Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Kuota Data di Handphone Samsung

Semakin hari perkembangan teknologi semakin canggih. Dengan adanya teknlogi membuat kehidupan manusia semakin mudah untuk dilakukan. Contohnya adalah handphone

Adanya handphone membuat orang yang satu dengan yang lainnya seakan tidak ada jarak. Sehingga penggunaan handphone dari tahun ke tahun semakin tinggi. Dari banyaknya peningkatan penggunaan tersebut juga berdampak pada munculnya beragam tipe handphone. Ada yang menggunakan tombol dan yang lebih canggih lagi adalah yang menggunakan layar sentuh.

Berbicara mengenai handphone layar sentuh yang biasanya disebut dengan smartphone ini, terdapat banyak fitur-fitur canggih seperti video call, menonton video di youtube, bermain sosial media, dan sebagainya. Untuk bisa melakukan itu semua selain harus memiliki smartphone, hal yang harus dimiliki adalah kuota internet.
Baca juga : cara membuat stiker WA di aplikasi wemoji
Dengan adanya internet, setiap orang bisa dengan mudah mengakses berbagai fitur-fitur yang ada di smartphone-nya. Namun, masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone adalah borosnya kuota internet. Harga yang mahal dari paket internet membuat orang-orang harus sebisa mungkin mengirit kuota internet mereka.

Tapi jangan cemas dulu karena yang namanya smartphone pastinya memiliki fitur yang smart juga alias pintar. Salah satunya adalah fitur yang ada di smartphone merk Samsung. Fitur dari smartphone Samsung ini diberi nama "hemat data ultra" yang nantinya didukung oleh aplikasi Samsung, yaitu Samsung Max. Jadi, dengan mengaktifkan fitur ini nantinya data yang terbuang tidak terlalu boros.

Cara Menghemat Kuota Data di Handphone Samsung

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengontrol dan menghemat penggunaan kuota data dengan fitur yang tersedia di smartphone Samsung kamu.

1. Aktifkan fitur "Hemat data ultra"

Langkah utama agar kamu bisa menghemat kuota kamu adalah dengan mengaktifkan fitur hemat data ultra. Caranya kamu bisa dengan mengaktifkannya melalui navigasi bagian atas handphone ataupun melalui pengaturan kemudian pilih koneksi.

2. Aktifkan kompresi data

Setelah kamu mengaktifkan fitur hemat data ultra, langkah selanjutnya adalah dengan menjadikan kompresi data aktif. Hal ini untuk menekan pengeluaran data kamu. Pada bagian ini nantinya juga ada jeinis pilihan pengompresan untuk video, gambar, dan audio.
Baca juga : cara mendownload video facebook tanpa aplikasi

3. Pilih fitur "penghemat data" di pengaturan koneksi

Pengaturan -> koneksi -> penghemat data

Langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur penghemat data. Fungsinya sama seperti yang sebelum-sebelumnya yaitu untuk menekan penggunaan data kamu. Disini kamu juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang diizinkan untuk penggunaan data latar belakang. Pilihlah aplikasi sesuai kebutuhan kamu, jangan semuanya.

4. Kelebihan dan Kekurangan fitur Hemat Data Ultra

Setiap fitur pastinya ada kelebihan dan kekurangannya, tak terkecuali fitur Hemat ultra data ini. Berikut kelebihan dan kekurangan fitur ini. 

A. Kelebihan

  1. Kuota data menjadi lebih hemat.
  2. Kamu bisa mengontrol berapa pengeluaran data kamu setiap harinya (buka di Samsung Max).
  3. Ketika kamu menonton Youtube, kuota data kamu akan irit sebesar 50% dari total pengeluaran kuota untuk menonton Youtube.
  4. Kamu bisa mematikan fitur penggunaan data latar belakang aplikasi kamu. Hal ini biasanya yang membuat kuota kamu cepat habis. Data latar belakang adalah notifikasi yang sering muncul dibagian atas handphone kamu.
Baca juga : cara membuat meme di aplikasi meme genarator

B. Kekurangan

  1. Kamu tidak akan mendapatkan notifikasi di layar atas handphone kamu. Tapi kamu bisa mengatur aplikasi apa saja yang diizinkan untuk memunculkan notifikasi. Caranya di bagian fitur kompresi data dan fitur penghemat data.
  2. Kadang sinyal menjadi buruk. Untuk mengatasi itu lakukanlah dengan mengaktifkan mode terbang, kemudian matikan lagi mode terbangnya.
Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan penghematan kuota data kamu agar tidak cepat habis. Semakin hari semakin mahal kuota data internet, jadi gunakanlah dengan bijak dan mulailah menghemat.