Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Banyak Followers di Instagram

Sumber : unsplash
Mendapat banyak followers di instagram adalah salah satu hal yang paling diinginkan oleh banyak orang karena bisa menjadikan pemiliknya lebih terkenal. Di zaman sekarang jika ada orang yang tidak memiliki media sosial dianggap sebagai orang yang ketinggalan. Tidak tua ataupun muda semuanya memiliki media sosial. Hal ini dikarenakan dari media sosial merupakan tempat untuk mempresentasikan kehidupan seseorang untuk bisa diketahui oleh orang lain. Khususnya anak muda yang sedang mencari popularitas tentunya akan berpenampilan dan berperilaku sebaik mungkin di media sosial. Media sosial di zaman sekarang pun banyak jenisnya seperti facebook, twitter, dan instagram. Dari ketiga sosial media tersebut, yang paling sering dipakai khususnya khalayak muda untuk mempresentasikan dirinya adalah Instagram.

Berbicara mengenai instagram pastinya tidak lepas dengan apa itu namanya followers atau pengikut. Dengan memiliki pengikut yang banyak, pastinya kamu akan merasa senang. Hal ini karena ketika kamu posting sebuah foto ataupun video di instagram kamu, kamu akan mendapatkan banyak like ataupun comment. Ini menandakan berarti orang yang menyukai postingan kamu.

Namun, banyak orang yang terkendala karena tidak mempunyai banyak pengikut. Sulitnya mendapat pengikut mengakibatkan banyak orang yang akhirnya menutup instagramnya dan berpindah ke sosial media lain atau jarang untuk membuka instagram karena tidak adanya konten menarik untuk di upload.

Cara Memiliki Banyak Followers di Instagram

Sebenarnya untuk mendapatkan banyak followers instagram bisa dengan mudah kamu lakukan lho! Ada beberapa tips dan trik tentunya untuk mendapatkan banyak followers di instagram. 

1. Pilih Tema Postingan

Sumber : instagram/nala_cat
Selain untuk saling berinteraksi satu sama lain, tentunya instagram juga bisa digunakan untuk mencari informasi tertentu yang diinginkan oleh setiap orang. Memang kamu bisa memposting foto ataupun video secara random, tapi jika kamu memiliki tema tertentu dalam postingan kamu tentunya hal ini akan menarik minat bagi orang-orang yang ingin mencari informasi yang lebih spesifik. Misalnya, jika kamu ingin mencari mengenai foto-foto seputar kucing di instagram, pastinya kamu lebih tertarik dengan akun instagram yang memiliki tema postingan seputar kucing. Selain menarik, akun instagram dengan tema tertentu akan lebih enak untuk dilihat karena postingannya yang seragam jenisnya.

2. Unggah Foto se-Menarik Mungkin

Sumber : unsplash
Siapa sih yang ngga akan tertarik sama kamu kalo foto yang kamu unggah tuh kece dan menarik? Tentunya orang lain akan betah berlama-lama dengan akunmu dan bahkan mereka tidak segan-segan untuk ngefollow akunmu pastinya. Caranya adalah dengan mengunggah foto dengan kualitas yang jernih, penuh warna, dan berbeda dengan yang lainnya. Selain itu, kamu juga harus konsisiten dalam menyuguhkan foto yang menarik setiap postingannya. Sehingga nantinya followers kamu bisa bertambah dengan cepat.
Ingin percaya diri di depan kamera? Baca disini!

3. Edit Foto Sebelum di Post

Sumber : unsplash
Sebenarnya hal yang menjadikan foto lebih menarik selain kualitas foto yang bagus adalah bagaimana kamu mengedit foto agar lebih terlihat keren. Terkadang sebuah foto langsung di upload tanpa di edit terlebih dahulu akan kalah bagus dengan yang sudah di edit. Kamu bisa mengedit mengenai kecerahan,  pencahayaan, kontras, dan warna. Kamu bisa mengeditnya melalui aplikasi yang bisa di unduh di PlayStore dan AppStore yang tentunya bisa kamu dapatkan gratis disana. Hasil edit dari foto yang bagus tentunya akan membuat orang lain tertarik untuk menekan tombol like dan bahkan menjadi followers kamu.

