinya berada di dalam kamar.

9. Letakkan bunga

Sumber : unsplash
Bunga yang diletakkan di dalam kamar akan membuat kamar terasa harum dan lebih segar. Kamu bisa memilih bunga yang sekiranya bisa menjadikan diri kamu lebih rileks dan nyaman. 

Jenis bunga yang bisa kamu tempatkan di dalam kamar kamu salah satunya adalah bunga lavender. Bunga ini memiliki aroma yang harum dan bisa membuat diri kamu lebih rileks. Selain itu keberadaan bunga di dalam kamarmu akan mempercantik kamar kamu tentunya.

10. Bersihkan dan rapikan kamar

Sumber : unsplash
Tips yang terakhir adalah tips terpenting yang harus kamu lakukan, yaitu membersihkan dan merapikan kamar kamu. Menyapu dan mengepel kamar secara rutin akan membuat kamu merasa lebih nyaman ketika berada di dalam kamar kamu dan jangan lupa untuk selalu merapikan kamar kamu juga ya setiap harinya!

Pastinya tidak enak dilihat bukan ketika kamar dengan desain dan interior yang bagus tapi tidak terawat kebersihannya. Kamu akan merasa tidak nyaman tentunya dan orang lain yang melihat juga pastinya akan menganggap kamu orang yang jorok!

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kamar kamu terasa nyaman untuk kamu tempati. Membuat segala sesuatu menjadi lebih nyaman akan membuat hidupmu terasa lebih ba