4. Gunakan Caption 

Meskipun sebuah foto yang kamu unggah berkualitas bagus dan keren, tapi jika tanpa disertai caption membuat foto tersebut dirasa kurang bermakna. Jika kamu memiliki banyak pengikut tentunya pemberian caption dalam sebuah postingan kamu adalah suatu keharusan. Karena dari adanya caption ini, pengikut dapat dengan mudah untuk memberikan tanggapan atau komentar mengenai postingan kamu. Followers kamu pastinya bingung akan berkomentar apa mengenai postingan kamu. Hal ini dikarenakan caption adalah salah satu alat untuk memancing orang lain untuk menanggapi postingan kamu.

Pemilihan caption juga tentunya harus sesuai dengan foto yang kamu upload. Kamu bisa menggunakan kata-kata bijak, lirik lagu, ataupun motivasi hidup. Sehingga orang-orang akan tertarik terhadap postingan kamu dan akan berpengaruh pada like, comment, dan followers yang bisa bertambah.

5. Gunakan Hashtag

Sumber : unsplash
Penggunaan hashtag yang tepat dalam sebuah postingan akan mendongkrak jumlah like dan followers kamu. Banyak orang ketika melakukan pencarian mengenai info makanan, wisata, lukisan, dan sebagainya mereka menggunakan hashtag terkait dengan apa yang mereka cari. Sehingga, penggunaan hashtag yang tepat dalam postingan kamu akan mudah dicari oleh orang lain. Selain itu, penggunaan hashtag yang sedang viral juga akan mendongkrak followers kamu pastinya. 

6. Tidak Mengkunci Akun

Jika kamu mengunci akunmu tentunya orang lain akan kesulitan melihat postingan kamu. Hal inilah yang membuat akun kamu sepi dan tidak mendapatkan banyak followers. Sehingga jika kamu ingin mendapatkan followers yang banyak, kamu harus terbuka terhadap orang lain yang ingin menikmati postingan kamu. 

7. Aktif di Kolom Komentar

Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi jika kamu sering berinteraksi di kolom komentar berarti tandanya kamu orangnya terbuka dan menghargai pengikutmu. Pastinya mereka akan menganggapmu baik juga terhadap diri kamu dan tentunya apa yang kamu ketikkan di kolom komentar adalah kalimat yang baik pula dan tidak menyinggung pihak manapun. 

8. Mengadakan Giveaway

Sumber : unsplash
Siapa sih yang tidak suka mendapatkan hadiah secara cuma-cuma? Cara ini dinilai begitu ampuh untuk meningkatkan followers kamu. Meskipun kamu harus mengorbankan sedikit biaya, tapi jika banyak yang minat mengenai undian yang kamu lakukan tidaklah menjadi masalah. Kamu juga bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengadakan giveaway ini. Cara yang kamu lakukan adalah dengan memberikan syarat berupa untuk follow akun kamu dan disertai dengan menandai beberapa teman di komentar. Tentunya hal ini akan meningkatkan followers kamu dengan cepat karena mereka yang mendapat tag 
dari pengikutmu akan ikut juga dalam ajang giveaway ini.
 Ingin tahu tutorial download video facebook? Baca disini!

9. Manfaatkan Fitur Insta Story

Sumber : unsplash
Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membagikan beberapa gambar atau video mengenai diri kamu atau hal-hal lucu dan unik. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan insta story untuk lebih dekat dengan followers kamu yaitu dengan memberikan pertanyaan dan mereka disuruh untuk menjawabnya. Hal ini penting karena akan membuat followers kamu nyaman denganmu dan tentunya mereka bisa merekomendasikan kepada teman followers kamu bahwa kamu orangnya asik dan terbuka terhadap followers-nya. Dari rekomendasi itulah yang bisa membuat kamu mendapatkan tambahan followers.

10. Membeli Followers

Cara ini memang bukanlah cara yang baik untuk dilakukan dalam meningkatkan followers kamu. Kamu akan mendapatkan banyak pengikut  dengan cepat. Biasanya jika menggunakan jasa jual followers, yang kamu dapatkan adalah followers pasif. Sehingga nantinya postingan kamu akan sepi meskipun kamu sudah mengunggah foto ataupun video sebagus dan semenarik mungkin. Memiliki followers dari hasil beli biasanya terlihat dari banyaknya jumlah followers kamu yang berbeda jauh dengan jumlah orang yang menanggapi postingan kamu. Pastinya kamu akan merasa rugi jika kamu sudah membeli followers tapi postingan kamu sepi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan followers instagram kamu. Buatlah karya sebagus mungkin agar nantinya banyak orang yang tertarik dengan postingan kamu dan bisa meningkatkan followers kamu.